Shanks merupakan salah satu karakter terkuat dalam cerita One Piece, namun ada beberapa hal dari sosok Shanks yang dianggap sebagai kelemahan. Dari apa yang dihadirkan dalam alur cerita One Piece sejauh ini, rasanya tidak banyak orang atau karakter yang mampu untuk menandingi level kekuatan Shanks. Banyak karakter terkuat bahkan mampu ditandingi oleh Shanks.

Contohnya adalah Whitebeard yang berhasil ditahan serangannya dengan mudah. Bahkan, Kaido pun berhasil dikalahkan meskipun tidak diperlihatkan seperti apa pertarungannya. Hal ini pun membuat banyak fans penasaran mengenai apakah Shanks memiliki kelemahan. Dan sebagian fans menganggap jika Eiichiro Oda sudah menghadirkan kelemahan dari Shanks dalam ceritanya. Apa itu?

Kekuatan Shanks

Meskipun tidak ada hal yang mengonfirmasi hal ini,namun dari apa yang sering diperlihatkan oleh Oda Sensei tentang sosok Shanks bisa disimpulkan jika dia merupakan salah satu sosok terkuat di series One Piece. Sosok Shanks diketahui memiliki dua kekuatan dahsyat, yaitu kemampuan berpedang dan kemampuan untuk mengendalikan Haki.

Untuk kemampuan berpedang dari Shanks, kita memang jarang sekali melihat sosok Shanks bertarung dan menggunakan pedangnya. Hanya ada tiga momen Shans menggunakan pedangnya sejauh ini. Pertama, ketika dia menghadang serangan dari Whitebeard. Kedua, adalah ketika dia menahan serangan Akainu dalam perang besar di Marineford. Ketiga, ketika dia menyerang Eustass Kid dan kelompoknya dan menghancurkannya dengan hanya satu serangan.

Sedangkan, untuk kemampuan Hakinya menjadi kemampuan yang paling banyak diperlihatkan dalam cerita. Bahkan, kemampuan dari Shanks sudah diperlihatkan sejak awal cerita One Piece di mana dia menggunakan Conqueror Haki untuk mengusir monster laut yang memakan tangannya. Di akhir arc Wano kemarin juga diperlihatkan bagaimana Shanks menggunakan kemampuan Conqueror Hakinya yang sangat luar biasa. Kekuatan Haki tersebut bahkan membuat seorang admiral tidak berdaya.

Dalam chapter 1079 kita diperlihatkan bagaimana Shanks ternyata juga menguasai level tertinggi dari Observation Haki. Ini membuatnya bisa melihat apa yang terjadi pada masa depan, seperti yang terjadi kepada Kid. Kita masih belum tahu apalagi kekuatan dahsyat yang dimiliki oleh Shanks sejauh ini. Namun, yang jelas adalah dengan kekuatan tersebut wajar jika Shanks dianggap sebagai salah satu karakter terkuat di series One Piece.

Kelemahan Yang Sudah Dihadirkan

Seperti yang disebutkan di atas, dengan kedahsyatan yang dimiliki oleh Shanks tentunya banyak Geeks yang penasaran tentang apakah Shanks memiliki kelemahan. Untuk saat ini, memang masih sulit untuk menerka apa yang kemudian menjadi kelemahan besar dari Shanks. Dari apa yang sudah Oda hadirkan sejauh ini dalam ceritanya sosok Shanks memiliki keunggulan dari hampir segala sisi.

Dari segi fisik, Shanks memang tidak memiliki kekuatan fisik yang besar seperti pengguna buah iblis Zoan. Namun, terbukti dia mampu menandingi kekuatan Whitebeard atau bahkan Kaido dengan memanfaatkan kekuatan Haki yang sangat luar biasa. Belum lagi, dia juga memiliki kemampuan berpedang yang sangat dahsyat yang membuat Shanks dikenal sebagai rival dari Mihawk.

Meskipun Shanks saat ini dianggap sebagai salah satu karakter terkuat di dunia One Piece, namun rasanya bukan berarti dia sama sekali tidak memiliki kelemahan. Kita bisa melihat dari beberapa karakter kuat seperti Kaido, Whitebeard, atau bahkan Big Mom di mana mereka memiliki kelemahan terlepas dari statusnya. Meskipun begitu, sebagian fans meyakini jika Oda sebenarnya sudah memperlihatkan beberapa kelemahan Shanks.

kelemahan shanks one piece

Kelemahan pertama adalah Shanks nyatanya bisa dilukai. Bagaimana Blackbeard mampu melukai wajah Shanks mengindikasikan bahwa dia ternyata bisa terluka atau dilukai. Tetapi, memang masih menjadi sebuah misteri bagaimana dan apa yang kemudian jadi penyebab Blackbeard mampu melukai Shanks. Apakah artinya Blackbeard juga menguasai Haki? Atau ada rahasia lainnya yang belum kita ketahui?

Sejauh ini, Oda belum pernah memperlihatkan bagaimana Blackbeard memiliki kekuatan Haki. Namun, bisa jadi sebenarnya Blackbeard memiliki kemampuan Haki yang sangat dahsyat yang tidak kalah dibanding Shanks. Sosok Blackbeard memang penuh dengan teka-teki termasuk juga kekuatannya. Mudah-mudahan saja Oda Sensei akan menghadirkan informasi mengenai hal ini.

Kelemahan Lain Yang Sudah Dihadirkan

Di awal cerita diperlihatkan bagaimana Shanks mengorbankan lengannya demi menolong Luffy dari sosok monster laut. Meskipun kemudian dalam ceritanya sejauh ini Shanks memang tidak mengalami masalah dengan satu lengan, seperti yang diperlihatkan saat menghadapi Whitebeard, Kaido, Akainu, dan Kid, namun di satu sisi hal ini bukan mustahil jadi kelemahan Shanks yang sudah muncul dalam cerita.

Kehilangan sebagian lengan tersebut juga bisa jadi membuat Shanks harus kehilangan separuh kemampuannya. Bukti nyata dari hal ini adalah bagaimana Dracule Mihawk memutuskan untuk tidak lagi berusaha bertarung atau mengalahkan Shanks semenjak dia mengetahui jika rivalnya tersebut harus kehilangan sebagian lengannya. Artinya mihawk tahu jika Shanks sudah kehilangan “separuh” kekuatannya.

kelemahan shanks one piece

Dengan kehilangan sebagian dari kekuatannya bukan hal mustahil juga jika Shanks akan kerepotan ketika menghadapi musuh dengan hanya menggunakan satu tangan saja. Selain dari apa yang sudah dihadirkan oleh Oda dalam ceritanya, mungkin Shanks memiliki kelemahan yang belum kita ketahui. Misalnya, ada kekuatan tertentu yang bisa membuat Shanks tidak mampu berbuat banyak.

Bisa jadi juga ada kemampuan buah iblis tertentu yang sanggup untuk mengalahkan kedahsyatan Haki dari Shanks. Jadi, pada intinya, para fans meyakini jika Oda Sensei sudah memberikan petunjuk mengenai hal yang mungkin adalah kelemahan dari Shanks di cerita One Piece. Di sisi lain, ada kemungkinan Shanks juga memiliki kelemahan lainnya yang akan diungkap dalam alur cerita selanjutnya. Kita nantikan saja kelanjutannya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.