Sudah lewat empat tahun sejak para superhero MCU terlihat bersama di Avengers: Endgame. Namun kita masih harus menunggu sekitar tiga tahun lagi sampai mereka kembali di Avengers: The Kang Dynasty (2026). Itupun masih permulaan, karena kisah Multiverse Saga rencananya baru akan berakhir dengan Avengers: Secret Wars (2027) yang tayang setahun kemudian. Sekarang di tengah penantian yang panjang tersebut Marvel Studios dikabarkan akan menjadikan Secret Wars sebagai foft reboot MCU.

Pertama kali diumumkan pada tahun 2022 dalam acara San Diego Comic-Con, judul Avengers: Secret Wars sendiri terinspirasi dari peristiwa komik ikonis berjudul sama tahun 2015. Di mana premisnya bermula dengan kehancuran Marvel Universe dan banyak semesta alternatif Marvel lainnya, kemudian dilanjut dengan bergabungnya seluruh dunia menjadi sebuah planet baru yang disebut Battleworld. Meskipun banyak penggemar yang percaya bahwa kisah komik tersebut akan diadaptasi juga ke MCU, tetapi tidak pernah ada yang menyangka bahwa filmnya akan menjadi akhir dari segalanya.

Avengers Secret Wars

Baru-baru ini menurut insider MyTimeToShineHello, film Avengers: Secret Wars dikabarkan akan menjadi soft reboot untuk seluruh jagat sinema MCU. Film keenam Avengers ini dimaksudkan untuk menjadi akhir tidak hanya bagi MCU saja, tetapi juga seluruh multiverse Marvel yang telah menemani penggemar selama puluhan tahun lamanya. Seperti semesta trilogi Spider-Man Tobey Maguire, Fox-Verse dengan X-Men beserta seluruh karakter yang ada di dalamnya, semesta alternatif Marvel lainnya.

Nantinya setelah keseluruhan multiverse Marvel diceritakan hilang, hancur, atau apa pun metodenya, jagat sinema MCU yang baru akan terlahir dengan konsep yang sepenuhnya baru dan berbeda. Bukan hanya kisahnya saja yang baru, tetapi juga karakternya. Di mana beberapa karakter live action ikonis yang selama ini kita kenal, misalnya Iron Man dari Robert Downey Jr, Captain America dari Chris Evans, Thor dari Chris Hemsworth, dan sebagainya, mungkin akan di-casting ulang dengan para aktor baru yang lebih muda.

Perlu kita catat bahwa sampai berita ini dirilis, Marvel Studios masih belum mengeluarkan pernyataan resminya. Namun mengingat para aktor dan sineas di kehidupan nyata yang terus menua, tidak seperti karakter fiksi di dunia Marvel, cukup masuk akal jika Avengers: Secret Wars dimaksudkan untuk menjadi soft reboot MCU yang telah berjalan selama belasan tahun. Kita lihat saja nanti seperti apa kebenarannya ya, Geeks. Film Avengers: Secret Wars sendiri saat ini dijadwalkan untuk tayang di bioskop pada 7 Mei 2027.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.