Superman adalah salah satu karakter terkuat di DC Comics. Dia nyaris sempurna, di mana sangat kuat, pintar, dan sangat baik. Selama bertahun-tahun, Superman hidup untuk melindungi Bumi dari ancaman yang lebih besar. Tetapi dibalik kekuatannya yang dahsyat, tersimpan kelemahan besar untuk Superman. Dia akan menjadi lemah ketika berada di dekat Kryptonite. Dan ketika dia melemah, maka mudah bagi musuh untuk mengalahkannya. Dalam DC Comics, sebenarnya ada banyak karakter yang pernah menjadi Superman. Lantas siapa saja karakter yang pernah menjadi Superman di DC Comics? Simak berikut ini!

Zod

Pada tahun 2003, sebuah komik berjudul JSA: The Unholy Three menampilkan Superman yang sama sekali baru. Komik tersebut menceritakan saat Batman ditugaskan untuk mengejar agen KGB demi mendapatkan Trigger, sebuah device yang mampu meledakkan reaktor nuklir. Batman dibantu oleh Clark Kent, yang ternyata seorang agen biasa, bukan Superman. Ternyata dalam komik ini, bukan Kal-El yang menjadi Superman melainkan Zod. Tetapi dalam versinya, diceritakan bahwa Zod adalah seorang psikopat dari Krypton, yang telah menyebarkan virus mematikan. Sebagai hukuman atas kejahatannya, Zod kemudian dibuang ke Phantom Zone, hingga akhirnya dia dibebaskan oleh ilmuwan Bumi.

John Henry

John Henry memulai debutnya pada komik The Aventures of Superman #500 tahun 1993. Setelah kematian Superman akibat Doomsday, beberapa orang mencoba bangkit untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan Superman. Sampai akhirnya John Henry alias Steel bersedia untuk menjadi Superman baru untuk sementara waktu. Buat kalian yang belum tahu, John Henry adalah mantan insinyur yang telah menciptakan banyak senjata. Tetapi kemudian dia berhenti dari pekerjaan itu karena takut senjata yang dia ciptakan digunakan untuk membunuh orang tak bersalah. Saat menjadi pengganti Superman, Henry membuat sebuah armor yang dia gunakan saat bertarung melawan musuh.

Hank Henshaw

Dalam cerita Adventures of Superman #466 yang rilis tahun 1990-an, muncul sebuah Superman yang berbeda dari versi biasa. Pasalnya dia adalah perpaduan antara Cyborg dan Superman. Sosok dibalik Cyborg Superman bukan Clark Kent atau Kal-El, tetapi Hank Henshaw. Henshaw menjadi seperti itu setelah dia terkena radiasi yang menyebabkan dia bermutasi. Karena sekarat, Henshaw memindahkan kesadarannya ke sebuah Cyborg milik LexCorp. Dan setelah Superman pergi meninggalkan Bumi, Henshaw lah yang menjadi penggantinya. Tetapi ternyata, Henshaw yang mengaku sebagai Superman asli, diam-diam berupaya menghancurkan reputasi Superman. Dia pernah mencoba meledakkan bom nuklir untuk menghancurkan Metropolis.

Calvin Ellis

Ketika Barack Obama menjadi presiden Amerika Serikat, banyak perubahan besar yang terjadi dalam politik dan pop culture. Dia berhasil menginspirasi banyak hal, termasuk menginspirasi DC untuk menghadirkan Calvin Ellis sebagai Superman. Dalam komik, Ellis adalah presiden AS keturunan Afrika-Amerika yang hidup di semesta alternatif. Dia juga merupakan Superman di semestanya. Keseharian, Ellis memang menyelesaikan masalah dari gedung putih. Tetapi ketika ancaman muncul semakin besar, Ellis akan berubah menjadi Superman. Ellis pernah melawan Lex Luthor yang bersikeras bahwa dia bukan seorang rasis.

Bruce Wayne

Bagaimana jika Batman mempunyai kekuatan Superman? Well, dalam Superman Speeding Bullets (sebuah kisah Elseworlds), diceritakan bahwa pesawat luar angkasa Kal-El ditemukan oleh Thomas dan Martha Wayne. Karena itulah mereka menamainya dengan Bruce Wayne bukan Clark Kent, dan mengadopsinya sebagai anak. Sama seperti Bruce Wayne pada umumnya, kematian keluarga Wayne akibat perampokan membawanya ke jalan superhero. Namun Wayne disini memiliki kekuatan yang tidak dimiliki versi Wayne biasa, karena dia bisa terbang, memiliki kekuatan super, dan memiliki heat vision, layaknya Superman. Wayne kemudian menggunakan identitas Batman, dan menggunakan kekuatannya untuk menghancurkan penjahat.

Kal Kent

Kal Kent adalah turunan jauh Superman. Ketika Justice League pergi ke abad 853, mereka menemukan Superman yang sangat berbeda dari yang mereka kenal sebelumnya, yang ternyata adalah Superman generasi baru yang menggantikan generasi lama. Sosok tersebut bernama Kal Kent. Kal Kent memiliki berbagai macam kekuatan yang dimiliki Superman, termasuk kekuatan super, kecepatan, terbang, dan heat vision. Tetapi yang membedakan Kal Kent dengan Kal-El adalah, Kal-Kent lebih mampu menahan Kryptonite, dan dapat hidup tanpa cahaya matahari selama berhari-hari. Selain itu, dia mampu menggerakkan seluruh tata surya. Dia jelas merupakan peningkatan dari Superman biasa.

Lex Luthor

Lex Luthor memang telah berganti-ganti peran. Ia merupakan villain, tetapi dia pernah menjadi anggota dari Justice League. Namun, peran Luthor yang paling mencolok adalah saat ia menjadi Superman baru. Dalam komik Justice League #52, Luthor membantu Justice League mengalahkan Darkseid dan Anti Monitor. Namun setelah Darkseid dikalahkan, Luthor menggunakan Motherbox untuk menciptakan armor yang terinspirasi dari Superman, dengan menampilkan lambang S di dadanya. Dan setelah mengenakan armor tersebut, Lex menyatakan diri sebagai Superman. Ketika itu tidak ada yang menampik Luthor sebagai Superman, karena Superman asli dianggap telah mati setelah dikalahkan Darkseid.

Clark Kent

Clark Kent adalah Superman yang paling terkenal dalam komik DC. Sebagai karakter fiksi ciptaan Jerry Siegel dan Joe Shuster, Clark adalah seorang wartawan di Daily Planet Metropolis. Pintar, ramah, dan berdedikasi pada kebenaran, Clark berusaha menyelidiki masalah sosial melalui tulisannya. Namun, di balik rasa tanggung jawabnya sebagai wartawan, ia adalah Kryptonian yang memiliki kekuatan super seperti terbang, kekuatan fisik, dan penglihatan sinar-X. Selama bertahun-tahun Clark Kent menyimpan rapat-rapat identitasnya sebagai Superman. Dan ketika muncul ancaman yang besar, Clark Kent akan bertransformasi menjadi Superman dan melindungi dunia.

Itulah dia Geeks beberapa karakter yang pernah menjadi Superman. Di antara para karakter tersebut, mungkin yang menjadi familiar adalah Clark Kent, karena selama ini yang sering tampil adalah dia. Di antara karakter tersebut, mana yang menjadi favorit kalian?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/