Pada tanggal 12 November 2018, dunia telah kehilangan salah satu tokoh kunci dalam industri buku komik dan perfilman superhero, yaitu Stan Lee. Tokoh dunia hiburan bernama asli Stanley Martin Lieber ini paling dikenal sebagai pencipta sejumlah karakter ikonis Marvel, seperti Spider-Man, Doctor Strange, Hulk, dan lain sebagainya. Di luar Marvel sendiri Lee sempat terlibat dalam beberapa proyek superhero lainnya, tetapi sayangnya tidak pernah terealisasi sampai akhirnya dia meninggal. Nah khusus pada artikel kali ini kita membahas apa saja proyek ambisius Stan Lee yang batal tayang di Hollywood!

The Governator

Untuk proyek batal Stan Lee yang pertama ada The Governator, series animasi yang merupakan hasil kolaborasinya dengan mega bintang Hollywood’ Arnold Schwarzenegger. Series yang dibuat ketika Schwarzenegger menjabat sebagai Gubernur California ini dimaksudkan untuk menceritakan kisah fiktif dirinya sebagai pemimpin suatu wilayah yang juga bertindak sebagai superhero Governator alias Governor Terminator. Sayangnya ketika seriesnya akan dirilis, Schwarzenegger dilaporkan terlibat skandal sehingga salah satu karya Stan Lee ini tidak pernah bisa dinikmati penggemar bahkan hingga sekarang.

Legion of 5

proyek batal stan lee

Legion of 5 adalah sebuah proyek superhero animasi CGI dari Stan Lee yang pada akhirnya batal tayang karena tidak pernah mendapatkan dukungan finansial yang cukup untuk memulai produksinya. Sampai hari ini situs film dari Rainmaker ini bahkan masih bisa dibuka oleh para penggemar yang ingin membaca sinopsis singkatnya. Tadinya plot film ini akan menceritakan petualangan lima orang anak SMA yang tidak sengaja mendapatkan kekuatan super soldier. Dalam prosesnya, mau tidak mau mereka harus belajar memanfaatkan kekuatannya untuk melawan para supervillain berbahaya.

Vibe Superhero

Sebagai salah satu wajah industri hiburan Amerika, Stan Lee dikenal sebagai sosok yang tidak pernah lelah menyarakan anti diskriminasi dan anti rasisme. Baginya, seluruh manusia punya hak yang sama, baik itu sebagai pelaku maupun penikmat hiburan. Untuk membuktikan keseriusannya dalam menghadapi isu-isu rasisme, Lee pernah berkolaborasi dengan Vibe Magazine untuk membuat superhero hip-hop yang berasal dari komunitas kulit hitam. Namun sayangnya sebelum penggemar bisa melihatnya, proyek ini justru batal tayang atau dirilis karena Stan Lee lebih dahulu meninggal dunia.

MTV Superhero

Ada satu lagi proyek kolaborasi Stan Lee dengan media besar seperti MTV yang sayangnya batal tayang karena dia tidak pernah berhasil merampungkannya. Proyek ini tadinya akan menghadirkan model kontroversial Paris Hilton sebagai superhero wanita yang diam-diam membasmi kejahatan di sela-sela kesibukannya sebagai figur publik. Seiring dengan tenggelamnya nama Paris Hilton di Amerika, proyek Stan Lee ini juga dikabarkan ikut tenggelam. Itulah mengapa sampai hari ini tidak pernah ada lagi yang mengungkap detail proyek misteriusnya dengan MTV dan Hilton.

Starr Superhero

Pada awal tahun 2000-an, Stan Lee pernah mempunyai ide proyek untuk mengambarkan musikus sekaligus drummer The BeatlesRingo Starr sebagai superhero pembasmi kejahatan. Entah apa yang memotivasi Lee untuk membuatnya, yang jelas pada saat itu dia memang melihat Ringo sebagai medium yang bisa diangkat menjadi sebuah film atau series animasi superhero. Di mana Ringo sendiri dimaksudkan untuk menjadi pengisi suara karakternya yang digambarkan sebagai penyelamat Bumi yang mengendalkan kepekaannya terhadap ritme untuk membasmi kejahatan. Sampai sekarang proyek Stan Lee ini tidak pernah ada kelanjutannya lagi, jadi bisa disimpulkan telah batal tayang.

