Secara keseluruhan industri film di seluruh dunia telah menghasilkan banyak sekali karya besar yang mengubah cara kita melihat dunia hiburan. Di balik setiap karya-karya tersebut terdapat sejumlah sutradara yang memiliki kemampuan istimewa untuk menciptakan daya tarik tersendiri di layar lebar. Tidak jarang para sutradara inilah yang kemudian terus-menerus menghasilkan karya menarik lainnya sampai akhirnya benar-benar dipercaya oleh banyak penggemar. Seperti delapan sutradara jenius yang akan kita bahas kali ini, di mana mereka memiliki catatan gemilang karena tidak pernah menghasilkan film yang jelek.

Stanley Kubrick

sutradara jenius

Meskipun Stanley Kubrick telah meninggal dunia pada tahun 1999 silam, tetapi karya-karyanya bisa dibilang masih mampu menghibur banyak penggemar di seluruh dunia. Sebagai sutradara jenius yang memulai kariernya sejak tahun 1951, Kubrick dikenal dengan ciri khasnya yang selalu menghadirkan visual cerah demi menonjolkan kualitas yang lebih modern pada masanya. Terlepas dari apa pun genre filmnya, entah itu sci-fi seperti 2001: A Space Odyssey, misteri seperti The Shiningatau film kejahatan seperti A Clockwork Orange, Kubrick bisa dibilang tidak pernah menghasilkan tontonan yang buruk.

James Cameron

sutradara jenius

Memang tidak semua karya awal dari sutradara yang debut pada tahun 1978 adalah film original buatannya, beberapa di antaranya justru mengambil atau melanjutkan ide dari orang lain. Misalnya The Terminator yang menurut James Cameron sendiri telah mencuri ide dari penulis Harlan Ellison, atau Aliens yang bertindak sebagai sekuel dari film Alien karya sutradara Ridley Scott. Namun, tidak bisa kita mungkiri juga bahwa Cameron adalah salah satu sutradara jenius di Hollywood yang selalu tahu cara menggugah selera para penontonnya. Sampai hari ini hampir semua karyanya sukses, baik secara finansial maupun respons dari penggemar, termasuk The Abyss, Titanic, dan waralaba Avatar.

Hayao Miyazaki

sutradara jenius

Tidak hanya Hollywood saja yang mempunyai deretan sutradara jenis, Jepang juga punya Hayao Miyazaki yang sudah dikenal secara luas sebagai pendongeng sekaligus pencipta film anime Jepang yang sangat andal. Banyak sekali penggemar film di seluruh dunia yang mengakui co-founder Studio Ghibli ini sebagai Bapak Anime yang karya-karyanya selalu sukses di pasaran. Miyazaki sendiri pertama kali memulai karier film layar lebarnya dengan The Castle of Cagliostro pada tahun 1979. Sejak saat itu banyak dari film animenya yang berhasil mengobok-obok perasaan para penontonnya, termasuk My Neighbor Totoro, Princess Mononoke, Spirited Away, Howl’s Moving Castle, dan Ponyo.

Quentin Tarantino

sutradara jenius

Debut pada tahun 1987, Quentin Tarantino adalah sutradara jenius selanjutnya yang sejauh ini selalu berhasil memberikan tontonan brutal penuh nafsu, tetapi sangat menyenangkan dan tidak mudah untuk dilupakan. Sebut saja Pulp Fiction, Kill Bill, Inglorious Basterds, Django Unchained, The Hateful Eight, dan Once Upon a Time in Hollywood, yang semuanya selalu mendulang pujian dari para penggemar dan kritikus. Hal yang sama juga umumnya terjadi pada film-film lain yang naskahnya ditulis oleh Tarantino, seperti True Romance dan Natural Born Killers. Jika kalian sangat menyukai film berdarah-darah, maka bisa dibilang Quentin Tarantino adalah juru selamat bagi kalian di Hollywood.

J.J. Abrams

Saat ini J.J. Abrams memang sudah jarang mengambil posisi sebagai sutradara dan lebih memilih untuk menjadi produser dengan studio filmnya Bad Robot Productions. Walaupun begitu, hal tersebut tidak mengubah fakta bahwa di Hollywood sendiri dia adalah sutradara jenius yang hampir tidak pernah menghasilkan karya jelek sejak debutnya pada tahun 1990. Selain dikenal sebagai salah satu sutradara yang pernah terlibat dalam waralaba Star Wars dan Star Trek sekaligus, karya-karya sci-fi lainnya dari Abrams juga sangat layak untuk kita tonton, termasuk Cloverfield dan Super 8. Di luar genre sci-fi, dia juga pernah menggarap beberapa film Mission: Impossible yang berhasil membangkitkan waralabanya.

Park Chan-wook

sutradara jenius

Saat ini memang banyak sutradara Asia yang mulai terkenal di mata dunia, termasuk yang berasal dari negeri gingseng Korea Selatan. Nah di Korea sendiri tidak sedikit yang percaya bahwa saat ini urutan teratas untuk sutradara paling jenius dipegang oleh Park Chan-wook yang memulai debut filmnya pada tahun 1992. Park dikenal sebagai sutradara yang selalu menggabungkan kekerasan, humor kelam, dan bakat sempurna dari para aktornya untuk menciptakan karya-karya yang nyaris sempurna. Misalnya The Vengeance Trilogy yang terdiri dari film Sympathy for Mr. Vengeance, Oldboy, dan Lady Vengeance, serta tidak ketinggalan juga film drama sejarah seperti Joint Security Area dan The Handmaiden.

Wes Anderson

Terkenal dengan karya-karyanya yang punya visual khas serta sinematografi unik, Wes Anderson adalah sutradara jenius yang sudah tidak perlu kita ragukan lagi kemampuannya. Debut pada tahun 1996, Anderson telah menciptakan sejumlah film yang dikenal dengan ciri khasnya yang eksentrik, termasuk The Grand Budapest Hotel, Moonrise Kingdom, Fantastic Mr. Fox, dan yang terbaru Asteroid City. Karyanya sering ditandai dengan pengambilan komposisi gambar yang simetris, palet warna mencolok, serta karakter-karakter yang sederhana namun kompleks. Semua ciri khasnya tersebut telah menjadikan Wes Anderson sebagai salah satu sutradara paling diakui di industri perfilman Hollywood.

Christopher Nolan

sutradara jenius

Christopher Nolan adalah seorang sutradara jenius asal Inggris yang karya-karyanya dapat dengan mudah kita kenali dari gaya visual noirnya yang cukup kental serta ending filmnya yang penuh plot twist. Saat ini dia baru saja merilis film terbarunya yang bergenre biopic berjudul Oppenheimer, di mana banyak sekali bintang papan atas yang terlibat di dalamnya. Selain film biopic, Nolan yang melakukan debut sutradaranya pada tahun 1998 ini juga pernah merilis trilogi supehero The Dark Knight, film yang sarat dengan misteri seperti Memento dan The Prestige, kemudian film bergenre perang seperti Dunkirk, serta film sci-fi mindblowing seperti Inception dan Tenet.

Pada akhirnya kedelapan sutradara jenius ini bisa dibilang telah berhasil membuktikan kemampuan luar biasa mereka kepada dunia. Di mana hampir semua karya-karyanya dapat melampaui batas serta memberikan pengalaman sinema yang sangat mengesankan. Konsistensi mereka terhadap film-film berkualitas tinggi juga merupakan sebuah bukti konkret bahwa kejeniusan mereka dalam dunia perfilman sudah tidak terbantahkan lagi.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.