Setelah sempat hiatus selama empat bulan, akhirnya series manga Boruto kembali di bulan ini dengan merilis chapter terbaru dan ada spoiler yang berkaitan dengan chapternya. Manga Boruto berhenti di chapter 80 sebelum Masashi Kishimoto memutuskan untuk hiatus terlebih dahulu selama empat bulan. Yang menarik adalah dalam manga terbaru ini alur ceritanya akan berbeda, karena chapter 81 akan menghadirkan momen pasca timeskip.

Sebelumnya, Konoha mengalami kekacauan setelah Kawaki melakukan aksi yang diluar nalar dengan menyerang Boruto yang dianggap sebagai ancaman karena di dalam tubuhnya terdapat sisa-sisa Momoshiki Otsutsuki. Belum lagi, dia menyembunyikan Naruto dan Hinata di sebuah dimensi dan menukar ingatan dari Boruto dengan bantuan dari Eida. Lalu, seperti apa chapter terbaru manga Boruto: Two Blue Vortex?

Spoiler Manga Boruto Chapter 81

Chapter terbaru dari manga Boruto ini diawali dengan memperlihatkan desain karakter baru dari sosok Uchiha Sarada. Nampak Sarada sudah jauh lebih dewasa dan mengenakan pakaian yang cukup terbuka dibalut dengan jaket berwarna hitam dan merah. Dalam narasinya disebutkan jika Konoha sudah mengalami momen luar biasa di masa lalu. Dan nampak Sarada berada di ruang Hokage dengan wajah yang tidak puas.

Sarada diketahui beradu argumen dengan Shikamaru yang nampak mengenakan jubah Hokage, yang artinya kemungkinan besar dia sekarang adalah Hokage di Konoha menggaantikan Naruto. Sarada mengatakan bahwa dia tidak setuju jika Boruto dianggap pengkhianat karena pada faktanya dia tidak bersalah dan bukan pengkhianat. Sarada kemudian mengatakan kepaa Shikamaru bahwa role model atau teladannya adalah Uzumaki Naruto dan bukan dia.

spoiler manga boruto

Momen kemudian bergeser yang memperlihatkan desain Kawaki pasca timeksip. Dia nampak berada di sebuah dimensi yang menjadi tempat di mana Naruto dan Hinata berada. Karena waktu berhenti di dimensi tersebut, Naruto dan Hinata nampak tidak bertambah tua. Kita kemudian melihat juga desain karakter baru dari Sumire. Sedangkan, Eida dan Daemon nampak tidak berubah sama sekali.

Sarada dan Sumire kemudian berbicara mengenai peristiwa ‘perubahan sejarah’ yang dia lakukan. Mereka juga bertanya apakah ada cara untuk bisa mengembalikan hal tersebut. Eida pun kemudian menjawab bahwa tidak ada cara untuk mengembalikan semuanya. Eida pun kemudian bertanya tentang bagaimana mereka bisa mengembalikan atau mendapat kembali ingatan dalam pikiran.

Kita kemudian melihat momen di mana Mitsuki berbincang dengan Kawaki. Nampak pakaian yang dikenakan oleh Mitsuki berbeda dari sebelumnya di mana semuanya serba hitam. Mitsuki nampak masih marah besar dan membenci “Boruto” serta ingin menghabisi nyawanya. Kawaki mengatakan jika Boruto tidak akan bisa lepas dari penglihatannya, sehingga dia tahu ketika Boruto ada di desa. Yang luar biasa, Kawaki sekarang bisa terbang seperti halnya para Otsutsuki lain.

Spoiler Manga Boruto 81 Lainnya

Setelah terakhir kali muncul sekilas saat bertemu dengan Daemon, Himawari kembali muncul di chapter terbaru ini. Himawari pun nampak sudah beranjak dewasa. Dia pun nampak berlatih dengan Chocho. Himawari memiliki tekad untuk menjadi lebih kuat. Himawari pun ragu jika Boruto adalah sosok yang jahat dan dia pun yakin jika Naruto sebenarnya masih hidup dan ada di suatu tempat.

spoiler manga boruto spoiler manga boruto

Menjelang akhir ceritanya, tensi kemudian meningkat di mana Konoha diserang oleh pasukan ekor sepuluh milik Code. Sarada berusaha untuk menghancurkan monster tersebut, namun mereka justru terus bertambah banyak. Code pun akhirnya kembali muncul. Meskipun penampilannya nampak sama, tetapi dia memiliki bekas luka sayatan juga di mata kirinya.

Dan di dua halaman terakhir manga, akhirnya kita melihat sosok Boruto yang nampak menggunakan jubah dan pedang milik Sasuke. Dia menghajar Code yang dianggap hendak menyerang Sarada. Sarada nampak terkejut dengan kemunculan Boruto. Sementara itu, Kawaki nampak sedikit terkejut juga dengan kemunculan Boruto dan mengatakan bahwa akhirnya dia muncul setelah sekian lama menghilang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.