Latin Superhero

proyek batal stan lee

Setahun sebelum meninggal dunia, Stan Lee pernah mengumumkan sebuah proyek superhero misterius dalam acara La Conque yang berlangsung di Queretaro, Meksiko. Terlepas dari misterinya yang sampai hari ini tidak pernah terjawab, yang jelas proyek batal Stan Lee ini tadinya akan berfokus pad superhero latin. Menurut Lee sendiri superhero latin seperti Marvel’ America Chavez dan lain sebagainya adalah bukti bahwa pasar Amerika Latin sangat layak untuk lebih dieksplorasi lagi. Sayangnya sebelum bisa melakukan hal tersebut, Lee meninggal dunia setahun setelah pengumumannya.

Tigress

proyek batal stan lee

Tigress adalah salah satu karakter wanita ikonis bernama asli Zephra dari komik Conan the Barbarian yang mempunyai kemampuan untuk berubah menadi harimau. Karakternya sempat akan diadaptasi menjadi sebuah proyek film oleh Stan Lee, sebelum akhirnya dinyatakan batal karena sampai hari ini tidak kunjung terwujud. Pada saat itu Lee bahkan sudah mengajak bintang Fast & Furious Michelle Rodriguez untuk menjadi pemeran utamanya. Hari ini setelah kepergian Lee, Rodriguez justru mengaku bahwa dia sama sekali tidak menginginkan peran superhero, mungkin karena dia trauma dengan impiannya yang batal terealisasikan.

Hef’s Superbunnies

proyek batal stan lee

Banyak dari penggemar setia Stan Lee yang tahu bahwa idolanya sangat bersahabat dengan Hugh Hefner, pendiri sekaligus pemimpin redaksi majalah Playboy. Usia yang cukup berdekatan dan selera yang kurang lebih mirip, membuat mereka menjalin hubungan yang terbilang cukup baik. Lee bahkan pernah berniat menggarap proyek series animasi berjudul Hef’s Superbunnier yang berfokus kepada para wanita seksi di sekeliling Hefner. Menurut laporan yang beredar, sebelum proyek dewasa ini batal, Stan Lee berniat menggambarkan para superbunnies sebagai agen rahasia a la Charlie’s Angels yang mempunyai kekuatan super beragam layaknya para mutan di Marvel’ X-Men.

Annihilators

proyek batal stan lee

Annihlators adalah salah satu judul komik non Marvel garapan Stan Lee yang berfokus pada superhero dari Asia bernama Ming. Dalam kisahnya Ming digambarkan sebagai ekspatriat Tiongkok yang menjalani eksperimen super soldier sehingga mendapatkan serangkaian kemampuan super berbasis hewan. Sebelum meninggal dunia, Stan Lee pernah mencoba mengembangkan proyek live action yang berfokus pada karakter ciptaannya ini, sayangnya ambisi tersebut batal karena masalah finansial. Padahal pada saat itu naskahnya sudah ditulis oleh Dan Gilroy dan siap diproduseri oleh Barry Josephson yang mengerjakan waralaba Bourne Legacy.

Itulah sembilan proyek superhero dari Stan Lee yang pada akhirnya batal karena beragam alasan. Dengan kepergian mendadak Stan Lee pada tahun 2018, cukup aman untuk kita simpulkan bahwa proyek-proyek ini resmi batal dan tidak akan pernah terwujud kecuali ada kesepakatan khusus dengan pihak keluarganya. Walaupun begitu, pada akhirnya berbagai proyek yang tidak pernah rampung ini akan tetap menjadi warisan dan imajinasi Lee yang dikenang bersama karya-karya komik dan film Lee lainnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.