Selain action dan horor, film sci-fi juga memiliki banyak peminat. Memang jumlah film sci-fi tidak sebanyak film action yang selalu muncul setiap bulan. Kepopuleran film dengan genre sci-fi mungkin dimulai ketika Star Trek dan Star Wars muncul. Dan setelah kesuksesan dua nama besar itu, banyak pihak yang mulai mengembangkan film sci-fi baru yang tentu saja original. Nah kebanyakan, film sci-fi memang tidak dibuat seakurat mungkin dengan apa yang terjadi di dunia nyata. Pihak pembuat film biasanya memiliki fantasinya tersendiri dalam menghadirkan cerita di dalam film sci-fi. Tetapi nih Geeks ada beberapa film sci-fi yang terbukti akurat. Apa saja?

1. The Martian

The Martian diadaptasi dari novel besutan Andy Weir yang memiliki judul sama. Filmnya menceritakan tentang perjalanan astronot Mark Watney (Matt Damon) yang terdampar di Mars setelah terkena badai yang dahsyat. Dia menggunakan keahlian ilmiahnya dan tekadnya untuk bertahan hidup sambil menunggu upaya penyelamatan yang dilakukan oleh orang-orang Bumi.

Salah satu keakuratan dalam film ini adalah waktu perjalanan antara Bumi dan Mars, yang akan memakan waktu delapan bulan yang sangat melelahkan. Keakuratan lain yang patut dicatat adalah bahwa memang memungkinkan untuk menanam tanaman menggunakan tanah Mars. Selain itu, angin kencang yang terlihat sepanjang film juga sesuai dengan permukaan Mars, dan meskipun film ini juga menambahkan hal-hal lain demi tambahan hiburan, penggambarannya akurat.

2. Interstellar

Film Sci-Fi kedua yang terbukti akurat adalah Interstellar. Interstellar mungkin adalah salah satu film fiksi ilmiah terbaik, terutama karena filmnya digarap oleh tangan dingin Christopher Nolan. Film ini menceritakan mantan pilot NASA bernama Cooper (Matthew McConaughey), yang dipanggil untuk membantu tim peneliti. Mereka mencoba untuk menemukan planet lain yang dapat dihuni melalui lubang cacing. Film ini mendapatkan banyak pujian karena memberikan penggambaran tentang lubang hitam “Gargantua,” yang dianggap sebagai salah satu penggambaran lubang hitam dalam film yang paling akurat.

Keakuratan lain dalam film ini adalah bahwa mendekati gravitasi benda besar dapat membuat waktu bergerak lebih lambat daripada yang akan terjadi bagi orang di Bumi. Ini menjadi jelas ketika Cooper kembali ke kapal bersama kru yang selamat, dan mereka mengetahui bahwa 23 tahun telah berlalu di Bumi, padahal mereka hanya menghabiskan waktu selama beberapa menit saja di sebuah planet.

3. Contract

Contact dibintangi oleh Jodie Foster dan Matthew McConaughey. Film tersebut dianggap sebagai salah satu film fiksi ilmiah yang paling akurat hingga saat ini. Filmnya menceritakan saat Dr. Ellie Arroway diberi tugas untuk menguraikan pesan dari sistem bintang Vega. Saat pekerjaannya berlanjut, Arroway dihadapkan pada seorang Agen Keamanan Nasional dan seorang fanatik yang mencoba merahasiakan pesan tersebut.

Gelombang radio pun digunakan untuk berkomunikasi dengan makhluk asing, yang juga benar-benar dilakukan di dunia nyata oleh SETI. Ketika membuat film ini, Robert Zemeckis melibatkan beberapa ilmuwan, agar filmnya juga dapat dikaji oleh mereka.

4. Apollo 13

Apollo 13 merupakan film yang dirilis pada tahun 1995, dan merupakan dramatisasi dari misi Apollo 13 ke bulan yang sebenarnya, yang dibatalkan pada tahun 1970 akibat adanya ledakan di dalam pesawat ruang angkasa menghabiskan persediaan oksigen dan listrik pesawat. Karena mirip seperti kisah aslinya, bahkan banyak penonton yang menganggap bahwa film ini terasa lebih seperti dokumenter daripada sebuah film.

