Belakangan ini bisa dibilang banyak sekali penggemar komik dan media lainnya yang membicarakan superhero latin Jaime Reyes alias Blue Beetle. Salah satu alasannya karena terhitung mulai dari sekarang, film solo Blue Beetle ketiga dari DC Universe ini mulai ditayangkan di bioskop. Nah dalam rangka turut memeriahkan penayangan perdananya, kali ini kita akan mengungkap lima keunggulan Blue Beetle Jaime Reyes yang tidak dimiliki oleh superhero DC pada umumnya. Apa saja? Langsung saja simak pembahasannya, karena mungkin beberapa di antaranya belum pernah kalian dengar juga, Geeks!

Superhero yang Serba Kebetulan

Keunggulan pertama Jaime Reyes sebagai Blue Beetle ketiga justru sudah terasa sejak perubahan awalnya menjadi superhero DC. Bagaimana tidak, sebagai karakter baru DC dia ternyata tidak memilih sendiri jalannya untuk menjadi superhero seperti kebanyakan karakter DC, dengan kata lain kehidupannya selalu berjalan secara kebetulan. Semuanya bermula ketika dia tidak sengaja menemukan senjata alien yang disebut Blue Scarab. Pada titik inilah dia mulai menyatu dengan Blue Scarab dan menjadi Blue Beetle.

Sebagai perbandingan, Jaime bukan Clark Kent alias Superman yang sejak awal sudah mempunyai kekuatan luar biasa sehingga merasa bertanggung jawab untuk melindungi Bumi dan semua isinya. Dia juga bukan Bruce Wayne alias Batman yang menjadi superhero karena melihat orang tuanya dibunuh dengan kejam oleh penjahat Gotham, atau seperti Flash alias Barry Allen yang termotivasi untuk membela kebenaran setelah melihat ibunya dibunuh oleh sosok misterius dan ayahnya ditangkap karena dituduh sebagai pelakunya.

Keunggulan inilah yang membuat Jaime alias Blue Beetle bisa bertindak sebagai superhero DC tanpa motivasi dan ambisi yang berlebihan. Dia bisa kapan saja menjadi pembela kebenaran dan pembasmi kejahatan, tanpa harus bergantung pada rasa dendam atau masa lalu yang kelam. Dengan begitu, ke depannya dia hanya perlu mengatasi berbagai rintangannya sebelum akhirnya menjadi salah satu superhero terkuat dan yang paling dikagumi dalam sejarah DC Universe.

Representasi Remaja Latin

Sejak pertama kali diperkenalkan oleh DC Comics pada tahun 2006, Jaime sudah digambarkan sebagai superhero yang sangat erat dengan kehidupan remaja latin. Pasalnya dia memang anak dari orang tua latin tulen, yaitu Alberto dan Bianca Reyes yang lahir di Meksiko. Jadi walaupun Jaime sendiri lahir di Texas, tetapi dia dibesarkan dalam lingkungan serba latin. Hal ini sama seperti yang terlihat di trailer Blue Beetle, di mana versi live action Jaime yang diperankan oleh Xolo Mariduena punya keunggulan ini juga.

Keunggulan Blue Beetle

Mengingat belakang ini banyak dari media superhero yang gencar memperkenalkan keberagaman, kehadiran versi live action Blue Beetle yang merupakan seorang superhero remaja latin ini akan menjadi warna yang sangat kuat di DC Universe. Menariknya lagi beberapa waktu yang lalu co-CEO DC Studios James Gunn sudah mengonfirmasi bahwa Blue Beetle adalah bagian dari reboot jagat sinema DC yang akan segera hadir. Itu artinya bisa dibilang juga dia adalah superhero sekaligus keturunan latin pertama di dunianya.

Di sisi lain aspek remaja dari Blue Beetle juga menjadi keunggulan yang membedakannya dengan banyak karakter DC lain yang biasanya orang dewasa. Hal inilah yang membuatnya dapat diterima dan dikenali dengan lebih mudah oleh penggemar muda. Khususnya karena dia punya tantangan dan dilema hidup yang selaras dengan para remaja, seperti sekolah, persahabatan, dan pencarian jati diri. Jiwa muda Jaime juga membuka peluang besar untuk perkembangan karakternya untuk menjadi superhero DC yang lebih baik.

Dukungan Penuh Dari Keluarga

Seperti yang kita tahu, dalam sejarah DC ada banyak sekali superhero yang memulai petualangannya tanpa dukungan dari orang-orang terdekat. Sebut saja Batman, Green Arrow, Flash, dan lain sebagainya yang pada akhirnya tetap harus menghadapi masalahnya masing-masing. Meskipun ada beberapa di antara mereka yang mengungkap identitas rahasianya, hal tersebut sama sekali tidak mengubah keadaan bahkan malah membuatnya lebih parah. Nah uniknya hal tersebut justru tidak berlaku untuk Blue Beetle.

