Sosok Kang The Conqueror kemunginan akan jadi sosok yang ciptakan incursion dalam cerita di film Avengers: Secret Wars. Bagaimana kemudian hal itu bisa terjadi? Pasca kekalahan Thanos di Phase 3 Marvel Cinematic Universe, banyak fans penasaran dengan siapa karakter selanjutnya yang akan jadi villain utama di Phase setelahnya. Setelah banyak spekulasi yang muncul, akhirnya Marvel Studios resmi memperkenalkan sosok Kang.

Karakter Kang memang pertama kali muncul di film Ant-Man and the Wasp: Quantumania. Namun, salah satu variannya, He Who Remains, sudah muncul lebih dahulu di series Loki musim perdana. Dan berbicara mengenai Kang, terdapat sebuah teori menarik yang menyebutkan jika sang penjelajah waktu tersebut akan ciptakan Incursion di film Secret Wars yang akan datang.

Ancaman Kang

Jagat sinematik Marvel akhirnya resmi memperkenalkan Kang the Conqueror sebagai sosok yang sangat jahat dan mengerikan setelah sosoknya tidak terkalahkan di film Quantumania. Namun, di akhir filmnya, nampak sangat jelas jika Multiverse Saga akan jadi sesuatu yang berbeda dibandingkan Saga sebelumnya. Cerita akhir dari film tersebut juga menghadirkan banyak sekali kemungkinan masa depan bagi MCU.

Dari apa yang ditunjukan dalam film Quantumania bisa disimpulkan jika Kang yang muncul di film tersebut bukan sesuatu yang berbahaya jika dibandingkan dengan ancaman dari berbagai varian Kang lainnya seperti yang muncul dalam mid-credit dan post-credit scene. Kang dan berbagai variannya tersebut – yang kemudian dikenal dengan Council of Kangs – juga akan menghadirkan ancaman serius bagi MCU dan Avengers.

kang secret wars

Terdapat sebuah teori menarik yang berkaitan dengan Kang. Menurut teorinya, karakter populer dan kuat seperti Doctor Strange, Loki, Scarlet Witch, dan bahkan America Chavez akan jadi karakter yang paling rentan untuk diserang oleh Kang. Hal ini dikarenakan koneksi multiversal mereka. Jika kemudian teorinya benar, maka Kang yang muncul di film Quantumania sebenarnya merupakan versi baik dari Kang.

Dia kemungkinan diasingkan oleh para varian Kang yang jahat yang muncul di mid-credit scene. Sosok Kang yang baik tersebut bahkan mengakui sendiri dalam filmnya jika dia memang dibuang ke Dunia Quantum. Namun, mengapa kemudian para Council of Kang atau Kang yang jahat tersebut mengincar hanya beberapa nama Avengers saja?

Incursion di Secret Wars

Karena film Quantumania akan terhubung dengan peristiwa yang terjadi di film Avengers: Secret Wars yang akan datang dan terdapat petunjuk terkait hal tersebut, teorinya menyebutkan jika Kang yang jahat itu harus menghabisi beberapa Avengers tersebut sehingga berbagai universe yang ada akan bisa menyatu dan membentuk sebuah dunia yang baru yang dikenal dengan nama Battleworld.

Hal ini akan sesuai dengan apa yang terjadi di komiknya. Dalam cerita komik Secret Wars yang rilis pada 2015, diperlihatkan jika multiverse Marvel akhirnya harus hancur oleh berbagai peristiwa incursion. Sisa-sisa dari berbagai universe yang hancur akibat incursion kemudian menyatu menjadi sebuah dunia baru yang kemudian dikenal dengan nama Battleworld.

Banyak dari Geeks yang mungkin tidak setuju jika Loki kemudian jadi salah satu target dari Kang, karena dia bukanlah Nexus being atau karakter yang memiliki kekuatan dahsyat serta posisi penting di alam semesta Marvel. Namun, dalam series Loki diperlihatkan jika dia saat ini memiliki peranan yang sangat penting dalam ceritanya. Keterlibatannya dengan pihak TVA yang ditambah dengan kepribadiannya yang sangat meragukan dan tidak menentu bisa menghancurkan rencana besar Battleworld yang sudah dibangun oleh Council of Kangs. Tentunya, mereka tidak ingin hal itu terjadi.

kang secret wars

Hal ini juga yang membuat para Council of Kangs tersebut mengincar nyawa para Avengers di atas. Doctor Strange, Scarlet Witch, dan America Chavez adalah karakter yang memiliki kemampuan untuk mengubah atau memengaruhi realita yang ada. Strange melakukan hal ini di film Spider-Man: No Way Home, sedangkan Scarlet Witch melakukannya di series WandaVision serta film Doctor Strange seperti halnya America Chavez.

Jadi, kesimpulannya, Council of Kangs akan ciptakan berbagai peristiwa incursion di multiverse Marvel dengan tujuan untuk membentuk Battleworld di film Avengers: Secret Wars mendatang. Untuk mewujudkan hal tersebut, para Kang tersebut harus menghabisi nyawa beberapa karakter seperti Loki, America Chavez, Doctor Strange, dan Scarlet Witch. Mengapa? Hal ini karena mereka memiliki kemampuan untuk merubah atau memanipulasi realita.

Mengingat jika filmnya sudah dipersiapkan oleh Marvel, menarik untuk kemudian menantikan apakah para karakter tersebut akhirnya memang benar-benar tewas atau justru mampu untuk bertahan dan para Kang itu menggunakan cara lain untuk ciptakan incursion yang kemudian berujung pada terciptanya Battleworld. Kita nantikan saja jawaban dari hal ini pada film Avengers: Secret War pada 2026 mendatang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.