Ketika ending sebuah film biasanya menghadirkan konklusi dari cerita yang ada, namun beberapa ending film ini justru membingungkan. Dalam sebuah alur cerita film, ending selalu menjadi bagian yang memperlihatkan akhir dari semua konflik yang terjadi. Terkadang, muncul juga epilog yang memperlihatkan situasi terbaru dari para karakter. Namun, sebagian film ini justru memiliki ending yang membingungkan.

102001: Space Odyssey

Film yang banyak dianggap sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa, sekaligus juga menjadi salah satu film mahakarya dari sutrdara Stanley Kubrick. Filmnya bercerita tentang dua orang astronot, Dr. David Bowman dan Frank Poole. Mereka mendapatkan misi untuk pergi ke planet Jupter dengan pesawat luar angkasa yang dibekali dengan kecerdasan buatan bernama HAL 9000.

Namun, di tengah misi, kecerdasan buatan tersebut mulai bertindak sendiri dan mulai menyerang kedua astronot. Di akhir filmnya, kita melihat bagaimana David Bowman “tewas” dan kemudian berubah menjadi makhluk bernama Star Child. Sejak lama para fans coba meginterpretasikan apa maksud dari ending tersebut. Namun, Kubrick sendiri kemudian menjelaskan jika ending misterius tersebut bebas untuk berspekulasi mengenai arti dari endingnya.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.