Dalam sebuah buku Marvel berjudul Reign of Marvel, terungkap anggaran yang disiapkan untuk membuat film Spider-Man 4 (versi Tobey Maguire). Ternyata, film Spider-Man 4 yang bakal kembali disutradarai oleh Sam Raimi ini memiliki budget $400 juta. Itu berarti, budgetnya jauh lebih banyak dari dua film termahal MCU saat ini yaitu Avengers: Endgame ($356 juta) dan Avengers: Age of Ultron ($365 juta). Namun sayangnya, film itu tidak pernah terwujud dan akhirnya dibatalkan. Tadinya film tersebut akan dibintangi kembali oleh Tobey Maguire. Filmnya pun akan menghadirkan beberapa pemeran baru seperti John Malkovich sebagai Vulture, dan Anne Hathaway sebagai Felicia Hardy alias Black Cat.

Kabarnya, Sam Raimi meninggalkan proyek tersebut karena khawatir tentang kualitas dan profitabilitasnya. Sam Raimi menganggap bahwa dia tidak yakin filmnya akan menguntungkan, dengan budget Spider-Man 4 yang begitu tinggi. Raimi juga tidak puas dengan naskahnya, sementara Sony sudah tidak sabar dengan proyek tersebut. Raimi sendiri sebelumnya mengembangkan naskah film Spider-Man 4 selama kurang lebih dua tahun, dari tahun 2008 hingga 2010. Sony Pictures kemudian telah menetapkan tanggal rilis untuk Spider-Man 4 pada bulan Mei 2011. Namun pada akhirnya, Sony memilih membuat reboot Spider-Man dengan budget yang tidak sebesar Spider-Man 4, dengan Andrew Garfield yang menggantikan pemeran Spider-Man di The Amazing Spider-Man.

Namun The Amazing Spider-Man pun tidak berlangsung lama, karena berakhir dalam film kedua. Sementara film ketiga dan keempatnya ternyata juga dibatalkan, hingga akhirnya Spider-Man resmi melebur ke MCU pada tahun 2016 dalam film Captain America: Civil War. Pemerannya pun kembali berganti, dari yang sebelumnya Andrew Garfield menjadi Tom Holland. Dia pun sudah tampil di 3 film solo Spider-Man di MCU, dimulai dari Spider-Man: Homecoming, Spider-Man: Far From Home, dan terakhir adalah Spider-Man: No Way Home.

Pada tahun 2022, Sam Raimi akhirnya kembali menyutradarai film Marvel, tetapi bukan lagi film Spider-Man, melainkan Doctor Strange. Meski filmnya berjudul resmi Doctor Strange in the Multiverse of Madness tidak mendapatkan ulasan yang positif, tetapi film ini berhasil sukses besar di box office dengan mendapatkan pendapatan $955 juta. Kita tunggu aja Geeks film Marvel apalagi yang akan disutradarai oleh Sam Raimi.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/