Saat ini, banyak studio yang berlomba-lomba membuat cinematic universe baru, terutama setelah melihat kesuksesan besar yang diraih MCU. DC Studios juga mencoba cara serupa dengan DCU, yang segera akan direboot dalam waktu dekat. Sebenarnya selain MCU dan DCU, ada banyak cinematic universe yang pernah eksis, seperti Monsterverse, Dark Universe (yang pernah gagal), hingga Transformers. Nah menariknya nih Geeks, jauh sebelum nama-nama di atas, sebenarnya ada cinematic universe yang sudah ada lebih dulu, dan usianya sudah sangat tua. Berikut adalah 6 cinematic universe yang paling tua saat ini.

1iew Askewniverse

View Askewniverse adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan cinematic universe yang dibuat oleh sutradara, penulis, dan aktor Kevin Smith. Cinematic universe ini berpusat pada tokoh-tokoh dan cerita-cerita yang saling terhubung. Nama “View Askewniverse” sendiri diambil dari perusahaan produksi Smith, yaitu View Askew Productions. View Askewniverse dimulai dengan film Clerks (1994), yang menceritakan kisah sekelompok karyawan di sebuah toko kelontong di New Jersey.

Ceritanya kemudian terus berlanjut ke dalam film-film berikutnya seperti Chasing Amy, Dogma, Clerks: The Animated Series and the Flying Car, Jay and Silent Bob Strike Back, dan masih banyak lagi. Total ada sekitar 8 film yang ada di View Askewniverse, yang dimulai sejak tahun 1994.

Kembali
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/