Meskipun adaptasi anime dari cerita manga adalah sebuah hal yang lumrah terjadi, namun beberapa diantaranya justru disebut yang terburuk. Ketika cerita manga dianggap menarik dan populer, adaptasi dalam versi anime menjadi sebuah keniscayaan. Sebagian proyek adaptasi anime tersebut memang bisa dianggap berhasil. Namun, ada juga yang justru gagal. Ada beberapa anime yang disebut terburuk yang merupakan adaptasi dari manga. Apa saja?

7Berserk

Salah satu anime modern yang cukup banyak menerima sorotan para pecinta anime dan manga dan dianggap sebagai salah satu yang terburuk adalah Berserk. Series anime ini pertama kali rilis pada 2016 dan merupakan adaptasi dari manga klasik karya Kentaro Miura dengan judul yang sama. Salah satu alasan mengapa anime Berserk dianggap terburuk adalah karena CGI yang digunakan dalam serinya.

Menurut para fans, kualitas CGI yang digunakan dalam adaptasi anime ini sangatlah buruk, bahkan dianggap mirip dengan kualitas visual di era PlayStation 2. Kualitas animasi, pengambilan gambar, sudut kamera, juga dianggap tidak terlalu baik sehingga tidak bisa disaksikan dengan sempurna. Adanya beberapa perubahan juga dianggap menjadi faktor lain anime ini dianggap salah satu yang terburuk oleh para fans.

Bahkan, saking buruknya adaptasi anime Berserk di tahun 2016 series tersebut dianggap sebagai sebuah penghinaan terhadap sumber aslinya. Sebenarnya, Berserk sudah beberapa kali diadaptasi ceritanya dalam versi anime. Yang pertama adalah ketika di tahun 90an. Meskipun adaptasi ini juga kurang mendapatkan sambutan positif, namun beberapa hal masih lebih baik dari versi tahun 2016.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.