Saat ini, banyak studio yang berlomba-lomba membuat cinematic universe baru, terutama setelah melihat kesuksesan besar yang diraih MCU. DC Studios juga mencoba cara serupa dengan DCU, yang segera akan direboot dalam waktu dekat. Sebenarnya selain MCU dan DCU, ada banyak cinematic universe yang pernah eksis, seperti Monsterverse, Dark Universe (yang pernah gagal), hingga Transformers. Nah menariknya nih Geeks, jauh sebelum nama-nama di atas, sebenarnya ada cinematic universe yang sudah ada lebih dulu, dan usianya sudah sangat tua. Berikut adalah 6 cinematic universe yang paling tua saat ini.

2Terminator

Dalam daftar 6 cinematic universe paling tua, Terminator menempati posisi kedua. Terminator dimulai pada tahun 1984, di mana film pertamanya sukses besar berkat tangan dingin James Cameron. Kemudian filmnya berlanjut ke Terminator 2: Judgement Day, Terminator 3: Rise of the Machines, dan masih banyak lagi. Terakhir, filmnya rilis di tahun 2019 berjudul Terminator: Dark Fate. Terhitung sudah ada 6 film yang lahir dari cinematic universe ini.

Namun setelah James Cameron tak lagi menyutradarai Terminator, setelah film kedua, kualitas cinematic universe ini cenderung turun. Bahkan James Cameron yang kembali turun sebagai produser dan penulis naskah Terminator: Dark Fate juga tak mampu membawa film tersebut kembali bersinar. Tetapi mudah-mudahan saja film terbaru Terminator yang sedang dikembangkan akan kembali menjadi sukses.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/