Episode 1 season 2 dari series Loki memperkenalkan satu ruangan yang sangat penting di Marvel Universe yang bernama Temporal Loom. Setelah rilis perdana di tahun 2022 kemarin, series Loki kembali rilis season terbaru di tahun ini. Loki season 2 kembali melanjutkan petualangan Loki pasca dia gagal mencegah Sylfie untuk menghabisi nyawa dari He Who Remain. Yang menarik adalah episode perdana seriesnya memperkenalkan sebuah ruangan penting di Marvel Universe yaitu Temporal Loom.

Momen Loki Time Slipping

Di awal cerita episode perdana Loki season 2, para fans diperlihatkan kelanjutan dari momen Loki yang dikejar oleh petugas TVA. Loki sendiri heran dengan apa yang terjadi, karena semua orang justru tidak mengenalinya. Loki kemudian mengalami momen di mana dia tiba-tiba menghilang dan kembali muncul di masa di mana semua orang mengenalnya. Namun, tidak lama dia kembali menghilang.

Kejadian ini terus berulang sampai kemudian Loki mulai sadar jika dia terlempar antara masa lalu dan masa depan. Hal ini dia ketahui setelah mengamati apa yang terjadi di sekitarnya. Setelah beberapa kali melakukan time slipping, akhirnya Loki bertemu dengan Mobius yang juga bingung dengan apa yang terjadi. Inilah yang kemudian membuat Mobius membawa Loki ke ruangan milik O.B. alias Ouroboros.

Mobius kemudian bertanya kepada O.B. yang terjadi kepada Loki dan O.B. kemudian menjawab jika itu adalah time sliping. Kemudian, Mobius bertanya apakah ada cara untuk bisa memperbaiki hal tersebut. Awalnya, O.B. mengatakan jika tidak mungkin time slipping terjadi di TVA. Namun, setelah didesak dengan pengandaian akhirnya O.B. memberikan jawabannya terkait hal itu.

Menurut O.B. langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat Temporal Aura Extraction. Meskipun dia juga awalnya tidak punya, dalam waktu cukup singkat O.B. mampu menciptakan alat tersebut. Kemudian, O.B. mengatakan jika Temporal Aura Extraction tersebut harus dibawa ke sebuah ruangan bernama Temporal Loom. Dia juga menjelaskan jika Loki dan Mobius mau menyelamatkan Loki dari Time Slipping, resiko kehilangan nyawa mereka sangat besar.

Apa Itu Temporal Loom

Temporal loom marvel

Setelah O.B. mengetahui apa yang terjadi, yaitu cabang timeline yang sudah melewati batas aman dan mengancam keberlangsungan Sacred Timeline, dia pun kemudian mengajak Mobius dan Loki ke Temporal Loom. Lalu, apa sebenarnya Temporal Loom? Menurut penjelasan singkat dari O.B. Temporal Loom adalah salah satu ruangan yang ada di TVA.

Temporal Loom mengubah atau mengembangkan waktu yang masih mentah (raw time) menjadi timeline yang ada di Marvel Universe. Dalam momen itu juga O.B. menjelaskan jika peristiwa munculnya cabang timeline yang tidak ada ujungnya akibat kematian dari He Who Remains, jadi penyebab mengapa Temporal Loom mengalami kelebihan beban alias overload. Dan hal tersebut juga jadi jawaban mengapa kemudian Loki bisa mengalami time slipping dan pengurangan sumber listrik di TVA.

Berdasarkan penjelaasan dari O.B. ini artinya Temporal Loom merupakan ruangan yang paling penting di Marvel Cinematic Universe. Dengan kacaunya timeline seperti yang diperlihatkan di Temporal Loom tersebut bisa memberikan dampak buruk yang sangat besar bagi multiverse MCU. Di sisi lain, apa yang kemudian terjadi di Temporal Loom ini juga jadi jawaban bagi keberadaan multiverse di MCU.

Seperti yang kita ketahui, di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness diperlihatkan bagaimana Doctor Strange terdampar di Earth-838. Bisa jadi, kemunculan Earth-838 dan mungkin Earth lainnya yang mungkin akan diperkenalkan oleh Marvel Studios kedepannya merupakan efek dari apa yang terjadi di season 2 Loki. Dengan masih ada lima episode lainnya, mudah-mudahan saja akan ada penjelasan lebih tentang Temporal Loom dan efeknya bagi MCU.

Temporal Loom Versi Komik

Temporal loom marvel

Apakah Temporal Loom ada di cerita komik Marvel? Secara teknis, Temporal Loom tidak ada dalam cerita komik Marvel. Namun, kreator seriesnya kemungkinan terinspirasi dari beberapa hal yang ada di komik Marvel. Contohnya adalah Temporal Loom terinspirasi dari mitologi Yunani dan Nordik yang ada di komik Thor, di mana terdapat tiga makhluk yang bernama Loom of Fates.

Thor kemudian berhasil menghancurkan ketiga Fates tersebut yang jadi sumber energi dari Those Who Sit Above in Shadow. Mereka adalah makhluk bisu yang jadi pencipta para dewa Asgardian. Artinya dalam komik Thor merekalah yang mengatur aliran waktu. Kemungkinan lainnya adalah Loomworld dari cerita Spider-Man. Dalam ceritanya, Loomworld merupakan sebuah dunia di mana The Inheritors bisa memburu Spider-Totems dan pergi ke berbagai universe.

Konsep yang mirip dengan Loomworld ini pun sempat juga dihadirkan dalam alur cerita Spider-Man: Across the Spider-Verse. Dan yang terakhir adalah kemungkinan Temporal Loom terinspirasi dari Limbo, sebuah universe tersembunyi yang tidak terpangruh waktu namun mereka bisa pergi ke mana pun dan pada momen mana pun di multiverse Marvel. Limbo dikuasai oleh salah satu varian Kang, Immortus.

Di komiknya, Kang tidak menciptakan TVA. Meskipun ada sosok He Who Remains, namun dia sebenarnya bukan varian dari Kang. Berdasarkan hal tersebut, ada kemungkinan jika Temporal Loom juga terinspirasi dari Limbo. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan cerita dari Loki season 2 pada episode selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.