Tak lama setelah James Gunn dan Peter Safran ditunjuk sebagai pemimpin DC Studios, CEO Warner Bros, David Zaslav, menyatakan keinginannya untuk melakukan pendekatan seperti MCU. Oleh karena itu, DCU Reboot dimulai dengan pengumuman besar yang menjabarkan tetang rencana chapter pertama. Berbeda dengan MCU, setiap chapter di DCU Reboot akan memiliki namanya sendiri, dan chapter pembuka diawali dengan nama Gods & Monsters. Setelah pengumuman tentang nama resminya, yang menjadi pertanyaan adalah siapakah villain utama yang bakal dihadapi para pahlawan dalam chapter pertama DCU ini?

Petunjuk Judul Chapter

Dewa dan monster menjadi konsep awal yang mendasari alam semesta DC, baik dalam komik maupun di film. DC memang memiliki deretan dewa-dewa seperti Zeus dan Ares. Superman juga sebenarnya dianggap sebagai dewa, mengingat bagaimana pengaruhnya dan kekuatannya yang luar biasa. Bahkan beberapa villain pun mengklaim bahwa mereka adalah dewa, seperti yang dilakukan oleh Darkseid, yang menyebut dirinya sebagai The New Gods.

Ini membuktikan bahwa batas pemisah antara dewa dan monster sangatlah tipis di DCU Reboot. Pasalnya sosok seperti Darkseid pun juga bisa disebut sebagai dewa, bukan monster. Nah di dalam DCU Reboot nanti, sepertinya kita harus mencari jawaban dari pertanyaan tentang, “Apa perbedaan antara dewa dan monster?” Dan kita akan dijelaskan artinya menjadi dewa dan apa artinya menjadi monster.

Villain di DCU Reboot

Nah balik lagi ke pertanyaan paling awal yaitu tentang siapa villain dalam DCU Reboot? Kemungkinan yang menjadi villain utamanya adalah sosok yang menganggap dirinya dewa, dan di saat yang sama, dia adalah monster yang siap menghancurkan apapun yang menghalangi jalannya. Sosok tersebut tak lain adalah Darkseid. Oleh bangsa Apokolips, Darkseid dianggap sebagai dewa. Karena itulah bangsa Apokolips menjadikan Darkseid sebagai pemimpin. Sementara oleh penduduk Bumi, Darkseid dianggap sebagai monster mengerikan yang harus dihancurkan.

Darkseid adalah salah satu villain paling ikonik dan tangguh di DC Comics, dan dia telah berkali-kali melawan Superman dan anggota Justice League lainnya di komik. Memperkenalkannya kembali akan memberikan kesempatan bagi para penggemar untuk menyaksikan musuh kuat yang mengancam DCU. Apalagi setelah kita gagal melihat Darkseid beraksi di SnyderVerse, di mana sekarang kisah Darkseid versi Zack Snyder dikubur rapat-rapat dan tidak pernah berlanjut. Dengan diperkenalkannya Darkseid, maka DCU Reboot juga bisa mengenalkan New Gods, yang bisa menjadi Eternals versi DCU.

Potensi Cerita

Salah satu hal menarik dari sosok Darkseid adalah tentang obsesinya. Salah satu obsesi utama Darkseid adalah untuk menemukan dan menguasai Anti-Life Equation, yang diyakini memberinya kekuasaan mutlak untuk mengendalikan pikiran semua makhluk hidup. Ini sering menjadi fokus plot dalam kisah-kisah yang melibatkan Darkseid. Karena obsesinya inilah yang membuat Darkseid bersinggungan dengan Justice League, yang berusaha mencegah Darkseid mendapatkan Anti-Life Equation. Sebenarnya, kisah ini jugalah yang diangkat dalam Snyderverse, dan akan sangat menarik untuk mengangkat kisah ini kembali.

Bisa jadi kembali diceritakan bahwa Bumi menyimpan Anti-Life Equation yang sudah lama dicari-cari oleh Darkseid, dan nantinya dia akan datang ke Bumi untuk mengaktifkannya. Namun tentunya, para superhero yang sudah dikonfirmasi muncul di DCU Reboot tidak akan tinggal diam ketika Darkseid muncul, dan disitulah Superman, Batman, Supergirl, The Authority, hingga Swamp Thing muncul untuk menyelamatkan dunia.

Dan tentunya Darkseid tidak akan sendiri. Sama seperti Thanos di MCU, Darkseid bisa memiliki anak buah yang tentu saja harus dihadapi lebih dulu oleh para superhero, sebelum akhirnya mereka dapat bertarung melawan sang raja utama. Tetapi bisa jadi ada skenario lainnya yang akan digunakan oleh DC Studios dalam menghadirkan kisah yang lebih menarik lagi.

Itulah dia prediksi tentang siapa villain utama yang akan dihadirkan dalam Chapter One: Gods and Monsters, DCU Reboot. Tentu saja ada banyak villain utama yang bisa dimunculkan di DCU Reboot, tetapi rasanya Darkseid menjadi villain yang wajib dihadirkan, mengingat nama besar sang karakter, dan sejarahnya dengan Justice League yang panjang. Kita tunggu aja ya Geeks siapa sosok pasti yang akan jadi villain utamanya nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/