Ketiga akan membuat sekuel film Batman versi Nolan, Warner Bros berencana menghadirkan Leonardo DiCaprio. The Dark Knight Rises mungkin paling dikenal karena menampilkan villain Batman paling ikonik yaitu Bane. Tidak lupa, penampilan apik Tom Hardy sebagai pemeran Bane, di mana dia mampu membuat Bane tampil mengintimidasi. Namun ternyata nih Geeks, Warner Bros awalnya memiliki ide lain untuk film The Dark Knight Rises. Tadinya, Warner Bros ingin menampilkan villain The Riddler, setelah di film sebelumnya, Batman berhasil mengalahkan Joker.

Warner Bros pun memiliki aktor yang mereka incar untuk memerankan karakter The Riddler di The Dark Knight Rises. Dalam sebuah podcast, penulis skenario David S. Goyer, yang menulis naskah The Dark Knight bersama Christopher Nolan mengakui bahwa Warner Bros mendorong mereka (Goyer dan Nolan) untuk memilih Leonardo DiCaprio sebagai pemeran villain Batman yaitu The Riddler, dalam penutup trilogi Nolan. Tetapi Goyer dan Nolan bersikeras bahwa mereka tidak akan memilihnya atau bahkan mengikuti arah tersebut.

“Kami memiliki banyak ide. Saya ingat pada saat The Dark Knight [premiere], kepala Warner Bros berkata, ‘Kamu harus membuat The Riddler. Leo [DiCaprio] sebagai The Riddler.’ Itu bukan cara kami bekerja – bukan untuk mengambil apapun dari dia. Saya punya firasat – dengan film Spider-Man atau ketika film-film pahlawan super mulai dibuat dan ada sekuel – bahwa studio-studio selalu akan berkata ‘Baiklah, siapa penjahat film berikutnya?’ Dan mari kita bangun film seputar itu. Christopher sangat menentang hal tersebut,” kata Goyer. “Mari kita cari tahu cerita apa yang ingin kita ceritakan [terlebih dahulu], dan apa yang ingin kita eksplorasi secara tematis dengan Bruce. Kemudian mari kita cari penjahat yang cocok dengan cerita tersebut.”

Goyer menyoroti tren yang muncul dalam  sebuah film superhero pada saat itu, yang justru berfokus pada pemilihan tentang siapa villain yang akan muncul dan kemudian membangun ceritanya di sekitar karakter tersebut. Ia menekankan bahwa dirinya dan Nolan menghindari pendekatan ini, dan mereka lebih memilih siapa villain yang tepat setelah menentukan cerita yang ingin diceritakan kepada sosok Batman.

Pendekatan kreatif Nolan dan Goyer untuk trilogi Batman akhirnya terbukti. Filmnya mendapat banyak pujian dan dianggap sebagai film superhero terbaik sepanjang masa. Meski Leonardo DiCaprio tidak terlibat dalam film itu, tetapi pada akhirnya filmnya sangat berhasil. Dan rasanya MCU dan DCU bisa menerapkan cara yang sama, seperti yang dilakukan Nolan dan Goyer.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/