Tony Stark dikenal sebagai salah satu karakter paling jenius. Bagaimana tidak? Dia sudah banyak menciptakan berbagai penemuan penting, yang sudah banyak digunakan oleh orang sekitarnya. Contohnya adalah armor War Machine, yang saat ini digunakan oleh Rhodey. Selain itu, ada juga armor Spider-Man, yang sempat digunakan Peter Parker untuk mengalahkan musuh. Menariknya nih Geeks, ada beberapa teknologi ciptaan Tony Stark alias Iron Man, yang kini menjadi nyata. Apa saja teknologi tersebut yang menjadi nyata? Simak berikut ini Geeks!

1. Jet Suit

Bisa terbang seperti Iron Man bukanlagi hanya mimpi, karena orang biasapun bisa melakukan hal tersebut di dunia nyata. Yap, dua perusahaan bernama GNAAS dan Gravity Industries membuat teknologi bernama Jet Suit, sebuah pakaian yang didesain khusus agar bisa terbang berkat 5 mesin jet yang ditempelkan pada pakaian tersebut. Dan menariknya, Jet Suit didesain khusus untuk keadaan darurat seperti digunakan oleh tim paramedis, untuk menjangkau lokasi-lokasi yang sulit.

Pakaian ini diklaim mampu terbang sejauh 100 meter dengan kecepatan 51,53 km/jam. Tentu saja pakaian ini mirip seperti armor yang digunakan Tony Stark saat menjadi Iron Man. Dengan armor Iron Man, Tony Stark bisa terbang ke segala penjuru untuk menolong rekan-rekannya di Avengers. Meski tidak bisa seluasa atau sejauh armor Iron Man, tetapi itu merupakan pencapaian dari Jet Suit. Mungkin di masa depan, pakaian itu akan menjangkau lebih jauh lagi.

2. Mobil Otonom

Tony Stark alias Iron Man kembali memamerkan teknologi terbarunya dalam film Avengers: Age of Ultron. Di ending, kita bisa melihat saat Tony Stark menunjukkan sebuah mobil Audi berwarna orange yang tiba-tiba datang dari kejauhan menghampiri Tony Stark yang sedang berbincang dengan Steve Rogers. Menariknya, tidak ada pengemudi di balik mobil tersebut, di mana mobilnya dikendalikan secara komputerisasi dan serba otomatis.

Tesla sudah berhasil membuat mobil yang serba otomatis itu, mulai dari mobilnya yang bisa menyetir sendiri, hingga fitur parking assist, yang memungkinkan mobil memarkirkan dirinya sendiri secara otomatis. Bahkan pabrikan-pabrikan mobil lainnya pun mengembangkan teknologi serupa, seperti yang dilakukan oleh Mercedes, dan BMW. Teknologi ini mulai banyak digunakan, dan nantinya tidak akan aneh melihat mobil-mobil mengemudi tanpa adanya supir.

3. Robot Tempur

Lagi-lagi, film Avengers: Age of Ultron juga menunjukkan teknologi epik yang dilahirkan oleh Tony Stark alias Iron Man. Dalam film tersebut, Tony Stark menciptakan robot canggih bernama Ultron yang dibuat untuk melindungi Bumi dari makhluk luar angkasa. Sebelumnya, Tony Stark mengalami mimpi buruk yang memperlihatkan Bumi diserang. Karena itulah dia menjadi khawatir hingga akhirnya dia merancang Utron dan pasukannya. Tetapi pada akhirnya Ultron justru malah berbalik menyerang Tony Stark dan Avengers.

Pada tahun 2018, sebuah perusahaan bernama Hankook Mirae Technology dari Korea Selatan berhasil membuat sebuah robot yang diberi nama Method-2. Robot ini mampu meniru gerakan lengan, tangan, dan jari pilotnya. Menurut Hankook Mirae, robot ini tidak diperjualbelikan ke negara lain, dan di masa depan akan digunakan untuk operasi militer atau penanggulangan bencana. Jadi secara desain, robot ini didesain untuk pertempuran.

4. Artificial Intelligence

Artificial Intelligence atau A.I memang tengah naik daun belakangan ini. A.I memang sudah merambah semua aspek kehidupan. Ketika kalian membuka handphone, kalian akan menemui berbagai A.I seperti Google Assistant di Android, atau bahkan Siri di Iphone, yang siap membantu kehidupan kalian sehari-hari. Tetapi memang kemampuan A.I yang sudah ada saat ini belum mampu menyaingi Jarvis, A.I yang dibuat oleh Tony Stark.

Jarvis memang sudah banyak membantu kehidupan Tony Stark. Contohnya dalam pertempuran, di mana Jarvis bisa membantu Tony Stark untuk membidik musuh, menganalisa kekuatan musuh, memilih senjata terbaik, atau bahkan mengontrol hal-hal lainnya. Sebenarnya selain Jarvis, Tony Stark juga memiliki A.I lainnya seperti Friday, Edith, dan masih banyak lagi. Mungkin tidak lama lagi, A.I di dunia nyata akan menjadi semakin sempurna, dan akan mirip seperti Jarvis.

Itulah dia Geeks beberapa teknologi Iron Man yang akhirnya menjadi kenyataan. Sekarang kita bisa melihat berbagai teknologi tersebu ada di dunia nyata. Dan mungkin akan ada lebih banyak lagi teknologi Iron Man yang menjadi kenyataan di masa depan.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/