Superman adalah jagoan dari DC Comics, yang kemudian dibuatkan versi live actionnya. Di antara banyaknya live action Superman, sepertinya versi DCEU yang paling terkenal. Karakternya diperankan oleh Henry Cavill, dan dia sudah beberapa kali muncul. Namun kiprahnya telah berakhir, setelah DC Studios memilih untuk melakukan reboot terhadap Superman, sehingga Henry Cavill sudah tidak lagi digunakan di masa depan. Berbicara tentang Superman di DCEU, ternyata ada beberapa perbedaan antara Superman di film maupun komik. Lantas apa saja perbedaan antara Superman di film (DCEU) dan komiknya. Simak berikut ini Geeks!

Tidak Sekuat di Komik

Kekuatan Superman dalam komik memang selalu berubah-ubah. Misalnya di komik klasik DC (Golden Age), Superman diperlihatkan mampu mengangkat benda seperti perahu dan truk dengan sedikit tenaga. Di Silver Age, Superman diperlihatkan lebih kuat lagi. Dia bisa melempar planet seperti layaknya bola. Tetapi kekuatan Superman sedikit dikurangi di tahun 80-an akhir, untuk membuatnya tidak terlalu kuat, dan bisa dikalahkan. Banyak penggemar yang menyayangkan kekuatan Superman yang dikurangi, tetapi pada akhirnya kekuatannya ditingkatkan kembali meski tidak seperti Silver Age.

Entah dirasa atau tidak, kekuatan Superman di DCEU tidak sekuat versi komik pada era Silver Age. Contohnya bisa kita lihat dalam film Man of Steel, di mana dia mengerahkan seluruh tenaganya untuk bisa menahan sebuah menara agar tidak runtuh, sambil mengulur waktu bagi rekan kerjanya untuk melarikan diri. Bisa jadi kekuatan Superman memang sengaja dipendam untuk film-film berikutnya di DCEU yang tadinya sudah direncanakan. Namun mengingat DCEU akan direboot, maka sepertinya kita tidak akan melihat kekuatan itu.

Kepribadian yang Sedikit Diubah

Disadari atau tidak, di komik, Clark Kent dikenalkan sebagai reporter di surat kabar The Daily Planet yang lemah lembut dan sedikit canggung. Dia memakai setelan jas yang agak kedodoran dan memiliki potongan rambut yang sangat rapih, dengan poninya yang dibuat khas. Clark Kent juga lebih sering diperlihatkan canggung dan tidak tahu harus berkata apa ketika bertemu dengan Lois.

Sementara itu di film, Clark Kent digambarkan sebagai reporter The Daily Planet yang lebih berani. Dia mampu berbaur dengan Lois, tanpa ada rasa canggung. Dan lagi, Clark Kent alias Superman dibuat lebih romantis, yang terlihat di beberapa adegan yang memperlihatkan kedekatan antara Clark Kent dengan Lois. Selain itu, potongan rambut Clark Kent dalam filmnya pun tidak terlalu rapih.

Kostum

Sebagian besar film-film Superman di masa lalu menghadirkan desain kostum yang sangat mirip dengan komiknya. Tetapi perubahan terjadi saat film Man of Steel dirilis. Dalam film tersebut, kostum Man of Steel mengalami perombakan besar-besaran. Dan tentunya kalian sudah menyadari bahwa Superman versi DCEU tidak lagi menggunakan celana dalam, serta kostumnya memiliki warna yang lebih gelap (biru tua dan merah tua). Tentu saja kostum ini berbeda dari kostum Superman di komik-komik lawas, di mana Superman identik dengan celana dalam diluar.

Nah menariknya nih Geeks, dalam komik Superman New 52, yang tidak jauh perilisannya dengan film Man of Steel, kostum Superman juga alami perubahan, dengan menghilangkan pakaian dalamnya berwarna merah. Mungkin saja superhero yang mengenakan celana dalam di luar sudah tidak relevan lagi di jaman yang sangat mementingkan penampilan. Dan apakah dihilangkannya celana dalam menjadi hal buruk? Kami rasa penampilan Superman di DCEU justru menjadi semakin baik.

Kepercayaan Orang-orang

Salah satu aspek yang agak mengejutkan dari Superman di DCEU adalah betapa tidak yakinnya manusia terhadap Superman. Padahal jika mengacu pada komik, Superman sering kali dipuja oleh semua manusia, dan mereka menganggapnya sebagai simbol harapan dan pelindung planet ini. Kisah-kisah di mana manusia mengubah cara pandangnya kepada Superman hanya sedikit dan jarang terjadi. Sementara itu Superman di DCEU dianggap sebagai sosok yang baru dan cukup destruktif, dan itulah yang diketahui manusia.

Manusia pun terpecah menjadi dua kubu, yaitu kubu yang meyakini bahwa Superman adalah pahlawan, dan kubu lainnya yang meyakini Superman adalah pembawa kehancuran, seperti yang diperlihatkan dalam Batman v Superman: Dawn of Justice. Ditambah lagi, Jenderal Zod datang untuk menyerang dan membunuh banyak orang tak berdosa untuk mendapatkan Superman. Sehingga para manusia tidak diberikan gambaran yang baik tentang Superman, dan masih meragukan perannya di Bumi.

Itulah dia Geeks beberapa perbedaan yang kami rasakan antara Superman di komik dan versi film-nya (DCEU). Mungkin perbedaan-perbedaan itu tidak terlalu mencolok, dan meskipun berbeda, tetapi kita masih bisa menikmati cerita-cerita tentang Superman tersebut. Menurut kalian gimana Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/