Dalam sepanjang sejarah kemunculan buku komik, sudah banyak superhero yang diperkenalkan dan sebagian dianggap sebagai yang tertua dalam sejarah. Superhero bisa datang dari mana saja. Manusia biasa dengan kekayaan seperti Batman atau bahkan dewa sekalipun seperti Thor. Mayoritas dari para superhero memiliki usia yang panjang, yang mana hal ini membuat mereka dianggap sebagai yang tertua sepanjang sejarah. Siapa saja?

10Doctor Fate

Doctor Fate merupakan superhero tertua sepanjang sejarah yang pertama di daftar ini. Karakternya pertama kali diperkenalkan pada 1940 dan satu tahun kemudian cerita lengkap mengenai asal-usul superhero tertua ini akhirnya terungkap, termasuk identitas Nabu. Menurut penjelasan di komiknya, Nabu merupakan makhlukabadi yang hidup di helm dari Doctor Fate, yaitu Helmet of Nabu.

Helmet of Nabu adalah sumber kekuatan dari Doctor Fate. Nabu sendiri merupakan salah satu Lords of Order, yang lahir tidak lama setelah terciptanya alam ini di mana dalam komiknya dijelaskan yaitu 10 miliar tahun yang lalu. Karena Nabu menyatu dengan sosok Doctor Fate, secara tidak langsung menjadikan karakter superhero ini menjadi yang tertua sepanjang sejarah.

Pada masa 3500 sebelum masehi, Nabu datang ke bumi dan menjadi Nabu the Wise. Dia kemudian menjadi penasihat bagi para raja Mesir Kuno dan menjadi penjaga dari beberapa artefak kuno dan kuat. Nabu kemudian terjebak di dalam sebuah helm yang ditemukan oleh Sven Nelson dan anaknya, Ken, di tahun 1940. Setelah tidak sengaja menghabisi Sven yang sudah membangunkannya, Nabu kemudian merubah Kent menjadi sosok dewasa dan memberikannya Helmet of Nabu, Amulet of Anubis, dan the Cloak of Destiny, yang kemudian merubahnya menjadi Doctor Fate.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.