Franchise Kingsman berhasilkan melambungkan nama aktor Inggris Taron Egerton di industri film Hollywood. Tetapi tahukah kalian bahwa sebenarnya Taron Egerton bukan kandidat utama untuk memerankan karakter Eggys di Kingsman? Sutradara Matthew Vaughn mengungkapkan di New York Comic-Con bahwa ada dua aktor muda Inggris lainnya yang menjadi kandidat terkuat menjadi pemeran Gary “Eggsy” Unwin di Kingsman yaitu Daniel Kaluuya dan John Boyega.

Meski tidak menjadi bintang di Kingsman, tetapi karier kedua aktor tersebut masih bersinar hingga sekarang. Kaluuya sendiri telah membintangi film horor pemenang Oscar, Get Out, di mana dia meraih nominasi Academy Award pertamanya. Kaluuya juga memenangkan Oscar untuk perannya sebagai pemimpin Black Panther Party, Fred Hampton, dalam Judas and the Black Messiah. Ia juga sukses dalam peran pendukung di Black Panther dan membintangi film berjudul Nope yang disutradarai oleh Jordan Peele.

Sementara itu, Boyega terkenal sebagai Finn dalam Star Wars: The Force Awakens dan meneruskan perannya dalam dua sekuel Star Wars lainnya yaitu The Last Jedi dan The Rise of Skywalker,  meskipun ia secara terbuka mengkritik bagaimana karakternya berkembang dalam film tersebut. Dia kemudian memberikan penampilan memukaunya dalam film Netflix terbaru berjudul They Cloned Tyrone. Jadi meskipun Boyega dan Kaluuya tak jadi membintangi franchise Kingsman, itu bukan menjadi akhir dari akting gemilang mereka.

Franchise Kingsman dibuka dari film pertama berjudul Kingsman: The Secret Service yang dirilis pada tahun 2014, di mana film tersebut diadaptasi dari buku komik karya Mark Millar dan Dave Gibbons. Filmnya sukses besar di box office, meraup lebih dari $400 juta di box office dengan anggaran yang hanya $100 juta. Kesuksesannya melahirkan sekuel, Kingsman: The Golden Circle, yang melibatkan kembali Egerton sebagai Eggsy.

Franchisenya kemudian berlanjut dengan prekuel berjudul The King’s Man. Egerton absen dalam film ketiga ini, tetapi ia melanjutkan karier gemilangnya dengan penampilan terkenal dalam film seperti Eddie the Eagle, biopik Elton John Rocketman, dan miniseri Black Bird di Apple TV+. Kingsman memang terkenal karena menggabungkan genre spy klasik dari Inggris dengan sentuhan komedi, dan karena menjadi pembeda dari film spy lainnya, film inipun sukses besar.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/