Mayoritas karakter yang muncul di MCU memang berasal dari Marvel Comics. Hal ini masuk akal mengingat Marvel Comics sudah ada sejak tahun 40-an, dan didalamnya  terdapat banyak karakter-karakter fiktif yang dapat diambil untuk di bawa ke MCU. Mulai dari karakter pahlawan, penjahat, mentor, atau apa pun itu. Namun, terkadang, series MCU memang membutuhkan karakter baru yang belum pernah terlihat di komik. Dan berikut adalah beberapa karakter di MCU yang ternyata tidak pernah muncul dalam komiknya, alias karakter tersebut memang dibuat khusus untuk MCU. Siapa saja?

Phil Coulson

Ketika Phil Coulson yang diperankan aktor Clark Gregg muncul di MCU, tidak ada yang menyangka jika dia menjadi karakter penting. Dia menjadi salah satu anggota SHIELD yang ditakuti, dan menjadi orang kepercayaan Nick Fury. Bahkan ketika The Destroyer datang mengacak-acak Bumi, Coulson tidak takut dan terus berjuang menghentikannya. Tetapi kiprah Coulson di MCU tidak begitu lama.

Dia diceritakan tewas dalam film The Avengers akibat ulah Loki. Coulson hanya terhitung tampil di 5 film MCU saja, yaitu Iron Man, Iron Man 2, Thor, The Avengers, dan Captain Marvel (karena film ini merupakan prekuel, yang mengambil latar di tahun 90-an). Selain Nick Fury, Coulson jugalah yang berperan penting untuk menyatukan para anggota inti Avengers.

Katy

Dalam film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, kita juga menemui karakter original MCU. Dia adalah Katy yang diperankan oleh aktris cantik Awkwafina. Diceritakan bahwa Katy adalah sahabat lama Shang-Chi, yang akhirnya harus ikut terlibat dengan segala macam masalah yang terjadi. Karakternya digambarkan sebagai sosok yang sembrono, namun tangguh dan penuh komedi.

Meski awalnya hanya seperti karakter sampingan, tetapi dipertempuran puncak, Katy mampu bersaing dengan pahlawan lainnya, di mana panahnya mampu membantu Shang-Chi dalam mengalahkan para iblis. Nah dalam credit scene Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, sepertinya Katy bakal menjadi bagian penting dari petualangan Shang-Chi selanjutnya.

Luis

Dalam komik, karakter Scott Lang sebenarnya tidak memiliki banyak pengikut. Sementara itu di MCU, dia ditampilkan berbeda di mana dia memiliki lebih banyak teman. Salah satu teman yang berkontribusi besar terhadap hidup Lang adalah Luis yang diperankan oleh Michael Pena. Luis memang karakter original yang khusus diciptakan untuk MCU, dan dia sangat cocok dengan dunia Ant-Man.

Luis juga kerap mengeluarkan celotehan-celotehan lucu yang membuat gelak tawa siapapun yang menontonnya. Meski karakternya menyenangkan, tetapi film Ant-Man and the Wasp: Quantumania tidak menyertakan Luis sehingga Luis hanya muncul dalam dua film MCU saja yaitu Ant-Man dan Ant-Man and the Wasp.

Miss Minutes

Ketika Miss Minutes pertama kali muncul dalam episode perdana series Loki, karakternya menarik perhatian banyak orang karena desainnya sangat unik. Dia memiliki tampilan animasi yang mirip seperti hasil gambaran tangan. Menurut Marvel, Miss Minutes adalah maskot bagi Time Variance Authority, di mana dia akan menyampaikan apa itu TVA dan bagaimana cara kerja mereka dengan mudah dicerna.

Tetapi semakin lama, Miss Minutes bukan hanya sekedar maskot, di mana dia ternyata memiliki hubungan dengan He Who Remains. Karakternya ternyata cukup kompleks, meski desain karakternya menggemaskan. Dan buat kalian yang belum tahu, karakternya diperankan oleh Tara Strong. Dan menariknya, Miss Minutes dipastikan akan kembali di musim kedua Loki.

Trevor Slattery

Trevor Slattery diperankan oleh aktor Ben Kingsley dan pertama kali muncul dalam film Iron Man 3 yang dirilis pada tahun 2013. Trevor Slattery adalah seorang aktor Inggris yang digunakan oleh penjahat Aldrich Killian untuk menyamar sebagai The Mandarin. Namun dalam cerita film tersebut, terungkap bahwa The Mandarin sebenarnya tidak ada, dan Slattery hanyalah seorang aktor yang digunakan untuk mengalihkan perhatian.

Kemudian, karakter Trevor Slattery juga muncul dalam proyek Marvel lainnya, seperti film pendek All Hail the King yang dirilis pada tahun 2014, dimana film tersebut mengeksplorasi lebih dalam tentang kehidupan Slattery setelah peristiwa Iron Man 3. Selain itu, dia juga muncul dalam Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings, dan di mana Slattery dipertemukan dengan Mandarin asli.

Darcy Lewis

Darcy Lewis pertama kali debut di film Thor pertama, di mana dia diceritakan sebagai asisten Jane Foster, yang juga merupakan ahli astrofisika. Bersama-sama, mereka melakukan penelitian di New Mexico dan tanpa sengaja menemukan Thor, dewa Norse yang diasingkan ke Bumi. Setelah film Thor: The Dark World, Lewis sempat menghilang dari MCU selama hampir satu dekade.

Kemudian, entah dari mana, sosok pemberani ini kembali muncul di WandaVision, dengan Lewis yang telah menjadi dokter. Di sini, Lewis mengokohkan posisinya sebagai salah satu karakter orisinal terbaik. Tetapi setelah WandaVision, masih belum ada tanda-tanda karakternya akan kembali. Tetapi mudah-mudahan dia akan kembali mengingat Lewis adalah karakter yang cukup jenius.

Xu Xialing

Shang-Chi tidak hanya harus menghadapi ayahnya dalam Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Dia juga harus berhadapan dengan adik perempuannya, Xu Xialing yang diperankan oleh Meng’er Zhang. Meskipun karakter ini khusus diciptakan untuk film Shang-Chi, sulit untuk membayangkan jika film ini ada tanpanya. Zhang sangat memikat dengan penampilannya. Tetapi dibalik itu, dia memiliki masa lalu cukup yang kelam. Karena itulah kemunculannya memberikan kompleksitas pada perjalanan Shang-Chi, mengingat keduanya adalah kakak beradik.

Nah di akhir cerita film Shang-Chi, Ten Rings milik Wenwu diwariskan kepada Shang-Chi. Tetapi sepertinya banyak pihak yang tidak setuju dengan hal tersebut, dan salah satunya adalah Xialing. Sebagai pemimpin organisasi Ten Rings yang baru, Xialing bisa jadi cemburu dengan sang kakak karena dirinya tidak memiliki senjata tersebut.

Itulah dia Geeks beberapa karakter MCU yang sebenarnya tidak pernah muncul di komik. Mereka merupakan karakter yang dibuat khusus untuk MCU. Wajar saja jika muka-muka tersebut terlihat asing ketika pertama kali muncul.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/