Pihak Marvel Studios larang para penulis series Loki season 2 untuk menggunakan dan menghadirkan beberapa karakter tertentu di series tersebut. Loki merupakan TV series perdana produksi Marvel Studios yang mendapatkan musim kedua dari rumah produksi tersebut. Hal ini karena series Loki berhasil memancing rasa penasaran para fans dengan berbagai cerita menarik, berbagai plot twist dari petualangan Loki dan Mobius, serta hal lainnya.

Musim kedua dari Loki yang tayang di Disney Plus ini juga sudah memperkenalkan beberapa karakter baru dan mampu untuk memperluas mitologi dari organisasi TVA. Dari dua episode awal musim kedua ini nampak jelas jika ada sebuah misteri besar yang jauh lebih besar dan mengerikan dari apa yang muncul di musim perdana. Meskipun beberapa wajah lama kembali muncul, seperti Loki dan Mobius, ternyata ada beberapa karakter yang tidak bisa muncul di Loki season 2.

marvel studios loki season 2

Dalam wawancaranya dengan New York Times, penulis dari series Loki, Eric Martin, mengungkapkan jika Marvel Studios larang beberapa karakter tertentu untuk muncul di Loki season 2. Mereka menghindari untuk menampilkan karakter-karakter itu di Loki season 2 karena, para karakter itu direncanakan muncul di berbagai proyek Marvel lainnya.

Kami beruntung bahwa kami memiliki tempat bereaktivitas sendiri di mana kami mampu benar-benar kreatif dan mengembangkan cerita ke berbagai arah tanpa perlu menganggu proyek lainnya … Dalam hal menyesuaikan susunan yang ada, terdapat beberapa poin di mana kami, “Oh, kau tahu, karakter ini sedang digunakan oleh proyek lain,” dan kalian harus merubah hal tersebut. Tetapi, dalam hal drama dan cerita dan ke mana kita akan membawa karakter tersebut, semuanya hanya mengikuti mereka dan kebutuhan mereka serta mewujudkannya. Dan jika kami bisa membuktikannya maka tidak ada orang yang bisa melampauinya dan kalian harus melakukan sesuatu yang berbeda.

Perlu dicatat bahwa apa yang Eric Martin ungkapkan merupakan sesuatu yang lumrah terjadi di Marvel Studios. Hal itu bukan yang pertama terjadi, di mana pihak rumah produksi memiliki kendali atau peran serta dalam hal sisi kreatif penggunaan karakter. Contoh nyata dari hal ini adalah proyek series perdana WandaVision. Apa yang Marvel Studios tentang penggunaan karakter di sebuah proyek, baik series atau film, tentu sudah direncanakan secara matang.

Seperti yang Geeks ketahui, Marvel Studios selalu memiliki rencana panjang untuk jangka waktu beberapa tahun kedepan seperti yang bisa kita lihat dalam setiap Phasenya. Dan Marvel Studios juga sudah memiliki rencana setidaknya sampai 2027 mendatang. Sehingga, rasanya memang masuk akal jika perlu ada pengaturan atau pengendalian mana saja karakter yang perlu muncul sekarang atau di masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.