Keunggulan Blue Beetle

Alih-alih dilarang atau mendapatkan penolakan dari orang terdekat, Jaime malah sangat didukung oleh keluarganya untuk mengambil jalan sebagai seorang superhero. Padahal dalam salah satu cuplikan trailernya, ketika Scarab menempel pada tulang belakangnya Jaime diperlihatkan berubah menjadi Blue Beetle dengan cara mengerikan di depan keluarganya. Meskipun semua anggota keluarganya berteriak saat melihat hal tersebut, tetapi mereka tampaknya bisa menerima dan mau mendukung apa pun keputusan Jaime.

Dalam cuplikan lainnya, pamannya Rudy Reyes (George Lopez) dan love interestnya yang bernama Jenny Kord (Bruna Marquezine) terlihat rela menunggu dan membantu Jaime di sebuah atap karena dia tidak tahu cara berubah menjadi Blue Beetle. Berbekal keunggulan ini tentunya Blue Beetle bisa jauh lebih bersemangat dalam menjalankan kesehariannya sebagai superhero yang harus membela kebenaran. Karena ketika dirinya merasakan titik terendah dalam kehidupannya, para anggota keluarganya akan selalu siap untuk terus memberikan dukungkan kepadanya.

Karakterisasi dan Tema Jenaka

Jika mengacu pada jagat sinema DC Extended Universe yang dimulai dengan film Man of Steel, Batman v Superman: Dawn of Justice, hingga Zack Snyder’s Justice League, bisa dibilang Blue Beetle punya keunggulan lain karena karakterisasi dan tema kisahnya terasa lebih jenaka. Hal tersebut sudah bisa kita rasakan dari trailernya, di mana sebagian besar tindakannya terasa cukup menggelitik, begitu juga dengan orang-orang di sekitarnya.

Keunggulan Blue Beetle

Kita mungkin tidak akan pernah mendapatkan karakterisasi dan tema jenaka dari superhero DC lainnya, misalnya Superman dan Batman yang lebih sering terlihat serius seakan-akan sudah mengetahui bahwa masa depannya akan suram. Keunggulan ini sebenarnya memang sudah sejak lama menjadi ciri khas Blue Beetle, baik di komik maupun di media lainnya. Bahkan sejak Blue Beetle kedua Ted Kord yang dikenal punya kepribadian lucu serta sering mengeluarkan lelucon cerdas dan segar.

Jaime Reyes sendiri terbilang cukup sering memamerkan selera humornya sambil tetap menghadapi setiap tantangannya sebagai seorang superhero Blue Beetle. Karakterisasi dan tema Blue Beetle ini kurang lebih mirip seperti Spider-Man dari Marvel. Jadi jika kalian suka nuansa cerita yang lebih ringan dengan elemen komedi yang menambah cita rasa unik dalam cerita superhero, Blue Beetle bisa menjadi salah satu jawabannya. Karena lagi-lagi dia sangat berbeda dariĀ superhero lainnya yang kisahnya cenderung lebih serius dan punya nuansa kelam.

Punya Banyak Senjata Rahasia

Blue Beetle memang bukan superhero yang mempunyai kekuatan dewa seperti Wonder Woman atau alien yang lebih superior layaknya Superman, tetapi bukan berarti dia lebih lemah. Faktanya keunggulan terakhir Blue Beetle justru terletak pada banyaknya senjata rahasia yang disimpan dalam armornya. Setelah bergabung dengan Scarab, Jaime memang terbukti mampu berubah menjadi Blue Beetle yang mengenakan armor eksoskeleton canggih. Nah dengan armor supernya ini dia bisa mengeluarkan kemampuan apa pun yang diinginkannya.

Keunggulan Blue Beetle

Sebagai contoh, seperti yang sudah terungkap melalui kisah di DC Comics, armor Blue Beetle sanggup melindungi Jaime dari serangan fatal sekali pun karena punya daya tahan yang luar biasa. Selain itu Jaime juga bisa mengeluarkan senjata standar seperti meriam energi yang bisa menghancurkan apa pun, pedang plasma sword yang mematikan, serta perisai energi yang melindunginya dari serangan musuh. Belum lagi kemampuanya yang bisa terbang dengan kecepatan tinggi dan kemampuan lainnya. Keunggulan inilah yang membuatnya bisa dibilang sebagai superhero DC yang belum pernah kita lihat sebelumnya.

Itulah seluruh keunggulan utama Blue Beetle yang mungkin tidak dimiliki oleh para superhero DC pada umumnya. Kesimpulannya Blue Beetle memiliki cukup banyak keunggulan yang membuat kisahnya sangat layak untuk kita antisipasi. Mulai dari keunikan kostum dan kekuatan yang beragam, representasi keanekaragaman budaya, hingga kisah origin dan kehidupan yang berbeda dari yang lain. Jika kalian belum melihat filmnya, saat ini film Blue BeetleĀ sendiri sudah tersedia di seluruh bioskop Indonesia. So, tunggu apalagi, selamat menyaksikan ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.