Membuat sebuah cinematic universe memang bukan perkara mudah. Dibutuhkan dana besar dan ide cerita yang kuat, untuk membuat film dan series dalam cinematic universe agar saling terhubung. Karena banyak cinematic universe yang memperoleh untung besar, sehingga banyak studio berlomba-lombat membuat cinematic universe. Meskipun tidak semuanya berakhir dengan kesuksesan masif. Tetapi nih Geeks, dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang cinematic universe paling menguntungkan sepanjang masa karena menghasilkan pundi-pundi uang yang masif. Apa saja? Simak berikut ini!

5DCEU

DCEU diproduksi oleh DC Studios, yang merupakan divisi dari Warner Bros. DCEU adalah pesaing terbesar dari MCU karena menghadirkan berbagai film superhero berdasarkan karakter-karakter dari DC Comics. DCEU dimulai dengan film Man of Steel yang dirilis pada tahun 2013, yang menampilkan Superman. Waralaba ini kemudian berkembang dengan merilis film-film seperti Batman v Superman: Dawn of Justice, Wonder Woman, Aquaman, Shazam!, dan banyak lainnya. DCEU juga mencakup film-film yang terkait seperti Birds of Prey dan The Suicide Squad. Sayangnya nih Geeks DCEU tidak terlalu sukses mengingat nama besar yang mereka bawa.

Jika ditotal secara keseluruhan, DCEU hanya mampu meraih pendapatan $6.8 miliar saja dari total penjualan seluruh filmnya (dari bioskop), kalah telak dengan pesaing utamanya yaitu MCU. Memang jumlah film DCEU tidak terlalu banyak karena terhitung hanya ada sekitar 16 film saja. Dan DCEU sendiri sebenarnya lebih berfokus kepada film saja, dan tidak terlalu berfokus kepada series. Dan untuk film DCEU yang paling banyak menyumbang pundi-pundi uang adalah Aquaman yang rilis tahun 2018 lalu. Film tersebut menyumbang pendapatan sebesar $1.1 miliar, jauh meninggalkan film lainnya, termasuk film Justice League, yang tadinya diharapkan sukses besar.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/