Sosok Carol Danvers alias Captain Marvel sudah memakai berbagai kostum yang berbeda selama kemunculannya di MCU, yang mungkin tidak banyak disadari oleh Geeks semua. Karakter Carol Danvers merupakan salah satu karakter baru yang diperkenalkan di MCU. Dia pertama kali muncul dalam film Captain Marvel di tahun 2019. Dalam filmnya, Carol diceritakan adalah seorang pilot angkatan udara Amerika.

Namun, karena sebuah kejadian Carol Danvers terkena kekuatan dari Tesseract yang mana hal itu memberikannya kekuatan super yang luar biasa. Carol pun kemudian ditangkap oleh bangsa Kree dan mereka menjadikan Carol sebagai hybrid manusia dan Kree pertama. Selama kemunculannya di MCU, sosok Carol Danvers sudah memakai beberapa kostum yang mungkin tidak banyak disadari oleh para fans. Berikut adalah kostum yang pernah digunakan Captain Marvel.

Kostum Starforce Kree

Seperti yang disebutkan di atas, pasca kejadian yang memberikannya kekuatan super Carol Danvers kemudian diculik oleh bangsa Kree. Mereka menjadikan Carol sebagai hybrid pertama manusia dan Kree. Dengan kekuatan yang dia miliki, Carol Danvers kemudian bergabung dengan pasukan elit bangsa Kree yaitu Starforce. Dia bergabung bersama Ronan, Yon-Rogg, Att-Lass, Bron-Char, Korath, dan Minn-Erva.

Kostum Starforce Kree ini pun sangat mirip dengan apa yang dihadirkan di komiknya. Fakta menariknya adalah kostum Starforce Kree ini jadi landasan bagi kostum Captain Marvel yang kemudian muncul di MCU. Yang berbeda adalah warna yang dominan di kostum ini adalah abu-abu gelap dan hijau. Terdapat juga simbol ikonik captain Marvel di bagian tengah kostum tersebut.

Kostum Utama Captain Marvel

Setelah Carol Danvers kembali mendapatkan ingatan lamanya dan menyadari bahwa dia sudah dimanipulasi oleh bangsa Kree, dia kemudian merubah kostum yang dikenakan. Desainnya sendiri sebenarnya sama dengan kostum Starforce yang dia kenakan, namun warnanya kemudian berubah seperti yang jadi ciri khas Captain Marvel yaitu biru, merah, dan emas. Kostum perdana Captain Mavel ini nampak sangat cocok dan pas utuk karakternya. Dan lagi-lagi MCU mengadaptasi dengan baik kostum utama Captain Marvel ini dari komiknya.

Kostum Captain Marvel Endgame Pertama

Captain Marvel kembali muncul di film Avengers: Endgame di mana dia menolong Tony Stark dan Nebula yang terjebak di luar angkasa pasca kekalahan menghadapi Thanos. Kostum yang digunakan di film pertama Endgame ini tidak mengalami banyak perubahan, hanya pada beberapa detail kostumnya yang berubah. Misalnya, pada bagian bahunya terdapat lebih banyak ornamen emas. Sayangnya, kostum ini cukup banyak mendapatkan protes dari para fans. Karena kostum ini mendapatkan modifikasi CGI pasca proses pengambilan gambar selesai dilakukan.

Kostum Captain Marvel Endgame Kedua

Carol Danvers tidak terlalu lama muncul di film Endgame, karena dia harus pergi ke berbagai planet untuk menghancurkan musuh-musuh yang ada. Namun, dia kemudian kembali dalam sebuah momen epik di bagian akhir ceritanya ketika seluruh pahlawan dan semua kekuatan yang ada di bumi bersatu untuk menghadapi Thanos dari tahun 2014 dan pasukannya.

kostum captain marvel MCU

Dalam momen tersebut, nampak Captain Marvel memiliki penampilan yang bereda dengan kostum yang berbeda. Yang pertama adalah potongan rambut Captain Marvel nampak lebih pendek dari sebelumnya. Kedua, desain kostum Captain Marvel di momen ini cukup berbeda dari sebelumnya. Detil perbedaanya bisa dilihat di bagian pinggang, di mana sabuk yang dia kenakan mirip seperti sebuah selempang yang jadi ciri khas karakternya di komik.

Kemudian, perubahan yang terlihat juga adalah bagaimana dominasi warna merah dan biru mengalami pertukaran. Dalam kostum ini, justru warna merah yang dominan dibandingkan warna biru seperti kostum sebelumnya. Garis di bagian tengah kostumnya juga jauh lebih padat dan lebih banyak dibandingkan kostum sebelumnya. Yang menarik adalah kostum ini pun mirip seperti komik Captain Marvel yang rilis di tahun 2019.

Kostum Captain Marvel di Series Ms. Marvel

Sosok Captain Marvel muncul secara mengejutkan sebagai cameo di bagian akhir series Ms. Marvel. Meskipun tidak banyak yang diketahui saat itu, namun momen tersebut kemudian diketahui terhubung dengan film sekuel Captain Marvels yaitu The Marvels. Dalam kemunculannya di lemari milik Kamala Khan, nampak Carol Danvers mengenakan kostum yang cukup berbeda.

kostum captain marvel MCU

Kostumnya masih menggunakan desain yang sama dengan yang digunakan di akhir cerita Endgame, namun kembali warna biru mendominasi kostum tersebut dengan warna merah hanya terlihat di bagian atas kostumnya, bahu, dan punggung. Lengan kostum ini juga lebih pendek dari sebelumnya di mana Carol nampak menggunakan sarung tangan. Sabuknya nampak berubah dibandingkan versi Endgame terakhir.

Kostum Captain Marvel di Film The Marvels

Dalam trailer resmi dan berbagai gambar promosi yang sudah dibagikan untuk film The Marvels sejauh ini, nampak Captain Marvel menggunakan dua kostum superhero yang berbeda. Satu kostum superhero sudah muncul di film lainnya. Sedangkan, kostum lainnya benar-benar baru muncul di MCU. Ada kemungkinan dalam narasinya nanti terdapat momen Carol Danvers berubah kostum.

kostum captain marvel MCU

Kostum baru Captain Marvel di film The Marvels ini benar-benar sangat berbeda dari semua kostum yang pernah dia gunakan. Pertama, tone warna yang digunakan cenderung lebih gelap meskipun masih bisa kita lihat jika itu adalah merah dan biru. Kedua, emblem atau logo di bagian kostumnya nampak jauh lebih besar dari kostum sebelumnya. Kostum ini nampak lebih mencolok dari kostum sebelumnya.

Captain Marvel merupakan salah satu karakter penting di MCU. Meskipun kemunculannya belum terlalu lama, namun yang menarik adalah dia sudah beberapa kali mengalami perubahan kostum yang mana mungkin tidak banyak disadari oleh Geeks semua. Dan di atas adalah berbagai kostum yang pernah Captain Marvel gunakan selama di MCU.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.