Dari tahun ke tahun, pembuatan film berkembang pesat. Salah satu kemajuan terbesar dalam sejarah perfilman adalah perkembangan dari CGI yang sangat cepat. Selama tiga dekade terakhir, penggunaan CGI dalam pembuatan film sudah menjadi hal lumrah. Dan meskipun beberapa pembuat film seperti Christopher Nolan lebih memilih menggunakan efek praktis ketimbang CGI, tetapi CGI masih menjadi bagian integral dalam pembuatan sebuah film. Sekarang visual yang ditampilkan hasil CGI bahkan sangat realistis. Dan berikut adalah adegan CGI yang terlihat sangat realistis, sampai-sampai banyak yang salah mengiranya. Apa saja adegannya?

Titanic – Air di Dek Kapal

Rasanya semua orang sepakat bahwa Titanic merupakan film terhebat sepanjang masa, dan James Cameron bernar-benar berhasil menceritakan kembali tragedi tenggelamnya kapal Titanic yang menewaskan banyak nyawa. Nah menariknya nih Geeks, ada beberapa adegan di filmnya yang ternyata dibuat menggunakan teknologi CGI. Ternyata adegan yang menampilkan derasnya air yang memenuhi dek bawah kapal mayoritasnya dibuat menggunakan CGI. Tetapi yang harus dicatat bahwa tidak seluruh air yang muncul dibuat menggunakan CGI, karena adajuga adegan yang memang melakukan syuting di air. Meski filmnya rilis di tahun 1997, tetapi CGInya terasa mulus dan tampak nyata.

Brokeback Mountain – Kerumunan Domba

Biasanya, film yang mengangkat kehidupan koboi identik dengan sisi maskulin dari tiap karakter. Tetapi hal berbeda coba ditampilkan dalam Brokeback Mountain yang mengangkat kisah cinta sesama jenis antara Ennis Del Mar dan Jack Twist. Well, film ini memang bukan film aksi yang membutuhkan banyak CGI, tetapi ternyata Brokeback Mountain juga menyertakan beberapa adegan yang dibuat dengan tambahan CGI. Adegan tersebut tampak nyata, dan tidak ada yang menyadari bahwa dibuat dengan CGI. Adegannya memperlihatkan saat Enis mengembalakan ratusan domba. Sebenarnya hanya ada beberapa domba saja di lokasi syuting, dan sisanya ditambahan melalui CGI.

Saving Private Ryan – Tembakan di Air

Sebagai salah satu film perang terhebat sepanjang masa, Saving Private Ryan menetapkan standar baru untuk CGInya, di mana filmnya sukses menghadirkan nuansa perang yang nyata. Dalam sebuah adegan yang memperlihatkan pendaratan di Normandia, pasukan kewalahan menghadapi tembakan musuh. Dan saat kamera mengikuti sejumlah pasukan saat mereka melompat ke dalam air untuk menghindari tembakan, tembakan-tembakan tersebut menembus ke bawah air, dan berhasil mengenai sasaran. Ternyata adegan itu juga dibuat menggunakan CGI. CGI-nya sangat mulus, sampai-sampai adegan tersebut tampak nyata di tahun 1999.

300 – Perut Para Prajurit

Sama seperti Saving Private Ryan, 300 adalah film perang dalam skala yang masif. Tetapi filmnya mengambil latar ribuan tahun yang lalu. Filmnya mengisahkan tentang perang Spartan antara 300 orang melawan tentara Persia yang berjumlah sangat banyak. Filmnya menampilkan nama-nama besar seperti Gerard Butler dan David Wenham. Sebenarnya film ini menggunakan banyak CGI di dalamnya. Tetapi ada yang menarik nih Geeks, jika biasanya perut seorang aktor akan dibiarkan apa adanya, tetapi tidak dalam film 300. Pasalnya perut six pack dari para prajurit bukanlah asli, melain hasil CGI. CGI-nya sangat mulus, sampai-sampai kita tidak menyadari bahwa itu adalah CGI.

Children of Men – Bayi yang Dilahirkan

Children of Men adalah film distopia yang unik, di mana filmnya menceritakan tentang masa depan di mana semua perempuan tidak bisa memiliki anak. Ajaibnya, seorang wanita bernama Kee tiba-tiba bisa hamil sehingga akhirnya dia dilindungi. Dalam adegan klimaks dalam film tersebut, Kee melahirkan seorang bayi perempuan. Meskipun sebagian besar film lain menampilkan bayi sungguhan ketika memperlihatkan adegan bayi yang dilahirkan, tetapi tidak dengan Children of Men, di mana ternyata bayi yang dilahirkan Kee dibuat menggunakan CGI. Bayinya cukup realistis, meskipun filmnya rilis di tahun 2006, di saat CGI belum begitu sempurna.

Shutter Island – Pulau Utama

Shutter Island menjadi salah satu film terbaik sepanjang masa. Dalam film ini, U.S. Marshal Daniels dan rekannya tiba di pulau utama sendiri. Saat mereka naik feri, pulau itu pun muncul dari balik kabut, yang secara mengejutkan terlihat sangat menakutkan. Meskipun sebenarnya ada pulau sungguhan yang digunakan, tetapi sebenarnya tampilan pulau tersebut dibuat menggunakan CGI. Memang tampilannya sangat mengerikan sehingga membuat gambaran bahwa kalian tidak ingin terjebak berada di dalamnya. Selebihnya, ada beberapa CGI lainnya yang ditampilkan dalam film ini meski tidak terlalu banyak.

Cast Away – Angin yang Berhembus

Dalam film besutan Robert Zemeckis ini, Tom Hanks berperan sebagai Chuck Noland, yang terdampar di sebuah pulau di Samudra Pasifik. Di sana, dia harus bertahan hidup dan menjaga kewarasaannya dengan bantuan bola voli ikoniknya bernama Wilson. Menjelang akhir Cast Away, ketika semua harapan tampaknya hilang, angin tiba-tiba berubah, yang memberikan harapan baru kepada Chuck, bahwa dia mungkin masih bisa ditemukan. Angin yang ditampilkan berubah arah melalui hembusan angin di pepohonan. Ternyata momen tersebut dibuat menggunakan CGI. Meskipun tampaknya efek angin itu dapat juga diambil tanpa menggunakan CGI, tetapi Zemeckis memilih menggunakan CGI untuk menampilkannya.

Itulah dia Geeks beberapa adegan di film yang tampak sangat realistis meski menggunakan CGI. Meski biasanya CGI dan non-CGI akan terlihat berbeda, tetapi adegan ini justru menunjukkan sebaliknya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/