Untuk membuat sebuah film memang bukan perkara mudah. Dibutuhkan usaha yang lebih demi menjamin sebuah film berakhir bagus, mulai dari memilih sutradara, penulis, dan aktor yang tepat. Dan terkadang, studio menggelontorkan dana yang lebih besar dari yang seharusnya, demi menjamin filmnya berkualitas. Nah ternyata di Hollywood, ada beberapa film yang dianggap sebagai film yang paling sulit dibuat sepanjang masa. Ada banyak faktor yang membuat film-film ini sulit dibuat, mulai dari faktor internal maupun eksternal. Lantas apa saja film yang paling sulit dibuat? Simak berikut ini!

5Avatar

Ketika Avatar rilis di tahun 2009, tidak ada yang menyangka bahwa film tersebut mampu menggebrak dunia dengan kualitas visualnya yang luar biasa. Tetapi tidak mudah untuk membuat film tersebut. James Cameron pernah mengatakan bahwa dia harus menunggu 15 tahun untuk bisa membuat film Avatar sesuai dengan yang dia inginkan. Sebenarnya, naskah filmnya sudah dimulai pada tanggal 1994, jauh sebelum Titanic rilis di tahun 1997. Namun karena teknologi pada saat itu belum memumpuni untuk membuat visual yang indah, Cameron lantas menunda pembuatannya.

Dan pada akhirnya Cameron baru memulai syuting filmnya pada tahun 2006, setelah dia merasa teknologi CGI sudah mampu menampilkan visual yang megah, yang terlihat dalam The Lord of the Rings dan King Kong. Semua jerih payah itu akhirnya terbayarkan, di mana Avatar menjadi film terlaris sepanjang masa, dan masih berada di posisi pertama. Selain itu, filmnya juga mendapat 3 Oscar kategori Best Art Direction, Best Cinematography, dan Best Visual Effects.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/