Belakangan ini ada cukup banyak aktor dan aktris yang menjadi buah bibir penggemar di seluruh dunia karena kontroversinya. Sebut saja Amber Heard, Ezra Miller, Jonathan Majors, dan Tenoch Huerta, yang mungkin masih memiliki sejumlah pendukung sehingga masih bisa aktif di industri perfilman Hollywood setidaknya sampai hari ini. Nah berbeda dari para aktor kontroversial yang sampai hari ini masih diberi kesempatan untuk tampil di layar lebar dan layar kaca, kali ini kita akan membahas para aktor yang kariernya benar-benar hancur pasca kontroversi. Siapa sajakah mereka? Simak daftarnya di bawah ini!

Cee-Lo Green

Meskipun awalnya lebih dikenal sebagai rapper Amerika, tetapi pada akhir 1990-an Cee-Lo Green juga akhirnya mulai merabah dunia akting serta pengisi suara. Banyak sitcom dan tayangan animasi populer yang tercatat pernah melibatkannya, seperti Teen Titans Go! dan Hotel Transylvania. Namun beberapa tahun lalu seluruh karier dari aktor sekaligus pengisi suara berbakat ini pada akhirnya hancur karena kontroversi yang dilakukannya. Di mana dia terbukti memasukan obat-obatan terlarang ke minuman seorang wanita dan membela dirinya dengan mengatakan “seorang wanita tidak bisa dirudapaksa jika tidak ingat apa-apa.” Sontak hal ini langsung membuatnya dibenci oleh banyak orang hingga sekarang.

Charlie Sheen

aktor hancur kontroversi

Ketika aktor Charlie Sheen memulai karier aktingnya pada tahun 1980-an, banyak yang percaya bahwa dia mampu melampaui kesuksesan ayahnya Martin Sheen yang juga merupakan seorang aktor berpengaruh di Hollywood. Faktanya Charlie memang sempat mendapatkan bayaran sekitar 2 juta dolar Amerika per episode untuk series Two and a Half Men. Mirisnya karier yang dibangun dengan susah payah oleh aktor Scary Movie ini pada akhirnya justru hancur karena kontroversi Charlie pada tahun 2010-an. Semuanya bermula ketika dia dicap sebagai aktor berkelakuan buruk karena sering melontarkan komentar menghina serta rasism dan juga dianggap punya birahi tinggi terhadap wanita tuna susila.

James Franco

aktor hancur kontroversi

Masih ingatkah kalian dengan James Franco? Aktor yang kariernya sempat bersinar pada tahun 2000-an ini tercatat telah membintangi banyak sekali film populer. Misalnya dengan menjadi Harry Osborn di trilogi Sam Raimi’ Spider-Man, kemudian terlibat film menarik lainnya seperti 127 Hours, The Disaster Artist, dan The Interview. Namun terhitung sejak tahun 2019, Franco sudah tidak pernah terlihat lagi di layar lebar, karena kariernya bisa dibilang telah hancur pasca kontroversi sang aktor. Franco dituduh telah melakukan pelecehan kepada lima orang wanita, sejak saat itulah Hollywood seperti mulai menjauhinya, termasuk kolaborator setianya Seth Rogen.

Johnny Depp

aktor hancur kontroversi

Pada tahun 2018 Johnny Depp pernah dituduh oleh mantan istrinya Amber Heard telah melakukan kekerasan dalam rumah tangga, penyalahgunaan obat, serta perilaku buruk di lokasi syuting. Kontroversi tersebut lantas membuat karier aktor Pirates of the Caribbean dan Fantastic Beast ini hancur seketika, di mana dia dilaporkan harus kehilangan kekayaannya sebesar 650 juta dolar karena dipecat oleh sejumlah perusahaan film. Belakangan ini Depp sudah mulai kembali memulihkan nama baiknya pasca persidangan terakhir dengan Heard yang berhasil dia menangkan. Namun sayangnya sampai sekarang dia belum tampil kembali aktif di Hollywood yang dahulu sempat melambungkan namanya.

Kevin Spacey

Di industri perfilman Hollywood, Kevin Spacey dianggap sebagai salah satu aktor paling berbakat yang telah mengantongi sejumlah penghargaan dari Academy Awards untuk Aktor Terbaik. Namanya makin bersinar pada pertengahan 2010-an ketika dia membintangi series drama Netflix House of Cards. Namun, sejak munculnya kontroversi tentang tuduhan pelecehan seksual dari berbagai pihak pada tahun 2017, citra sang aktor langsung merosot begitu juga dengan kariernya yang hancur dengan cepat. Belakangan dia mencoba kembali berakting, tetapi para penonton Hollywood seakan sudah menganggapnya sebagai sesuatu yang harus dijauhi.

Shia LaBeouf

aktor hancur kontroversi

Jika kalian penggemar waralaba live action Transformers, kalian mungkin tahu siapa Shia LeBeouf. Pemeran Sam Witwicky di film-film awal Transformers ini sebenarnya punya karier yang cemerlang pada tahun 2000-an hingga 2010-an, seperti membintangi film perang Fury, Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull, dan The Peanut Butter Falcon. Namun sebuah kontroversi pada tahun 2020 tiba-tiba langsung membuat kariernya hancur, di mana sang aktor dilaporkan oleh mantan kekasihnya yang juga penyanyi FKA Twigs atas tuduhan pelecehan seksual. Sejak saat itulah LaBeouf mencoba merangkak kembali untuk memulihkan namanya, tetapi sayangnya belum berhasil sampai sekarang.

Roseanne Barr

aktor hancur kontroversi

Terakhir aktor Hollywood yang kariernya hancur pasca kontroversi adalah Roseanne Barr. Dikenal sebagai aktris, komedian, penulis, sekaligus produser Amerika, Roseanne telah membintangi sejumlah film dan series menarik yang mengantarkannya untuk mendapatkan penghargaan Aktris Terbaik dari Emmy dan Academy Award. Namun, sama seperti para aktor di atas, pada akhirnya karier Roseanne harus terhenti karena dia sengaja melakukan hal-hal kontroversial di depan publik. Di mana dia terlihat meludah setelah menyanyikan lagu kebangsaan Amerika dan sempat mengeluarkan komentar rasis kepada Valerie Jarret, penasihat senior mantan Presiden Barack Obama. Terhitung sejak tahun 2015, sampai hari ini Roseanne tidak pernah lagi tampil dalam sebuah film maupun series.

Itulah tujuh aktor Hollywood yang kariernya hancur akibat kontroversi. Berkaca pada kejadian yang dialami oleh para aktor ini bisa kita simpulkan bahwa kontroversi dapat memberikan dampak yang sangat serius pada karier seorang aktor. Terkadang hal seperti ini bahkan mengakibatkan kehancuran total dari kehidupan sang aktor bahkan mungkin orang-orang terdekatnya. Meskipun beberapa dari mereka mencoba untuk pulih, pada akhirnya citra publik yang rusak seringkali sulit untuk diperbaiki.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.