Otsutsuki Dimension atau dimensi Otsutsuki adalah tempat di mana Naruto dan Hinata diculik serta salah satu misteri besar dalam franchise Naruto. Klan Otsutsuki pertama kali muncul di akhir cerita Naruto Shippuden di mana diceritakan jika klan tersebut memiliki sejarah panjang dengan dunia shinobi. Klan Otsutsuki, dalam hal ini adalah Kaguya dan Hagoromo, adalah pencipta dunia shinobi.

Dengan kekuatan dahsyat yang mereka miliki, klan Otsutsuki menghadirkan konsep chakra yang kemudian berkembang dan melahirkan shinobi. Salah satu kekuatan dahsyat yang dimiliki oleh klan Otsutsuki adalah mereka memiliki sebuah dimensi tersendiri. Namun, hingga saat ini masih belum ada penjelasan yang konkrit mengenai apa sebenarnya dimensi tersebut di cerita Boruto.

Berbagai Dimensi Otsutsuki

Dimensi Otsutsuki sendiri pertama kali diperkenalkan dalam alur cerita Naruto shippuden. Dalam cerita tersebut, para fans diperkenalkan dengan dimensi miliki Kaguya Otsutsuki di mana Kaguya memiliki enam dimensi yang berbeda. Dimensi pertama adalah dimensi yang nampak seperti gunung berapi di mana orang-orang yang terjebak di dalamnya akan terperangkan di atas lahar panas.

Dimensi kedua memiliki perwujudan seperti padang pasir, dimensi ketiga memiliki perwujudan seperti larutan asam, dimensi keempat memiliki wujud seperti gunung es, dimensi kelima adalah dimensi misterius dengan banyak piramid kecil dan gaya gravitasi yang sangat ekstrim, dan terakhir adalah dimensi pegunungan di mana Kaguya biasanya menyerap chakra korban Infinite Tsukuyomi dan memulihkan dirinya.

Keenam dimensi Kaguya tersebut saling terhubung satu sama lainnya dan Kaguya bisa berpindah dari satu dimensi ke dimensi lain sesuka hati. Dan Otsutsuki yang kemudian sudah memperlihatkan dimensi miliknya adalah Isshiki Otsutsuki. Dimensi milik Isshiki ini muncul ketika Boruto mengirimkan Sasuke, Isshiki, dan Naruto ke sebuah tempat yang mirip padang pasir.

Kemudian, Isshiki juga memiliki dimensinya sendiri di mana dia menyimpan kotak-kotak hitam yang sewaktu-waktu bisa dia panggil atau gunakan untuk mengalahkan musuhnya dengan teknik Sukunahikona dan Daikokuten. Saat ini, Kawaki yang diketahui bisa mengakses dimensi Isshiki tersebut setelah kematian sang Otsutsuki. Hal ini karena Kawaki memiliki kekuatan Karma milik Isshiki.

Di sisi lain, dimensi Isshiki ini pun dijadikan tempat untuk menyembunyikan Hinata dan juga Naruto demi memuluskan rencana yang Kawaki persiapkan. Dimensi Isshiki ini bisa kita lihat ketika Kawaki menculik Hinata dan Naruto sebelum timeskip, serta yang paling baru adalah di chapter 1 Boruto: Two Blue Vortex yang bersetting pasca timeskip.

Dimensi Otsutsuki Lain

Selain dimensi Kaguya dan Isshiki, Otsutsuki juga memiliki dimensi lainnya. Contohnya adalah dimensi misterius yang muncul di awal cerita Boruto. Dimensi ini muncul ketika Sasuke mencari tahu tentang siapa sebenarnya Momoshiki serta mencari tahu lebih lanjut tentang petunjuk klan Otsutsuki. Sasuke diperlihatkan berada di sebuah dimensi Otsutsuki yang sangat misterius.

dimensi otsutsuki naruto

Dalam dimensi tersebut terdapat sebuah tempat yang sangat besar mirip seperti arena pertarungan. Di sana juga terdapat tablet atau ukiran besar yang nampak seperti sebuah simbol, yang lagi-lagi sangat misterius. Ada enam tablet yang muncul dalam dimensi tersebut dan dua diantaranya sudah hancur. Banyak fans menduga jika tablet tersebut menggambarkan Otsutsuki yang sudah muncul di bumi.

Dimensi Otsutsuki lainnya dalam cerita Boruto diperlihatkan ketika sosok Jigen dan organisasi Kara mulai diperkenalkan. Dimensi Otsutsuki ini menjadi tempat bagi Isshiki untuk menyembunyikan Jyuubi alias monster berekor sepuluh. Saat itu, Code yang diberi tugas untuk menjadi penjaga Jyuu dalam dimensi tersebut. Tetapi, kini Code memiliki akses untuk keluar masuk dimensi tersebut.

Pasca kekalahannya dari Eida dimensi ini bahkan jadi tempat persembunyiannya dan juga Bug. Code bahkan menyiapkan pasukan Jyuubi dalam dimensi ini, yang kemudian pasukan Jyuubi tersebut muncul di chapter 1 Two Blue Vortex. Diperlihatkan jika pasukan Jyuubi tersebut menyerang Konoha sebelum diserang oleh Sarada dan Kawaki.

Informasi Dimensi Otsutsuki

Meskipun belum ada penjelasan konkrit mengenai hal ini, namun Masashi Kishimoto sudah memberikan beberapa petunjuk dan informasi penting mengenai dimensi Otsutsuki dalam franchise Naruto. Pertama, dimensi misterius menjadi tempat di mana para Otsutsuki bisa melakukan apa pun yang mereka inginkan. Mereka yang terjebak dalam dimensi itu tidak akan bisa melakukan lolos.

Para Otsutsuki itu pun akan bisa mengendalikan semuanya sesuai dengan keinginan mereka, karena semuanya dikendalikan oleh pemilik dimensi tersebut. Kedua, untuk bisa mengakses dimensi Otsutsuki ini ada beberapa cara. Selain memang diberikan akses oleh Otsutsuki tersebut, seperti yang terjadi kepada Code, mereka perlu Doujutsu khusus yang berasal dari segel Karma seperti yang terjadi kepada Boruto dan Kawaki.

dimensi otsutsuki naruto

Bisa juga, seseorang menggunakan Doujutsu Rinnegan seperti yang dilakukan oleh Sasuke saat mengakses dimensi Otsutsuki tersebut. Ketiga, dalam dimensi Otsutsuki semua hal yang terjadi di dunia nyata tidak berlaku. Mereka yang terjebak atau yang berada dalam dimensi tersebut tidak akan bertambah usia, merasakan lapar dan haus, dan pergerakan waktu pun berhenti.

Hal ini diungkapkan oleh Kawaki ketika dia menculik Hinata dan juga Naruto. Juga, Isshiki pernah menjelaskan mengenai hal tersebut ketika membahas Sukunahikona dan Daikokuten dalam pertarungan melawan Kashin Koji. Kishimoto kemungkinan masih akan menghadirkan atau memperkenalkan dimensi Otsutsuki lainnya dalam cerita yang akan datang, jadi kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.