Dalam sepanjang sejarah kemunculan buku komik, sudah banyak superhero yang diperkenalkan dan sebagian dianggap sebagai yang tertua dalam sejarah. Superhero bisa datang dari mana saja. Manusia biasa dengan kekayaan seperti Batman atau bahkan dewa sekalipun seperti Thor. Mayoritas dari para superhero memiliki usia yang panjang, yang mana hal ini membuat mereka dianggap sebagai yang tertua sepanjang sejarah. Siapa saja?

9Martian Manhunter

Berasal dari planet Mars, J’onn J’onnz kemudian dikenal dengan nama Martian Manhunter. Dia tiba di bumi setelah tidak sengaja tertarik oleh sebuah alat teleportasi dalam uji coba yang dilakukan oleh Dr. Saul Edel. Akibat dari uji coba tersebut, Dr. Erdel pun tewas. Dengan tidak ada teknologi maju seperti di planet Mars, akhirnya Martian Manhunter harus terjebak di bumi.

Sambil menunggu itu terjadi, dia memutuskan untuk menggunakan kekuatannya demi menghadapi kejahatan dan ancaman yang datang ke bumi. Seperti bangsa Manhunter lainnya, J’onn memiliki kemampuan berubah wujud. Dia menggunakan persona dari John Jones, seorang detektif yang sedang magang di kota Middletown, Amerika. Namun, pada akhirnya, dia mengungkapkan identitas sebenarnya kepada dunia dan berperan sepenuhnya sebagai superhero.

Martian Manhunter merupakan salah satu anggota pendiri dari tim superhero Justice League, selain Superman dan Batman. Dari segi usia, Martian Manhunter muncul pertama kali di komik pada tahun 1955. Dalam ceritanya, kemungkinan usia dari J’onn J’onnzz adalah 225 juta tahun karena DC tidak pernah memberikan informasi lengkap mengenai karakternya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.