Dalam industri film khususnya Hollywood, kostum bukan hanya sekadar pakaian yang dikenakan oleh jajaran pemerannya saja, tetapi juga merupakan karya seni yang nilainya bisa sangat fantastis. Baik itu film tentang fesyen, maupun film bergenre superhero, tidak sedikit perusahaan produksi Hollywood yang berani mengeluarkan anggaran besar hanya untuk kostum-kostum ikonis yang dapat memberikan atmosfer mendalam terhadap alur ceritanya. Nah dalam artikel kali ini kita akan membahas tujuh film Hollywood yang layak menyandang predikat film dengan kostum termahal sepanjang sejarah. Check this out!

Breakfast At Tiffany’s (1961)

Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Truman Capote, Breakfast At Tiffany’s adalah film romansa komedi dari sutradara Blake Edwards yang menceritakan kisah tentang sorang wanita muda New York bernama Holly (Audrey Hepburn) yang ingin mencari pria kaya untuk dinikahi. Mengingat Hepburn sendiri dikenal sebagai model cantik yang berhasil mempopulerkan gaun hitam, tidak aneh jika filmnya masuk dalam kategori film dengan kostum termahal. Anggaran yang dikeluarkan untuk kostum, perhiasan, dan aksesoris di filmnya sendiri dilaporkan mencapai 2,5 juta dolar Amerika atau sekitar 38 miliar rupiah.

Hello Dolly! (1969)

Film jadul selanjutnya yang tercatat pernah mengeluarkan biaya kostum termahal dalah sejarah Hollywood adalah Hello Dolly!. Disutradarai oleh Gene Kelly, plot filmnya sendiri bercerita tentang seorang janda sosialita bernama Dolly Levi (Barbra Streisand) yang akhirnya diceritakan menjadi mak comblang bagi orang-orang di sekitarnya. Sebagai salah satu film musikal paling ikonis tahun 1960-an, Hello Dolly! terbilang sangat totalitas dalam menghadirkan setiap kostum dan pernak-pernik di filmnya. Bahkan dalam salah satu adegan paling ikonisnya, Barbra Streisand mengenakan sebuah gaun emas 14 karat bertabur kristal swarovski yang saat ini harganya bisa mencapai 55.000 dolar Amerika.

The Devil Wears Prada (2006)

kostum film termahal

Dari tahun 1960-an sekarang kita langsung lompat ke salah satu film tahun 2000-an yang yang tercatat memiliki deretan kostum termahal, yaitu The Devil Wears Prada. Film yang ditulis dan digarap langsung oleh David Frankel ini pada dasarnya bercerita tentang seorang jurnalis muda bernama Andy (Anne Hathaway) yang harus bekerja dengan editor majalah fesyen paling kejam bernama Miranda (Meryl Streep). Pengembangan kostum dan aksesoris di filmnya sendiri dilaporkan sampai melibatkan 100 desainer ternama yang pada akhirnya merogoh kocek hingga 1 juta dolar Amerika, termasuk untuk tas jinjing seharga 12.000 dolar dan mantel bulu seharga 40.000 dolar yang dipakai Meryl Streep.

Sex and the City 2 (2010)

kostum film termahal

Sex and the City 2 adalah film romansa komedi dari sutradara Michael Patrick King yang kembali menceritakan kisah Carrie (Sarah Jessica Parker), Samantha (Kim Cattrall), Charlotte (Kristin Davis), dan Miranda (Cynthia Nixon) yang sudah tidak lagi muda. Sama seperti series dan film pertamanya, Sex and the City 2 masih melibatkan desainer fesyen Particia Field yang berhasil membuat kostum dan aksesoris di filmnya tampak menonjol. Menurut laporan yang beredar, filmnya sampai berani mengeluarkan anggaran hingga 10 juta dolar hanya untuk kostum dan aksesorisnya saja. Hal inilah yang membuatnya menjadi salah satu film Hollwyood dengan kostum termahal sepanjang sejarah.

Crazy Rich Asians (2018)

kostum film termahal

Lagi-lagi mengusung genre romansa komedi, Crazy Rich Asians yang disutradarai oleh Jon M. Chu bisa dibilang adalah film dengan kostum termahal sepanjang sejarah. Alasannya sangat sederhana karena film tentang cinta Rachel (Constance Wu) dengan pria kaya ini menghadirkan banyak sekali kostum dan aksesoris dari merek ternama. Pengeluaran untuk perhiasan di filmnya saja diperkirakan mencapai 3 juta dolar Amerika, termasuk untuk menyewa keamanan swasta agar barang-barangnya tidak hilang. Di filmnya sendiri bahkan kita bisa melihat sebuah jam tangan Paul Newman Rolex Daytona yang harganya mencapai 500 ribu dolar atau sekitar 7,6 miliar rupiah.

Black Panther (2018)

kostum film termahal

Setelah melihat film-film drama yang memang erat dengan budaya fesyen, akhirnya kita masuk juga ke film superhero, tepatnya Black Panther yang menjadi bagian dari Marvel Cinematic Universe. Film yang menceritakan origin T’Challa (Chadwick Boseman) sebagai Black Panther sekaligus raja Wakanda ini memang bisa dibilang punya deretan kostum dan desain karakter paling fasionable dalam sejarah superhero. Di mana filmnya menampilkan beberapa aksesoris mahal termasuk sepatu bot Balmain dan mantel Burberry. Satu kostumnya saja diperkirakan bisa seharga 300 ribu dolar. Ditambah lagi untuk karakter utamanya saja desainer Ruth Carter sampai merancang sekitar 20 kostum berbeda.

Barbie (2023)

kostum film termahal

Barbie adalah film live action tentang boneka fesyen yang saat ini masih tayang di seluruh bioskop dunia. Film dari Greta Gerwig yang dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling ini dikabarkan telah mengeluarkan biaya besar-besaran hanya untuk promosi dan koleksi kostumnya. Pengeluaran film untuk kostum, wig, dan tata riasnya saja dilaporkan mencapai 7 juta dolar Amerkan, menjadikan Barbie sebagai salah satu yang film dengan kostum termahal dalam sejarah Hollywood. Dengan semua keberanian yang dilakukan oleh perusahaan film, para sineas, dan jajaran pemerannya, akhirnya Barbie berhasil menjadi salah satu film tersukses pada tahun 2023.

Itulah tujuh film Hollywood dengan biaya kostum termahal. Berdasarkan semua ini bisa kita simpulkan bahwa dalam dunia perfilman, kostum bukan hanya sekadar pakaian, tetapi juga ekspresi seni dan bahkan investasi yang mau tidak mau haris dilakukan demi menciptakan dunia sinematik yang nyata dan tak terlupakan. Bagaimana, Geeks, menurut kalian apakah biaya kostum yang dikeluarkan film-film ini pantas?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.