Anime adalah animasi buatan Jepang. Sekarang, anime berkembang menjadi bentuk budaya populer dan basis penggemarnya pun semakin bertambah setiap tahun. Anime tidak hanya dipandang sebagai sarana hiburan semata, sebagian besar orang bahkan menganggap anime sebagai tontonan harian yang menemani disaat senggang, berkat cerita, karakter, dan visual yang menarik. Sudah banyak anime yang bertebaran saat ini. Tetapi hanya beberapa anime saja yang mengalami gagal total ketika dirilis. Apa saja anime yang gagal total saat rilis? Simak berikut ini Geeks!

10Gundam

Tidak ada yang menyangka sebelumnya bahwa anime Mobile Suit Gundam yang rilis tahun 1979 mengalami kegagalan. Ratingnya rendah, ditambah lagi dengan penerimaan yang kurang memuaskan dari para penontonnya. Tadinya, jumlah episode dari anime pertama Gundam adalah 52. Tetapi karena anime ini gagal total, jumlahnya dipotong menjadi 43 episode saja yang akhirnya ditayangkan.

Parahnya lagi, animenya berada di bawah bayang-bayang pembatalan, karena pihak studio tak mampu lagi menanggung kerugian. Tetapi untuk memulihkan kerugian besar, Bandai yang mendapatkan hak untuk membuat dan menjual figure Gundam menyadari bahwa justru figure Gundam lah yang akan menyelamatkan franchise ini. Beruntung karena figure Gundam sangat populer, popularitas animenya juga ikut terbantu, sehingga akhirnya animenya ditayangkan ulang.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/