Dalam jagat sinema superhero MCU telah terjadi banyak sekali peristiwa luar biasa. Di mana sebagian besarnya menceritakan perjuangan para superhero dalam melawan ancaman-ancaman mengerikan. Dengan banyaknya peristiwa yang mengancam jiwa, kematian telah menjadi bagian tak terpisahkan dari MCU sendiri. Misalnya saja di series What If yang menceritakan kematian hingga ratusan miliar jiwa karena amukan Infinity Ultron. Nah itu untuk series, bagaimana dengan film khususnya yang terjadi di semesta utama? Berikut adalah tujuh film MCU dengan kematian terbanyak sejauh ini!

Avengers: Age of Ultron (2015)

Pada urutan ketujuh untuk film MCU dengan kematian terbanyak, ada film crossover Avengers: Age of Ultron. Di mana sejak adegan pembuka kita sudah disuguhi kematian sejumlah pasukan Hydra saat Earth’s Mightiest Heroes menyerang pangkalan mereka. Jumlahnya korban jiwanya terus bertambah banyak ketika Ultron dan pasukan sentries-nya berusaha mengangkat dataran Sokovia agar ketika jatuh seluruh umat manusia musnah dari muka Bumi. Meskipun pada akhirnya para Avengers berhasil mengalahkan Ultron dan menggagalkan rencananya, tetapi saat filmnya berakhir total kematian yang tercatat lebih dari 580 jiwa, termasuk 177 Sokovian, Pietro Maximoff alias Quicksilver, dan para Sentries.

Black Widow (2021)

film mcu kematian terbanyak

Selanjutnya, salah satu film MCU yang menyandang predikat kematian terbanyak adalah film solo Black Widow. Bagaimana bisa? Sebenarnya kematian on-screen di film Black Widow masih terbilang bisa dihitung dengan mudah karena tidak mencapai ratusan. Misalnya kematian beberapa agen SHIELD di awal film, kemudian General Dreykov dan puluhan penjaga Red Room di akhir film. Namun jika kita memasukan jumlah korban jiwa yang tewas karena longsoran salju di penjara Rusia, maka total kematiannya lebih dari 630 jiwa. Karakter yang bertanggung jawab dengan jumlah yang sangat fantastis tersebut tidak lain adalah Yelena Belova karena dialah yang menembakan roket ke arah gunung bersalju.

Thor: Ragnarok (2017)

Mengingat Ragnarok adalah peristiwa kiamat bagi para Asgardian, tidak aneh jika Thor: Ragnarok termasuk film MCU yang memiliki jumlah kematian terbanyak. Faktanya dari awal film kita sudah melihat Thor membunuh puluhan anak buah Surtur. Namun hal tersebut masih belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan perbuatan Hela Odinsdottir. Ambisinya yang ingin menguasai Nine Realms pasca kematian Odin, telah merenggut nyawa dari ratusan Asgardian yang menolak tunduk kepadanya. Terakhir, setelah Surtur menghancurkan Asgard dengan pedangnya, total kematian di filmnya mencapai 800 jiwa lebih, sementara sisa Asgardian kabur bersama Thor dan para Revengers ke Bumi.

The Avengers (2012)

film mcu kematian terbanyak

The Avengers bisa dibilang adalah film pertama yang menghadirkan kematian terbanyak dalam sejarah MCU. Pasalnya di film ini Loki bersama pasukan Chitauri yang dipinjamkan oleh Thanos diceritakan melakukan invasi besar-besaran di salah satu kota terbesar Bumi, yaitu New York. Hasilnya setidaknya banyak sekali warga sipil yang menjadi korban pertempuran Avengers vs Loki/Chitauri ini, baik itu karena terkena reruntuhan bangunan, ledakan, maupun terbunuh langsung oleh serangan Chitauri. Sampai filmnya berakhir setidaknya jumlah korban di New York mencapai 1000 jiwa, belum lagi lebih dari 75.000 pasukan Chitauri yang dihancurkan oleh Iron Man menggunakan senjata nuklir.

Guardians of the Galaxy (2014)

film mcu kematian terbanyak

Selain berhasil mempopulerkan karakter Star-Lord dan kawan-kawan, film pertama Guardians of the Galaxy juga telah menyajikan jumlah kematian terbanyak di MCU. Seperti yang kita tahu, di film ini kita diperlihatkan pada perjuangan epik tim Guardians yang berusaha mengamankan Orb alias Power Stone dari Ronan the Acusser. Mirisnya ketika Star-Lord dan yang lainnya sepakat untuk meminta bantuan dari Nova Corps yang berada di Planet Xandar, Ronan justru menggunakan Power Stone untuk membumihanguskan planet maju tersebut. Meskipun para Guardians berhasil membunuh Ronan, tetapi hal tersebut tidak mengubah fakta bahwa jumlah kematian di filmnya mencapai 83.000 jiwa.

Guardians of the Galaxy Vol. 3 (2022) 4 juta+

film mcu kematian terbanyak

Satu lagi kisah Guardians yang termasuk deretan film MCU dengan kematian terbanyak adalah Guardians of the Galaxy Vol. 3 yang baru tayang beberapa waktu lalu. Pada dasarnya film ini menceritakan upaya Star-Lord dan kawan-kawan dalam menyelamatkan nyawa Rocket Racoon. Namun untuk mencapai tujuan tersebut, mereka harus berhadapan dengan supervillain High Evolutionary yang terbukti pernah menciptakan sebuah Planet Counter-Earth dan semua makhluk Humanimals di dalamnya. Menjelang adegan klimaks di filmnya, ternyata Evolutionary sengaja menghancurkan Counter-Earth yang populasinya mencapai 4,5 juta jiwa. Itulah mengapa GOTG 3 sangat layak masuk dalam daftar ini.

Avengers: Infinty Wars (2018)

film mcu kematian terbanyak

Pada urutan pertama film MCU dengan kematian terbanyak sudah pasti dipegang oleh Avengers: Infinity War. Alasannya juga sudah cukup jelas, semuanya bisa terjadi karena Thanos berhasil mendapatkan semua Infinity Stones dan memasangkannya pada Infinty Gauntlet. Dengan semua esensi alam semesta seperti Space, Reality, Power, Mind, Time, dan Soul, Thanos bisa melakukan apa pun yang dia mau, termasuk menghapus setengah kehidupan di seluruh alam semesta demi memenuhi ambisinya untuk menjaga keseimbangan. Tidak terhitung berapa total korban jiwa yang disebabkan Snap Thanos, yang jelas banyak dari anggota Avengers sendiri yang jadi korbannya pada saat itu.

Itulah tujuh film MCU dengan jumlah kematian terbanyak sejauh ini. Perlu kita catat bahwa film-film yang dimasukan dalam daftar ini tidak menghitung kematian dalam peristiwa flashback, misalnya seperti di film Eternals yang menceritakan kematian jutaan jiwa karena para Celestial lahir. Alasannya karena hal-hal seperti itu terjadi jauh sebelum MCU lahir. Jadi untuk sekarang tujuh film inilah yang menduduki posisi teratas untuk kategori ini. Urutannya sendiri mungkin akan berubah suatu hari nanti, apalagi dengan adanya film crossover lain seperti The Kang Dynasty dan Secret Wars pada masa mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.