Semua aktor termasuk Tom Hanks, Kevin Bacon, dan Bill Paxton juga diwajibkan menjalani pelatihan astronot yang intens, termasuk kursus fisika dan pelajaran tentang bahasa NASA. Hal ini menambahkan tingkat realisme yang besar pada film ini dan menunjukkan betapa kerasnya sutradara Ron Howard dan tim produksi untuk memastikan bahwa Apollo 13 seakurat mungkin. Bahwa produksi film ini dilakukan dalam pesawat anti-gravitasi yang disebut Vomit Comet.

5. Deep Impact

Dibintangi oleh Robert Duvall, Tea Leoni, Elijah Wood, dan Morgan Freeman, Deep Impact mengisahkan seorang remaja yang melihat sebuah komet mematikan menuju Bumi. Sadar akan munculnya bahaya, pemerintah pun mencari cara untuk menghentikan komet berdiameter 7 mil tersebut agar tidak menghantam Bumi dan menyebabkan kepunahan massal. Meskipun mungkin tidak masuk akal bahwa seorang remaja dengan teleskopnya akan melihat komet yang mengancam Bumi sebelum NASA melakukannya, ada elemen-elemen lain dari Deep Impact yang lebih masuk akal dan akurat.

Menggunakan bom nuklir untuk menghancurkan komet bukanlah ide yang buruk, dan pada tahun 1998 ketika Deep Impact pertama kali tayang, itu mungkin merupakan pilihan yang paling rasional untuk digunakan. Ada juga adegan dalam film di mana sebuah pecahan komet mendarat di Samudra Atlantik, menyebabkan mega-tsunami. Mega-tsunami seperti itu mungkin terdengar mustahil terjadi, tetapi seorang astofisikawan terkenal bernama Neil deGrasse Tyson mengkonfirmasi bahwa hal itu bisa terjadi di dunia nyata.

6. A Space Odyssey

Film Sci-Fi keenam yang terbukti akurat adalah 2001: A Space Odyssey. 2001: A Space Odyssey besutan Stanley Kubrick mengilhami sejumlah film bergenre serupa yang ingin menampilkan akurasi tinggi. Meskipun beberapa orang mungkin mengatakan bahwa film ini membosankan dan berjalan lambat, tetapi film ini menggambarkan segalanya dengan seakurat mungkin. 2001: A Space Odyssey berhasil memprediksi banyak kemajuan sains pada tahun 1968, jauh sebelum kemajuan tersebut benar-benar terjadi.

Sebagai contoh, komputasi tablet, stasiun luar angkasa internasional, dan wisata luar angkasa. Film ini juga dipuji karena penggambarannya tentang astronot sebagai orang yang terlatih dengan baik dan metodis daripada menggambarkan astronot sebagai “pahlawan”, seperti yang dihadirkan dalam banyak film sci-fi lainnya di masa lalu. Seorang astrofisikawan, Neil DeGrasse Tyson bahkan memuji upaya yang dilakukan seluruh kru untuk membuat film ini sangat akurat dengan di dunia nyatanya.

7. Moon

Moon adalah sebuah film yang cukup terlupakan oleh sebagian besar penonton. Meski begitu, Moon menjadi salah satu film sci-fi terbaik yang pernah dibuat. Yang membuatnya begitu akurat secara ilmiah adalah tujuan utama karakter utama, yaitu menambang sumber daya tertentu dari bulan. Sumber daya itu disebut helium-3, dan faktanya Bulan memang mengandung helium-3 dalam jumlah yang besar. Meskipun premis penggunaan helium-3 sebagai sumber energi utama kita masih menjadi perdebatan, segala sesuatu dalam film, termasuk penambangan di Bulan, energi, dan detail pesawat, semuanya sesuai dengan apa yang ada di dunia nyata.

