Dalam semesta Transformers, kita dikenalkan dengan dua grup bernama Autobots dan Decepticon. Autobot memang digambarkan sebagai kubu baik, sementara Decepticon berada di sisi sebaliknya. Masing-masing dari kedua kubu tersebut juga memiliki karakter ikoniknya tersendiri, dimulai dari Bumblebee dan Optimus Prime yang berasal dari kubu Autobots, sementara Shockwave dan Megatron identik dengan Decepticon. Sebenarnya ada lebih banyak lagi karakter yang muncul dalam dunia Transformers, tetapi tidak semuanya dimunculkan dalam film live action Transformers. Lantas siapa saja Transformers yang belum pernah muncul di film?

Ultra Magnus

Ultra Magnus menjadi salah satu orang kepercayaan Optimus Prime. Bahkan di film animasinya, Ultra Magnus pernah didapuk sebagai pemimpin Autobots menggantikan Optimus Prime ketika dia menghilang. Ketika tidak lagi dalam mode bertarung, Ultra Magnus berubah bentuk menjadi sebuah truk biru. Sebagai tangan kanan Optimus Prime, tentu saja jangan anggap remeh kemampuan bertarungnya, karena dia seorang petarung yang superior dan ancaman serius bagi Decepticon. Sayangnya, kita tidak pernah melihat Ultra Magnus di film Transformers, meski dia akan sangat berguna dalam sebuah pertempuran besar.

Shrapnel

Meskipun Shrapnel adalah villain “kelas teri” dalam keseluruhan franchise Transformers, tetapi dia sangat terkenal sebagai anggota Insecticons, sebuah subgrup Decepticon yang pernah diperkenalkan. Menariknya, Shrapnel pernah muncul di komik kolaborasi Marvel dan Transformers dalam arc Return of Cybertron. Dalam bentuk serangga kumbang, Shrapnel dapat menghipnotis robot lain, dengan menyebarkan gelombang ultrasonik dari kepalanya. Meski karakternya sangat menarik dan memberikan warna baru bagi Decepticon, sayangnya karakter ini tidak pernah dimunculkan. Padahal dia bisa menjadi ancaman serius karena Shrapnel sering merusak sistem listrik di Bumi.

Hot Shot

Seperti namanya, Hot Shot adalah Autobot yang menjadi anggota tim Optimus Prime. Tetapi berbeda dari karakter lain karena Hot Shot tidak begitu berpengalaman. Sama seperti Bumblebee, Hot Shot bisa berubah menjadi mobil sport berwarna kuning cerah. Memang Hot Shot digambarkan sebagai Autobots remaja yang terlalu bersemangat dan selalu bernafsu. Tetapi itu menjadi nilai tambah ketika bertarung di medan tempur. Selain itu, Hot Shot juga sangat ingin belajar, sehingga membuatnya cepat berkembang. Meski karakternya sangat menarik, tetapi film Transformers tidak pernah menampilkan Hot Shot.

Metroplex

Metroplex bukan Autobots biasa, karena dia memiliki tubuh sangat besar, dan tidak bisa berubah menjadi kendaraan apapun. Yap, tubuhnya memang seukuran kota. Dia memang bisa berubah menjadi sebuah kota yang ditinggali para Autobots. Meskipun Metroplex sangat kuat, tetapi dia lamban dan tidak praktis. Diapun mengalami kesulitan ketika harus mengontrol tubuhnya untuk bergerak. Karena kesulitan bergerak, Metroplex bisa memanfaatkan wujud lainnya yang lebih kecil bernama Gun dan Slammer. Dan karena tubuhnya sangat besar dan sulit ditumbangkan, Decepticons jarang berani menyerang Metroplex.

Prowl

Prowl adalah salah satu dari sekian banyak Autobots yang mendedikasikan dirinya untuk melindungi Bumi dari ancaman Decepticons yang jahat. Prowl seringkali digambarkan sebagai robot berwujud mobil polisi. Dalam bentuk robotnya, Prowl memiliki kemampuan taktis dan strategis yang luar biasa, membuatnya ahli dalam perencanaan dan menyusun strategi. Prowl seringkali memainkan peran penting dalam mengarahkan tim Autobots dalam pertempuran melawan Decepticons. Ia juga dikenal sebagai karakter yang sangat menghargai peraturan dan disiplin, mencerminkan sifat seorang petugas polisi. Namun, terkadang sifat baik yang dimiliki membuatnya kaku dalam menghadapi situasi yang tak terduga.

Windblade

Sama seperti Arcee yang baru-baru ini muncul di Transformers: Rise of the Beasts, Windblade juga merupakan Autobot wanita. Namun dia belum pernah muncul di film. Sesuai dengan namanya, Arcee sangat ungul dalam pertempuran di udara. Pasalnya, dia dapat berubah menjadi pesawat tempur VTOL. Selain itu, Windblade juga mampu menggunakan pedang sebagai senjata utama. Adalagi kemampuan lainnya yang tergolong unik, karena Windblade dapat berbicara dengan Metrotitan yang tidak aktif. Penampilannya pun sangat menarik, karena dia memadukan unsur futuristik dan elemen tradisional Jepang.

Inferno

Inferno pertama kali diperkenalkan pada tahun 1985 dalam seri Transformers generasi pertama. Dia biasanya digambarkan sebagai salah satu Autobots yang berubah menjadi truk pemadam kebakaran. Dalam bentuk robot, ia memiliki kemampuan dan peralatan yang terkait dengan tugas pemadaman kebakaran. Karakter ini dikenal karena kepribadiannya yang kuat, sikapnya yang berani, dan komitmennya dalam melindungi teman-temannya dari ancaman Decepticons. Ia seringkali berada di garis depan dalam pertempuran dan selalu siap untuk memberikan bantuan kepada rekan-rekan Autobots.

Itulah para Transformers yang sayangnya belum pernah muncul dalam film. Meski masing-masing dari mereka sangat menarik, tetapi mereka tidak pernah dihadirkan. Di antara para karakter tersebut, mana yang menjadi favorit kalian Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/