Setelah keberhasilan yang diraih oleh film Dune pada tahun 2021 dan menjelang kedatangan Dune: Part Two yang sangat dinantikan, Denis Villeneuve telah mengungkap bahwa dia ingin membuat lebih banyak film dari alam semesta Dune. Dalam wawancara dengan majalah Empire, sang sutradara memberi petunjuk bahwa akan ada sekuel ketiga Dune yang dia buat nanti. Jika benar-benar terwujud, maka film ketiga akan mengadaptasi kisah Dune Messiah, yang merupakan sekuel langsung dari novel asli karya Herbert.

Saat membahas alur cerita, Villeneuve mengatakan, “Dune Messiah ditulis sebagai reaksi terhadap orang-orang yang menganggap Paul Atreides sebagai pahlawan, yang bukanlah hal yang dia inginkan. Adaptasi saya lebih dekat dengan gagasan bahwa sebenarnya ini adalah sebuah peringatan, mengingat buku-buku tersebut menjadi lebih esoterik” pernyataan tersebut menyinggung kualitas dari novel-novel Dune berikutnya, dimana novel Dune terasa lebih eksklusif hanya untuk penggemar hardcore Dune. Namun Dennis menjelaskan bahwa jika Dune: Part Three akan terwujud, itu akan menjadi penutup trilogi yang ia maksud.

Penulis naskah Dune: Part Two, Jon Spaihts, juga telah menyebutkan pada Maret 2022 bahwa Villeneuve memiliki rencana untuk film ketiga dan juga sebuah series spinoff. Sementara visi sang pembuat film sangat menarik, realisasinya tergantung pada bagaimana respon pasar terhadap Dune: Part Two, serta keputusan perusahaan produksi, Warner Bros. Pictures.

Beberapa waktu lalu, rencana untuk membuat series Dune: The Sisterhood untuk HBO Max juga masih belum pasti. Kedua proyek ini akan memperluas alam semesta Dune yang semakin kaya dan mendalam bagi para penggemar serta penikmat film di seluruh dunia.

Dan jika film ketiga Dune benar-benar akan dibuat, sepertinya masih cukup lama bagi kita untuk dapat menyaksikannya. Melihat apa yang terjadi sebelumnya, Villeneuve sepertinya membutuhkan waktu sekitar 3 tahun untuk membuat film Dune. Karena skala film Dune yang sangat besar, maka waktu tersebut sangat masuk akal. Apalagi filmnya menghadirkan deretan pemeran papan atas Hollywood, yang tentu saja tidak mudah untuk menyatukan mereka semua dalam satu film. Kita tunggu aja ya Geeks apa upaya yang akan dilakukan Villeneuve dan Warner Bros untuk film terbarunya nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/