Dalam industri perfilman Hollywood yang sangat besar dan beragam, tema fiksi tidak selalu menjadi fokus utama dari film-film yang sukses di pasaran. Pada kenyataannya banyak juga sineas yang tertarik untuk mengangkat misteri di kehidupan nyata karena tema tersebut sering kali memberikan dampak yang kuat pada imajinasi manusia. Saking mengguncangnya misteri nyata, ketika diangkat menjadi sebuah film biasanya akan berhasil memukau para penonton. Nah untuk itu mari kita bahas tujuh film mengerikan yang ternyata diadaptasi dari misteri dunia nyata yang belum terpecahkan hingga saat ini!

The Town That Dreaded Sundown (1976)

film misteri belum terpecahkan

Mengusung genre slasher, The Town That Dreaded Sundown dari sutradara Charlie B. Pierce ternyata terinspirasi dari misteri nyata yang sampai hari ini belum terpecahkan. Di mana produksinya sendiri dilakukan di area pembunuhan terkenal tahun 1946 bersama para penduduk lokal yang menjadi pemeran pendukungnya. Ceritanya sendiri didasarkan pada kisah nyata penduduk Texarkana yang pernah mengalami teror mengerikan karena seorang pembunuh misterius berkeliaran di kota mereka. Meskipun pembunuh tersebut telah membunuh lima orang dan melukai delapan lainnya, sampai hari ini tidak ada yang tahu secara pasti siapa yang bertanggung jawab atas tindakan keji tersebut.

Mesmerized (1986)

film misteri belum terpecahkan

Digarap oleh sutradara Michael Laughlin serta dibintangi oleh Jodie Foster dan John Lithgow, Mesmerized merupakan sebuah film drama yang terinpirasi dari misteri nyata yang belum terpecahkan tentang kasus Pimlico. Kasus aneh di sebuah distrik London ini ditandai dengan kematian seorang pria bernama Edwin Bartlett akibat racun yang merusak tenggorakan dan perutnya. Meskipun istri Bartlett yang bernama Adelaide langsung ditangkap dan dituduh telah menghabisi nyawa suami, tetapi sampai hari ini masih banyak yang percaya bahwa dia hanyalah kambing hitam dari sebuah kasus yang sulit diungkap.

From Hell (2001)

Siapa yang tidak tahu Jack the Ripper? Pembunuh berantai di London yang eksis pada abad ke-19 ini sampai sekarang belum pernah terungkap identitas aslinya. Nah film From Hell yang disutradarai oleh Hughes Bersaudara dan dibintangi Johnny Depp ini mencoba mengeksplor lebih jauh misteri yang belum terpecahkan terkait Jack the Ripper. Di mana sang pembunuh berantai telah menghabisi lima wanita tuna susila di distrik Whitechapel, London, sampai akhirnya menjadi legenda. Sebuah surat misterius berjudul ‘From Hell’ yang berisi sebuah ginjal dan diduga kuat ditulis oleh Jack, lantas menjadi salah satu premis utama di filmnya.

The Black Dahlia (2006)

film misteri belum terpecahkan

The Black Dahlia adalah film neo thriller dari sutradara Brian De Palma yang dibintangi oleh Josh Hartnett, Scarlett Johansson, dan Aaron Eckhart. Sesuai dengan judulnya, film ini didasarkan pada novel karya James Ellroy yang terinspirasi dari kasus Black Dahlia, sebuah misteri nyata yang sampai sekarang masih belum terpecahkan. Pada tahun 1947 seorang wanita bernama Elizabeth Short yang ingin menjadi aktris terkenal di Hollywood malah ditemukan tewas termutilasi dan menjadi headline populer berjudul Black Dahlia. Meskipun banyak dugaan, tetapi sampai hari ini pembunuhnya tidak pernah ditemukan dan diadili.

Zodiac (2007)

film misteri belum terpecahkan

Dibintangi oleh Jake Gyllenhaal, Robert Downey Jr, dan Mark Rufallo, film Zodiac yang disutradarai oleh David Fincher mengadaptasi misteri nyata yang sampai hari ini belum terpecahkan, yaitu kasus Zodiac Killer. Di Amerika sendiri khususnya di California, Zodiac dikenal sebagai pembunuh berantai misterius tahun 1970-an yang sengaja menantang polisi dan media setempat. Nah di film ini kita diajak untuk turut merasakan frustrasi saat mencari tahu siapa identitas asli di balik Zodiac Killer. Faktanya sampai hari ini kasusnya masih dibuka karena pembunuhnya masih belum ditemukan.

The Strangers (2008)

film misteri belum terpecahkan

The Strangers adalah film horor thriller dari Bryan Bertino yang mengambil inspirasi dari misteri nyata tentang pembunuhan Manson dan buku kriminal nyata Helter Skelter yang sampai hari ini kasusnya belum terpecahkan. Di mana pada tahun 1981, Glenna Sharp bersama dua anaknya dan seorang temannya dibunuh dengan kejam saat mereka tengah menghabiskan malam di sebuah kediaman pribadi di California yang terisolasi dari dunia luar. Pada saat itu yang menjadi tersangkanya adalah Martin Smartt dan John Boubede, tetapi mereka meninggal sebelum dilakukan penyelidikan, membuat kasusnya makin samar dan tidak pernah terungkap sampai hari ini.

The Irishman (2019)

Tayang secara eksklusif di Netflix, The Irishman adalah film dari sutradara Martin Scorsese yang mengusung genre drama kriminal. Salah satu premisnya ternyata mengambil inpirasi dari misteri yang sampai hari ini belum terpecahkan, yaitu kasus Hoffa. Di Amerika Hoffa terkenal sebagai pemimpin serikat buruh terkemuka yang menghilang sejak tahun 1975 dan tubuhnya tidak pernah ditemukan hingga sekarang. Pada tahun 2004, sempat beredar kabar bahwa Hoffa dibunuh atas perintah keluarga kriminal Bufalino karena dia berpotensi membocorkan sebuah kejahatan besar. Namun kabar tersebut terus menggantung karena tidak ada konfirmasi resmi baik dari keluarga maupun penyelidik setempat.

Itulah tujuh film berdasarkan misteri dunia nyata yang sampai hari ini masih belum terpecahkan. Film-film ini tidak hanya menyuguhkan ketegangan dan kengerian, tetapi juga mengingatkan kita bahwa di dunia ini masih banyak misteri yang seiring dengan berjalannya waktu terus terkubur makin dalam karena tidak ada yang bisa menguaknya. Kesimpulannya walaupun kita sering terhibur dengan kisah-kisah fiksi, film tentang misteri dunia nyata seperti ini entah bagaimana selalu punya daya tarik yang sulit untuk dijelaskan.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.