Moon layak mendapatkan pengakuan atas banyak keakuratan yang dihadirkan, dan itulah yang membuat daya tarik film Moon sangat besar. Apalagi filmnya juga menghadirkan aktor sekelas Sam Rockwell dan Kevin Spacey. Nah selain menjadi film sci-fi, Moon juga menjadi film bergenre Mystery, karena sang karakter utama bernama Sam Bell arus mengungkap kejadian aneh dan misterius saat masa tugasnya akan berakhir.

8. Her

Film Sci-Fi keenam yang terbukti akurat adalah Her. Disutradarai oleh Spike Jonze, Her menceritakan kehidupan Theodore yang diperankan oleh Joaquin Phoenix, di mana dia diceritakan sangat kesepian setelah bercerai dengan istrinya. Nah mengatasi rasa bosannya, Theodore membeli sistem operasi yang dilengkapi dengan A.I yang diberi nama Samantha. Pada akhirnya, Theodore merasa sangat tertarik dengan Samantha karena dia tampak hidup, dan ada beberapa kecocokan antara keduanya. Theodore akhirnya terjebak antara dunia virtual yang sangat membuatnya senang, dengan dunia nyata yang tampak membosankan baginya.

Film tersebut terbukti sangat akurat, karena sekarang Apple juga memiliki Siri yang mirip seperti Samantha. Selain itu ada beberapa aspek dari film ini yang sangat akurat, termasuk kamera wajah kecil serta lubang suara yang digunakan Theodore untuk berkomukasi dengan Samantha. Bahkan film ini memang menggambarkan apa yang terjadi di dunia ini, di mana manusia lebih senang dengan dunia virtualnya.

9. Arrival

Arrival mengisahkan ketika pesawat luar angkasa dari planet yang tidak diketahui mendarat di 12 lokasi berbeda di Bumi. Karena itulah seorang profesor bernama Louise Banks (Amy Adams) dipanggil untuk memimpin penyelidikan. Kru bekerja melawan waktu untuk menemukan cara berkomunikasi dengan makhluk asing tersebut sementara ketegangan nasional semakin meningkat. Arrival dipuji karena benar-benar akurat dalam menghadirkan ilmu bahasa, yang dalam konteks ini digunakan untuk melakukan kontak dengan makhluk asing.

Meskipun tidak semua aspek film ini benar-benar akurat, tetapi aspek dari penyandian bahasa memang sangat akurat. Banks harus mempelajari bahasa itu secara keseluruhan untuk dengan tepat mendekripsi pesan dari makhluk asing tersebut. Keakuratan lainnya mencakup gravitasi buatan di kapal alien dan kenyataan bahwa makhluk asing akan hidup dalam atmosfer yang berbeda dari Bumi.

10. Minority Report

Film Sci-Fi terakhir yang terbukti akurat adalah Minority Report. Film ini besutan Steven Spielberg berlatar pada tahun 2054 di Washington D.C. dan Northern Virginia. Sebuah departemen kepolisian khusus yang disebut Precrime menggunakan teknologi canggih untuk menangkap para penjahat, bahkan sebelum penjahat tersebut melakukan kejahatan. Minority Report dibintangi oleh Tom Cruise, Colin Farrell, dan Samantha Morton dan tayang perdana pada tahun 2002. Film ini diadaptasi dari cerita pendek tahun 1956 dengan judul yang sama karya Phillip K. Dick.

Untuk menciptakan dunia masa depan pada tahun 2054, Spielberg harus melakukan banyak penelitian dan berkonsultasi dengan berbagai ahli untuk mengembangkan masa depan yang realistis bagi Minority Report. Beberapa teknologi yang digunakan dalam film, seperti pemindai retina dan sistem komputer pelacakan gerakan yang terasa mustahil pada tahun 2002 ketika film ini pertama kali tayang, sebenarnya telah menjadi kenyataan hari ini.

Itulah dia Geeks beberapa film sci-fi yang terbukti akurat. Film-film tersebut memang sesuai dengan apa yang terjadi di dunia nyata, dan sebagian dari film-film tersebut juga terbukti secara sains. Di antara film itu, mana yang menjadi favorit kalian Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/