Superman adalah pahlawan super yang muncul dalam komik yang diterbitkan oleh DC Comics. Karakter ini diciptakan oleh penulis Jerry Siegel dan Joe Shuster, dan pertama kali muncul dalam Action Comics #1 pada tahun 1938. Superman memiliki banyak kemampuan super seperti kekuatan fisik yang luar biasa, kecepatan super, kemampuan terbang, penglihatan sinar-X, dan pendengaran super. Tetapi sebenarnya adalagi lebih banyak kemampuan atau kekuatan Superman yang diperlihatkan di komiknya, namun tidak ditampilkan dalam film. Lantas apa saja kekuatan Superman yang dihilangkan dari film?

Hipnotis

Di komik, Superman pernah beberapa kali menghipnotis orang lain. Contohnya dalam Actions Comics #41 yang rilis tahun 1941 dan Superman #3 tahun 1978. Meski jarang diperlihatkan tetapi Superman benar-benar bisa melakukan itu. Superman pernah menghipnotis Harold Morton, seorang psikolog jahat. Setelah Harold Morton berada dalam pengaruh Superman, Morton kemudian menyerahkan diri kepada polisi. Superman juga pernah menggunakan kekuatan hipnotisnya untuk mengalahkan seorang villain yaitu Spellbinder. Padahal Spellbinder juga memiliki kekuatan utama hiptonis. Superman juga mampu menghipnotis seluruh warga Metropolis yang menontonnya dari televisi, untuk menyelamatkan mereka dari kekuatan jahat.

Shapeshifting

Kemampuan berubah bentuk alias shapeshifting memang langka. Tidak semua karakter bisa melakukan itu. Disadari atau tidak, ternyata Superman memiliki kemampuan ini, yang diperlihatkan dalam komik Superman #45 yang rilis tahun 1940-an. Dalam komik tersebut Superman mengubah bentuknya menjadi alien berwarna putih bertelinga lancip. Superman melakukan itu dengan cara memanipulasi otot-otot di sekujur tubuhnya, sehingga bisa dibentuk sedemikian rupa menjadi mirip seseorang. Kemampuan ini memang jarang digunakan Superman dalam komiknya, dan tidak pernah diperlihatkan dalam filmnya. Mungkin dengan kemampuan ini, Clark Kent bisa dengan mudah menutupi identitasnya sebagai Superman.

Phasing

Phasing adalah kekuatan Superman yang bisa dia gunakan untuk menembus sebuah objek padat, misalnya tembok atau besi. Caranya, Superman akan melakukan getaran yang sangat cepat seperti sebuah frekuensi, sehingga molekul dalam tubuh Superman bisa melewati objek yang akan dilalui. Dengan phasing, Superman bisa menembus objek padat tanpa harus merusaknya. Dan mungkin kemampuan ini akan sangat berguna bagi Superman untuk melakukan misi infiltrasi. Dalam komik, dia memang beberapa kali menggunakan kemampuan ini. Tetapi di film, kita tidak pernah melihatnya. Mungkin karena Superman sudah sangat cepat, maka kemampuan phasing dihilangkan dari film.

Sinar Rekonstruksi

Sebenarnya kemampuan ini pernah diperlihatkan dalam film Superman IV – The Quest For Peace, tetapi kemudian dihilangkan di film-film Superman lainnya. Buat Geeks yang belum tahu, dengan kemampuan ini, Superman mampu mengembalikan semuanya ke keadaan semula. Misalnya mengembalikan gedung yang dihancurkan oleh villain ke bentuk semula, sebelum hancur. Superman pernah menggunakan kemampuan ini untuk mengembalikan tembok China yang sempat dihancurkan oleh musuhnya, sehingga bangunannya kembali ke bentuk semula. Jika saja dimunculkan lagi, mungkin kemampuan ini sangat berguna ketika Superman dan musuhnya bertarung di kota, dan disinilah kemampuannya berfungsi untuk membalikan kondisi kota yang hancur.

Berbahasa Universal

Nah berbeda dengan kemampuan yang berkaitan dengan otot dan hal dahsyat lainnya, kemampuan ini memang terlihat sederhana. Tetapi kemampuan ini sangat diperlukan ketika Superman berhadapan dengan alien jahat atau saat dia mengunjungi planet lain untuk diselamatkan. Dalam komik Superman bisa berbicara bahasa apapun, tanpa terkecuali. Itu berarti Superman bisa berbicara dengan ras alien manapun di seantero galaksi. Tetapi dalam film, kemampuan ini dihilangkan, dan Superman harus belajar untuk berkomunikasi tentang ras tertentu. Tidak diketahui apa yang membuat kemampuan ini dihapuskan dalam film.

Itulah beberapa kemampuan Superman yang dihilangkan dari film. Selama ini, kita hanya bisa melihat kemampuan “konvensional” dari Superman seperti mengeluarkan sinar laser dari matanya, pendengaran yang sangat tajam, dan beberapa kemampuan lainnya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/