Sejauh ini, sudah ada lebih dari 20 film di MCU yang sudah dibuat. Film-film tersebut saling berkesinambungan sehingga memiliki keterkaitan cerita antara satu dan yang lainnya. Bahkan belakangan ini, cerita dari film MCU juga terhubung dengan seriesnya, sesuatu yang belum bisa dilakukan oleh jagat sinematik lain (selain DC). Nah saking banyaknya film MCU, ada beberapa film tersebut yang berhasil memecahkan rekor, baik rekor di dalam MCUnya sendiri maupun rekor diluar MCU. Apa saja film MCU yang berhasil pecahkan rekor? Simak berikut ini!

Film Berpendapatan Terbesar

Sejak pertama kali diumumkan, Avengers: Endgame menjadi film paling ditunggu-tunggu, sehingga kesuksesan besar yang diraih Endgame di MCU tidak terlalu mengherankan. Film ini meraup pendapatan sebesar $2.700 juta, dan menjadikannya sebagai film MCU dengan pendapatan terbesar sepanjang masa. Dalan film ini, para pahlawan favorit berkumpul untuk mengalahkan Thanos dan mengembalikan para karakter yang menjadi debu. Sejauh ini, belum ada film MCU yang menyaingi kesuksesan besar Endgame, dan sepertinya rekor pendapatan terbesar Endgame di MCU belum akan disusul oleh film lainnya dalam waktu dekat. Tetapi bukan tidak mungkin Avengers: The Kang Dynasty atau Avengers: Secret Wars akan menyusul Endgame.

Pendapatan Film Terendah

Banyak orang yang lupa bahwa sebenarnya The Incredible Hulk adalah salah satu film MCU. Film tersebut dirilis setelah Iron Man yang menjadi  pembuka MCU. Jika bukan karena kehadiran General Ross dan kemunculan singkat Tony Stark dalam adegan post credit, film itu mungkin  benar-benar dianggap terpisah. Yang harus dicatat bahwa film ini tidak menampilkan Hulk yang diperankan Mark Ruffalo melainkan Hulk yang diperankan Edward Norton. Mark Ruffalo baru mengambil peran Hulk di film Avengers (2012). Film ini menghabiskan biaya $150 juta dan hanya menghasilkan pendapatan sebesar $264 juta saja. Karena itulah The Incredible Hulk memecahkan rekor sebagai film MCU dengan pendapatan terendah. Dan ini menjelaskan mengapa tidak ada lagi film solo Hulk sejak itu.

Film dengan Makeup Terbanyak

Guardians of the Galaxy Vol. 3 adalah film terbaru MCU yang baru saja rilis pada Mei kemarin. Menariknya, film tersebut memecahkan rekor dunia saat proses syuting berlangsung. Buat Geeks yang belum tahu, Guardians of the Galaxy Vol. 3 menjadi proyek film dengan penggunaan makeup terbanyak dalam produksinya, mengalahkan film How the Grinch Stole Christmas yang membintangi Jim Carrey. Pencapaian tersebut dikonfirmasi langsung oleh sang sutradara yaitu James Gunn, di mana dia mengutarakan kesenangannya atas rekor tersebut. Meski Guardians of the Galaxy Vol. 3 tidak sesukses film GOTG lain, tetapi film tersebut mendapat respon yang positif dari penonton, sekaligus menjadi film perpisahan Gunn di MCU.

Penayangan Terbanyak

Ketika rilis di bioskop pada akhir tahun 2022, Wakanda Forever berhasil mendapatkan pendapatan lebih dari $800 juta di box office seluruh dunia. Dan setelah beberapa hari rilis di Disney+, film tersebut memecahkan rekor baru di MCU. Marvel Studios mengonfirmasi bahwa Wakanda Forever memiliki jumlah penayangan terbesar untuk film MCU manapun yang ada di platform tersebut. Rekor penonton itu dihitung dari berapa jam filmnya ditonton dalam lima hari pertama rilis di layanan streaming. Ini juga mengungguli semua film MCU Fase 4 yang saat ini ada di Disney+. Meski demikian, Disney tidak memberikan angka spesifik untuk jam tayangnya.  Karena menjadi film perpisahan bagi T’Challa, mungkin banyak yang menantikan film ini di Disney+.

Trailer Paling Banyak Ditonton

Spider-Man: No Way Home juga berhasil memecahkan rekor. Tetapi rekornya datang dari trailernya. Trailer No Way Home berhasil memecahkan rekor penonton terbanyak dalam 24 jam sejak dirilis. Rekor tersebut sebelumnya dipegang oleh trailer Endgame. Terungkap bahwa trailer No Way Home ditonton sebanyak 355,5 juta kali dalam 24 jam. Angka itu jauh mengalahkan Avengers: Endgame yang ditonton sebanyak 289 juta kali. Bukan hanya itu, berdasarkan laporan Sony Pictures, trailer Spider-Man: No Way Home mendapat sebutan atau mention terbanyak di media sosial dalam 24 jam pertama sejak perilisan. Memang rasa antusias penonton terhadap No Way Home sangat tinggi karena film tersebut menampilkan 3 Spider-Man sekaligus.

Rekor Rating Terburuk

Ant-Man and the Wasp: Quantumania (2023) menjadi film pembuka di phase 5 MCU. Quantumania cukup dinantikan penggemar karena film ini menjadi debut Kang the Conqueror, yang digadang-gadang menjadi penerus Thanos. Sayangnya film tersebut malah tampil mengecewakan. Bahkan Quantumania berhasil memecahkan rekor sebagai film MCU dengan rating terendah di Rotten Tomatoes. Quantumania hanya mendapatkan skor 47% di Rotten Tomatoes, bersamaan dengan film Eternals. Quantumania seharusnya menjadi film yang potensial untuk masa depan MCU mengingat film tersebut berfokus kepada tema multiverse. Kang memang berhasil mencuri perhatian penonton, tetapi tidak dengan cerita, dan visual yang dihadirkan, sehingga membuat filmnya melempem di box office.

Itulah dia Geeks beberapa film MCU yang pecahkan rekor. Di antara film-film tersebut, mana yang jadi favorit kalian Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/