Membuat sebuah film horor memang bukan perkara mudah. Dibutuhkan kemampuan “khusus” untuk membuat film horor, mengingat film horor diwajibkan untuk dapat membuat penontonnya merasakan kengerian dan ketakutan. Filmnya harus mampu mengkolaborasikan visual dan suara dengan maksimal, sehingga mampu memberikan nuansa mencekam. Di Hollywood, ada beberapa sutradara yang dikenal sebagai spesialis film-film horor, karena mereka sudah sering membuat film horor berkualitas. Siapa saja sutradara yang dianggap spesialis dalam film horor? Simak berikut ini Geeks!

James Wan

Nama satu ini memang sudah tidak asing lagi di industri film horor. Bagaimana tidak? 3 franchise horor besar lahir dari pemikiran James Wan. Dia memulai franchise Saw tahun 2004, Insidious tahun 2010, dan The Conjuring tahun 2012. Ketiga franchise tersebut dimulai dari orisinalitas Wan. Dan setelah itu, franchise tersebut dilanjutkan kepada sutradara film lainnya, untuk melanjutkan apa yang James Wan buat, dengan adanya sekuel maupun spinoff. Franchise tersebut tidak akan berkembang jika film pertamanya gagal. Film Saw pertama berhasil menawarkan twist yang mengejutkan. Film Insidious dan The Conjuring pun membuat Wan sangat populer. Sebenarnya selain tiga franchise di atas, Wan juga menggarap film horor lainnya seperti Malignant, Dead Silence, Death Sentence, dan beberapa film dari Saw, Insidious, dan The Conjuring.

George Romero

George Romero mungkin tidak sebeken nama lainnya dalam daftar ini. Tetapi dia sudah berpengalaman dalam menggarap banyak film zombie, dengan karyanya yang inovatif dalem membuat gore dengan efek praktis. Faktanya, ketika Danny Boyle membuat film 28 Days Later, dia berusaha membuat filmnya semirip mungkin dengan yang dibuat George Romero. Romero melihat zombie sebagai sosok yang mewakili ketakutan masyarakat. Sepanjang hidupnya, Romero membuat franchise “Living Dead”. Meskipun banyak filmnya yang mendapat ulasan biasa saja, tetapi setiap filmnya menawarkan keunikan. Debut film “Living Dead”nya terjadi pada tahun 1978, dengan judul Dawn of the Dead. Dan setelah itu dia membuat film Living Dead lainnya. Selain film horor dari franchise Living Dead, dia juga membuat film horor lain seperti Creepshow, Monkey Shines, The Dark Half, dan masih banyak lagi.

John Carpenter

John Carpenter adalah seorang sutradara, penulis naskah, dan produser terkenal dalam industri film, terutama di genre horor dan thriller. Dia telah menyutradarai beberapa film horor ikonik dan dianggap sebagai bagian pop culture. Di antara banyak film horor yang pernah dia buat, Halloween (1978) sepertinya menjadi film paling berkenang dari Carpenter. Selain itu, Carpenter lah sosok dibalik film The Thing yang rilis tahun 1982. Namun yang harus dicatat bahwa prekuel The Thing yang rilis tahun 2011, sama sekali tidak digarap John Carpenter. Selain itu, adalagi beberapa film horornya yang sangat ikonik seperti Christine (1983), Prince of Darkness (1987), In the Mouth of Madness (1994), dan masih banyak lagi. Dan menariknya, mayoritas dari film horor besutan John Carpenter berhasil di box office.

Wes Craven

Seperti Carpenter, Wes Craven juga sutradara yang sangat berbakat dalam membuat film horor. Mayoritas film yang dibuat Wes Craven memang menjadi film horor. Film yang paling mendongrak namanya sebagai sutradara kondang film horor adalah A Nightmare on Elm Street, yang dirilis tahun 1984. Craven kemudian kembali melanjutkan ceritanya dalam film New Nightmare yang rilis di tahun 1994. Meski sekuelnya tidak terlalu baik, tetapi kemudian film itu menginspirasinya untuk membuat film horor lainnya yaitu Scream, yang film pertamanya rilis tahun 1996. Setelah sukses, Craven pun menyutradarai 3 lagi film lanjutan Scream. Diluar nama besar Nighmare dan Scream, Wes Craven juga membuat banyak film horor lain seperti The Last House on the Left, The Hills Have Eyes, The People Under the Stairs, dan masih banyak lagi.

Mike Flanagan

Mike Flanagan memulai debutnya dalam film horor di tahun 2011, lewat film pertamanya berjudul Absentia. Sejak itulah dia membuat lebih banyak film horor. Bahkan jika dihitung, 90% dari proyek yang dia kerjakan bergenre horor, baik dalam bentuk series maupun film. Tetapi film horor besarnya baru dimulai pada tahun 2013, lewat sebuah film berjudul Oculus. Karena film itu sukses, Mike Flanagan membuat film lainnya seperti Hush, Before I Wake, Ouija: Origin of Evil, Gerald’s Game, hingga Doctor Sleep. Dia juga membuat beberapa series horor terkenal seperti The Haunting of Bly Manor, The Haunting of Hill House, Midnight Mass, dan masih banyak lagi. Mike Flanagan memang bekerja sama dengan Netflix untuk membuat banyak proyek horor, sehingga film-filmnya sering kita lihat di Netflix sebagai proyek original.

Itulah dia Geeks beberapa sutradara Hollywood yang terkenal sering membuat film atau series horor. Mungkin itulah genre yang paling mereka gemari, sehingga mereka sering membuatnya. Dan mungkin di masa depan, mereka akan membuat lebih banyak film horor lagi.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/