Batman alias Bruce Wayne mungkin menjadi pahlawan DC yang paling sering tampil di film. Sudah banyak versi Batman yang bermunculan, mulai dari Batman versi Michael Keaton, Batman versi Ben Affleck, hingga Batman versi Christian Bale. Meski tanpa kemampuan super, Batman tetap menjadi primadona, dan kemunculannya selalu dielu-elukan. Tetapi sebenarnya nih Geeks, ada beberapa kekuatan Batman yang tidak pernah dimunculkan dalam filmnya. Kekuatan ini hanya dimunculkan dalam komik atau gamenya. Lantas apa saja kekuatan Batman yang tidak dimunculkan dalam film?

X-Ray

Percaya atau tidak, Superman bukan satu-satunya anggota Justice League yang memiliki kekuatan penglihatan X-Ray. Dalam komik, Batman juga memiliki kekuatan serupa berkat helmnya. Bahkan dengan kemampuan ini, dia mampu membaca situasi, sebelum bergerak menyerang musuh. Kemampuan ini juga sempat diperlihatkan dalam game Arkham. Alat itu memang menjadi yang paling berguna di antara alat lain yang digunakan Batman. Sebenarnya, alat itu diberi nama Detective Vision, yang memungkinkan Batman melacak atau melihat musuh melalui tembok, dan disitu Batman bisa membedakan antara musuh yang bersenjata atau tidak bersenjata. Selain itu Batman juga bisa mengumpulkan bukti-bukti untuk memecahkan kasus.

Kekuatan Magis Batman

Batman ternyata juga memiliki kekuatan magis. Selama bertahun-tahun, kostum Batman telah mengalami banyak perubahan. Mulai dari ditingkatkan dari segi fitur atau justru pengurangan fitur untuk memaksimalkan potensinya. Dalam komik, Batman juga pernah meningkatkan kostumnya dengan elemen magis. Yap, Batman pernah menggunakan kostum atau armor bernama Suit of Sorrows. Sebenarnya kostum itu didapatkan dari Talia, dan dia gunakan untuk mengalahkan musuhnya. Dengan kostum ini, Batman mendapat tambahan kekuatan magis yang besar. Selain Suit of Sorrows, adalagi armor lain Batman lainnya yang tidak dimunculkan yaitu Hellbat. Dengan armor tersebut, Batman menjadi seperti dewa dan berkontribusi besar untuk Justice league. Sayangnya, seperti semua kekuatan besar, ada konsekuensi yang harus di bayar saat menggunakannya.

Healing Factor

Batman memang memiliki musuh yang tangguh. Karena itulah dia sering dihajar habis-habisan. Sebenarnya ada beberapa komik yang mengungkap bahwa Batman memiliki kemampuan healing factor. Meski tidak secepat Deadpool atau Wolverine, tetapi dia bisa pulih dengan cukup cepat. Dia berhasil pulih setelah tubuhnya dihajar habis-habisan oleh Bane dan tubuhnya dipatahkan, sebelum akhirnya kembali bangkit tak lama setelah itu. Bahkan dia pulih cukup cepat setelah ditikam Joker. Yang jelas, Batman bisa pulih secara ajaib yang membuatnya bisa kembali normal. Sayangnya kekuatan ini tidak dimunculkan dalam film. Dan ketika Batman terluka, dia tidak bisa beraksi sama sekali.

Kekuatan Super

Beberapa bulan setelah perilisan game Injustice: Gods Amon Us, sebuah komik prekuel berjudul sama mengungkap bahwa Batman memiliki kekuatan super. Dalam Injustice Gods Among Us #8 – 12, setelah upaya Apokolips untuk menginvasi gagal, Superman berbagi teknologi Nano Kryptonian dengan Lex Luthor. Berkat kerjasama yang terjalin antara keduanya, pada akhirnya Lex Luthor berhasil menciptakan sebuah pil super 5-U-93-R, yang kemudian jatuh ke tangan Batman dan sekutunya. Dan setelah mengkonsumsi pil tersebut, kekuatan Batman meningkat ribuan kali lipat, yang memberikan kekuatan super. Dengan begitu Batman mampu disejajarkan dengan musuh kuat, dan setara dengan Superman dan Wonder Woman. Tentunya akan sangat menarik jika kekuatan ini dihadirkan dalam film.

Kekuatan Pengetahuan

Sebagai detektif terhebat di dunia, kecerdasan Batman menjadi senjata utamanya. Kalian bisa membayangkan jika Batman berhasil menemukan cara untuk mendorong kecerdasannya jauh melampaui pemahaman manusia. Inilah yang terjadi dalam peristiwa Darkseid War di komik DC. Untuk mempelajari cara melawan ancaman yang ditimbulkan Anti-Monitor, Batman mengambil kendali Mobius Chair yang dimiliki Metron. Dengan kursi tersebut, Batman berubah menjadi God of Knowledge alias Dewa Pengetahuan. Sesuai dengan namanya, Batman mengetahui segala macam ilmu pengetahuan. Batman bahkan dapat memprediksi hasil apapun dan menjawab pertanyaan apapun, termasuk identitas asli Joker.

Itulah dia Geeks beberapa kekuatan Batman yang sayangnya tidakĀ  dimiliki oleh Batman dalam film. Meski tanpa kekuatan super, tetapi Batman masih mampu menarik perhatian para penggemarnya berkat aksi-aksinya yang epik.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/