Spider-Man: No Way Home menjadi salah satu film Marvel Studios paling sukses. Selain dari kisahnya, film ini menampilkan berbagai “fan service” yang membuat banyak penggemar antusias. Namun yang tak kalah menarik, kita juga disuguhkan dengan tampilan final suit Spider-Man di akhir filmnya. Tapi ternyata, ada 4 desain final suit yang sempat ditolak oleh Marvel Studios.

Seperti yang kita ketahui, sejak tampil di film Spider-Man: Far From Home, Spider-Man versi Tom Holland tampil dengan skema warna merah dan hitam, dengan beberapa sentuhan emas yang ditambahkan kemudian. Komposisi warna tersebut sedikit berbeda dari Spider-Man yang umumnya kita lihat di komik, meskipun diakhir No War Home, kita melihat komposisi warna ikonis di kostumnya yang memiliki warna merah dan biru. Namun baru-baru ini, Ryan Meinerding, Kepala Pengembangan Visual di Marvel Studios, membagikan beberapa hasil desainnya untuk final suit Spider-Man.

Melalui buku Spider-Man: No Way Home – The Art of the Movie yang beberapa waktu lalu telah dirilis di seluruh dunia, Ryan menampilkan empat desain yang ditolak Marvel Studios untuk final suit Spider-Man versi Tom Holland dalam film tersebut. Seperti yang bisa kita simak dibawah ini:

Final Suit Spider-Man

“Ide di balik [desain-desain ini] adalah bahwa ia telah melihat Spider-Man lain, dan ia sepenuhnya merangkul segala hal tentang Spider-Man—ia sepenuhnya terlibat, dan ia cukup jenius untuk mewujudkannya. Desain pertama dari keempat desain yang ditolak memiliki logo laba-laba merah bulat klasik di bagian belakang Spider-Man, dengan variasi logo berwarna hitam di bagian dadanya. Nuansa biru lebih gelap menjadi komposisi utama dan Peter Tom Holland mendapat inspirasi dariapa yang Tobey Maguire kenakan.”

Desain kedua ini menampilkan bagian mata Spider-Man yang lebih bulat, dengan kostum yang lebih longgar dan menampilkan kesan tidak terlalu rapi. Sang artist menjelaskan bahwa desain-desain ini “bertujuan untuk mengambil bagian-bagian terbaik dari berbagai kostum-kostum yang sebelumnya Peter gunakan dan menggabungkannya menjadi tampilan klasik yang sangat ikonik.”

Sementara desain ketiga memilih untuk memasukkan jaring dibagian bawah lengan yang lebih besar, desain ini cukup mirip dengan beberapa versi klasik Spider-Man di komik. Desain tersebut juga menampilkan warna biru yang lebih gelap, namun dilengkapi dengan logo laba-laba hitam di dadanya yang sedikit lebih besar dan lebih tajam.

Final Suit Spider-Man

Sedangkan desain terakhir yang ditolak Marvel Studios tetap menggunnakan komposisi warna biru tua dan merah, ukuran mata normal, namun perbedaan terbesar adalah kostum ini memiliki lambang laba-laba yang lebih besar, namun terasa memiliki kemiripan dengan lambang Spider-Man versi Tobet  Maguire. Desain yang ditolak terakhir memiliki lambang laba-laba di depan dan belakang yang paling mirip dengan milik Tobey Maguire.

Menariknya, setelah desain-desain ini tersebar di media sosial, banyak reaksi penggemar yang merasa bahwa final suit yang ditampilkan Marvel Studios di film No Way Home adalah versi terbaik dari berbagai desain tersebut. Yang membuat kostum ini semakin menarik adalah, sang artist mengkonfirmasi bahwa secara canon, kostum tersebut terinspirasi oleh kostum Spidey milik Tobey Maguire dan Andrew Garfield, yang menjadi salah satu efek dari multiverse bagi Peter Parker versi Tom Holland.

Tentunya, banyak diantara para penggemar yang ingin segera melihat aksi Tom Holland yang menggunakan kostum tersebut di film keempatnya. Sekarang masalahnya adalah mencari tahu kapan kita akan melihat Tom Holland mengenakan kostum ini lagi. Tapi, Spider-Man 4 telah dikonfirmasi sedang dalam pengembangan, meskipun tanggal rilisnya masih menjadi misteri setidaknya kita dipastikan akan melihat kostum final suit Spider-Man.

Oky Handiman
Oky merupakan salah satu founder dari Greenscene, ia juga turut berperan sebagai Operational Director. Passionnya terhadap topik seputar pop culture membuat ia terkadang ikut coverage untuk beberapa pembahasan yang tengah hangat.