Kematian yang diceritakan dalam buku komik sebenarnya bukan hal yang aneh. Ada banyak karakter yang diceritakan tewas, tak perduli apakah dia karakter utama atau bukan. Tetapi biasanya, karakter yang diceritakan mati tidak benar-benar mati, karena kemudian dia dihidupkan kembali dengan caranya masing-masing. DC Comics pun menerapkan hal serupa, di mana mayoritas karakter yang diceritakan mati, kemudian dihidupkan kembali. Tetapi ada beberapa kematian karakter DC yang justru mengubah DC Universe secara keseluruhan. Apa saja? Simak berikut ini!

1. Jason Todd

Meski memiliki hati yang tangguh, ternyata ada kematian dari seseorang yang membuat Batman sangat terpukul. Kematian tersebut dialami oleh sidekick Batman, Jason Todd, yang ketika itu sedang bertugas menjadi Robin. Karena gagal melindungi Robin, Batman menjadi sangat marah. Kemarahan itulah yang membuatnya bertransformasi menjadi sosok yang lebih kejam dan brutal. Dia tak segan menghabisi lawan-lawannya, terutama yang dia anggap terlibat dengan pembunuhan Robin.

Bahkan Tim Drake yang mencoba menenangkan Batman pun gagal. Batman tidak pernah benar-benar pulih dari kejadian tersebut. Bahkan meski Jason Todd kembali sebagai Red Hood. Yap, memang tidak ada kematian yang abadi di DC Comics dan komik lainnya.

2. Superman

Seperti yang disebutkan di atas bahwa tidak ada kematian abadi di DC Comics. Tetapi Superman pernah diceritakan mati, dan kematian itu sukses membuat pembaca komik terkejut, karena berdampak kepada keseluruhan cerita. Ketika itu, Superman harus menghadapi musuh yang sebenarnya dia takuti, yaitu Doomsday.

Doomsday mampu menahan semua serangan yang diberikan Superman, hingga akhirnya Superman menemui ajalnya di tangan Doomsday. Kematian Superman itulah yang mengubah perspektif terhadap Doomsday di mana dia sekarang dianggap sebagai villain paling kuat. Dan setiap kemunculannya, para pahlawan akan merasa ketakutan. Beruntung karena Superman akhirnya kembali dihidupkan.

3. Maxwell Lord

Dengan kekuatan pengendali pikiran yang dimiliki Maxwell Lord, dia menjadi sosok villain yang ditakuti. Apalagi setelah dia berhasil membuat Superman berada di bawah pengaruh kekuatannya, dan menjadikan Superman sebagai senjata. Oleh sebab itulah, cara satu-satunya untuk menghentikan Maxwell Lord adalah dengan menghabisinya. Beruntung karena Maxwell Lord pada akhirnya bisa dihabisi oleh Wonder Woman.

Tetapi ada anggota Justice League yang tidak setuju dengan cara yang Wonder Woman lakukan. Sosok tersebut adalah Batman, yang akhirnya meminta agar Wonder Woman dikeluarkan dari Justice League. Secara tidak langsung, kejadian ini memang mengubah perspektif Wonder Woman yang digambarkan sebagai pahlawan yang rela membunuh villain.

4. Ted Kord

Di DC Comics, ada 3 karakter yang pernah mengemban gelar Blue Beetle. Sosok pertama adalah Dan Garrett, kemudian disusul oleh Ted Kord, dan Jaime Reyes. Jadi secara kronologi, Jaime Reyes menjadi Blue Beetle ketiga. Jaime Reyes sendiri tidak akan menjadi Blue Beetle jika Ted Kord tidak diceritakan tewas dalam komik Countdown to Infinite Crisis #1. Dalam komik tersebut, Ted Kord tewas secara mengenaskan oleh Maxwell Lord.

Ted Kord menolak untuk membantu Maxwell Lord dalam perang salib, yang membuat Maxwell murka hingga akhirnya menembak Ted Kord. Setelah peristiwa menyedihkan itulah Jaime Reyes yang kemudian menggantikan posisi kekosongan Blue Beetle. Tanpa kematian Ted Kord, mungkin Reyes tidak akan pernah bertemu Khaji-Da dan menjadi Blue Beetle.

5. Flash

Crisis on Infinite Earth menjadi salah satu peristiwa paling berdarah di komik DC. Ada banyak superhero yang tewas dalam kejadian itu. Salah satu superhero yang menjadi korban adalah The Flash, yang mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan multiverse dengan cara menghancurkan meriam antimateri menggunakan kecepatan Speed Forcenya.

Tetapi dia itu adalah kemampuan terbesarnya yang pernah dia gunakan, sehingga tubuhnya tidak mampu menahan, dan membuatnya harus tewas. Jika tidak ada Barry Allen, mungkin seluruh multiverse akan hancur. Dan setelah kematian Barry Allen, selama beberapa waktu posisi The Flash digantikan oleh Wally West, dan Justice League pun melakukan masa berkabung. BERSAMBUNG KE HALAMAN 2.

1
2
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/