Sebagai penggemar film mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan karakter-karakter superhero maupun supervillain dari media raksasa seperti Marvel dan DC. Di mana sebagian besar karakternya digambarkan mempunyai super power luar biasa yang beragam dan saling bersaing satu sama lain. Namun, tahukah kalian bahwa dalam dunia perfilman Hollywood sendiri sebenarnya ada lebih banyak lagi film tentang super power yang tidak melulu tentang Marvel dan DC, di mana masing-masing karekternya punya keunggulan tersendiri. Inilah tujuh super power non Marvel-DC yang paling unik, Geeks!

Tetsuo – Akira

Tayang perdana pada tahun 1988, Akira adalah film animasi bergenre aksi cyberpunk yang kini telah mnejadi ikon pop culture di kalangan penggemar dunia. Dalam filmnya kita diperkenalkan pada seorang pemuda bernama Tetsuo yang ternyata memiliki super power karena sempat menjadi salah satu kelinci percobaan permerintah untuk eksperimen parapsikologi, cabang ilmu jiwa tentang hal-hal gaib. Hasilnya dia mulai mengembangkan super power non Marvel-DC terkait kemampuan psikis luar biasa. Selain telekinesis dan teleportasi, Tetsuo juga bisa menjadi monster daging raksasa yang mengguncang dunia.

Rita Repulsa – Power Rangers

Super Power Non Marvel-DC

Dalam sejarah waralaba Power Rangers, Rita Repulsa dikenal sebagai musuh terbesar Mighty Morphin yang selalu berusaha menguasai dunia dengan pasukan monsternya. Nah dengan latar belakang tersebut, ketika Rita kembali di film reboot Power Rangers (2017), cukup masuk akal jika dia diceritakan mempunyai super power baru yang lebih unik. Di mana super power non Marvel-DC ini memungkinkan Rita menyembuhkan semua lukanya hanya dengan memakan emas, serta memanipulasi logam dan batu sekaligus, baik untuk menciptakan pasukan monsternya ataupun sekadar mengguncang lempeng Bumi.

Paul Atreides – Dune

Super Power Non Marvel-DC

Belakangan ini mungkin baru mulai banyak penggemar yang menyadari keberadaan Paul Atreides di film Dune (2021). Faktanya dia adalah pemilik super power non Marvel-DC yang telah melakukan debutnya di novel sci-fi epik berjudul sama karya Frank Herbert pada tahun 1960-an. Baik di filmnya maupun di novel aslinya, Paul memang ditakdirkan untuk menjadi juru selamat yang dijuluki Lisan al Gaib dan Kwisatz Haderach. Artinya dia adalah sosok yang akan membawa para manusia menuju puncak kejayaan dan kebebasan di galaksi dengan deretan super power uniknya, seperti mampu melihat masa depan, mengontrol orang lain dengan suaranya, dan bergerak cepat dalam sebuah pertarungan.

Lucy Miller – Lucy

Lucy Miller adalah karakter utama dari film sci-fi penuh aksi berjudul Lucy (2014) yang mengusung premis tentang bagaimana jadinya jika seorang manusia mampu menggunakan kekuatan otaknya hingga 100%. Semuanya bermula ketika Lucy tidak sengaja menggunakan obat-obatan misterius yang meningkatkan kemampuan otaknya secara bertahap. Ketika mencapai puncak, di mana menurut Albert Einstein rata-rata manusia seharusnya hanya menggunakan 10% kemampuan otaknya, Lucy langsung mengembangkan super power non Marvel-DC yang disebut psikoniesis. Dengan kata lain dia menjadi sosok mahakuasa yang bisa memanipulasi ruang, waktu, bahkan realitas.

John – Mindscape

Super Power Non Marvel-DC

Rilis perdama pada tahun 2013, Mindscape adalah sebuah film thriller misteri yang di dalamnya terdapat satu karakter yang memiliki super power non Marvel-DC. Dia adalah John, seorang detektif yang tidak banyak orang tahu ternyata memiliki kemampuan unik untuk masuk ke dalam ingatan orang lain. Tidak hanya itu saja sebagai seorang detektif, John juga mempunyai kemampuan deduksi tajam yang sangat berguna ketika dia melakukan investigasi di dalam ingatan kliennya atau bahkan orang-orang yang dia curigai. Kombinasi kemampuan langka inilah yang membuat filmnya cukup menarik untuk kita saksikan.

Cole – Mortal Kombat

Super Power Non Marvel-DC

Ketika tahun 2021 Warner Bros berusaha membangkitkan kembali waralaba film Mortal Kombat yang diadaptasi dari game populer, para sineasnya mencoba memperkenalkan satu karakter yang sepenuhnya baru bernama Cole. Di mana dia digambarkan mempunyai super power unik non Marvel-DC yang memungkinkannya untuk menciptakan sebuah armor yang bisa menyerap damage serangan musuh dan mengembalikannya dalam bentuk energi yang mematikan. Meskipun awalnya Cole cukup kesulitan untuk membangkitkan kekuatan dalam dirinya yang disebut arcana, tetapi pada akhirnya dia mampu memaksimalkan super power unik tersebut untuk mengalahkan Goro yang ukurannya jauh lebih besar.

Art – Project Power

Super Power Non Marvel-DC

Super power unik terakhir yang ada di film non Marvel-DC adalah kekuatan alam yang dimiliki oleh karakter Art di film superhero Netflix yang berjudul Project Power. Di film ini Art diceritakan menjadi subjek uji coba obat Power yang dapat memberikan penggunanya super power sementara berbasis alam. Khusus untuk Art sendiri dia ternyata mendapatkan kekuatan supernya dari udang pistol yang bisa menembakan gelombang panas dari tubuhnya. Hubungan antara super power dan kekuatan alam yang baragam inilah yang membuat Project Power terasa unik jika dibandingkan kisah superhero lainnya.

Mulai dari kemampuan psikis luar biasa hingga kekuatan dari alam, tujuh super power di film non Marvel-DC ini membuktikan bahwa dunia superhero jauh lebih luas serta beragam dari sekadar semesta Superman dan Iron Man. Dengan pendekatan yang berbeda-beda, para karakter ini menawarkan perspektif segar tentang bagaimana super power dapat membangun kisah origin yang menarik. Dari semua pemilik super power ini mana yang menurut kalian paling menarik, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.