Ada banyak film DC yang pernah dibuat, mulai dari film DC yang berdiri sendiri, hingga yang tergabung dalam sinematik universe seperti DCEU. Karena itulah kita sudah melihat deretan karakter live action DC, yang sebelumnya hanya bisa dilihat dalam komiknya saja. Tetapi nih Geeks, ada beberapa penampilan superhero DC yang ternodai akibat kostumnya yang terlihat sangat buruk di film. Selain karena tidak terlalu mirip dengan versi komik, kostum-kostum mereka juga diberikan sentuhan tambahan, yang membuatnya semakin aneh. Apa saja kostum superhero DC paling buruk dalam film? Simak berikut ini!

Batman Clooney

Seperti yang kita ketahui, Batman & Robin yang rilis tahun 1997 menjadi salah satu film superhero terburuk sepanjang masa. Salah satu penyebab filmnya buruk adalah kostum yang digunakan para karakternya, termasuk Batman. Dalam film ini, Joel Schumacher menambahkan puting pada kostum Batman yang membuatnya tampil konyol. Robin pun mendapat kostum serupa. Saking buruknya, sang pencipta Batman, Bob Kane, juga turun langsung untuk menyatakan keberatannya dengan kostum Batman. Setelah munculnya kontroversi, Joel Schumacher mengatakan bahwa puting Batman bukan idenya, melainkan ide Jose Fernandez yang bertanggung jawab atas pembuatan kostum Batman.

Catwoman

Satu lagi film superhero yang dianggap buruk yaitu Catwoman. Seperti Batman & Robin, Catwoman juga menghadirkan kostum yang sama buruknya. Catwoman yang diperankan Halle Berry tampil begitu mengerikan dengan kostum yang dia gunakan. Bagaimana tidak? Kostumnya sangat berbeda dari komik. Sang sutradara, Pitof, sepertinya ingin menampilkan sisi feminim dari Catwoman, tetapi hal itu tidak pernah berhasil. Dan bagaimana bisa seseorang seperti Catwoman memerangi kejahatan di kota Gotham, dengan menggunakan sepatu hak tinggi dan pakaian yang sangat terbuka. Karena itulah banyak yang tidak menyukai kostum Catwoman yang digunakan Halle Berry ini.

Green Lantern

Buat kalian yang belum tahu, kostum Green Lantern di komik DC terdiri dari energi cahaya yang berasal dari Power Ring, dan itulah yang coba dihadirkan dalam film Green Lantern pada tahun 2011. Kostum Green Lantern versi Hal Jordan yang diperankan oleh Ryan Reynolds sayangnya harus berakhir dengan buruk. Bagaimana tidak? Kostumnya tampak seperti CGI yang masih sangat mentah. Martin Campbell sendiri sengaja hanya mengandalkan CGI untuk menampilkan kostum itu, dan tidak menggunakan kostum praktis. Wajar saja jika akhirnya kostumnya tampak tidak nyata. Ryan Reynolds pun mengakui bahwa kostumnya buruk, yang sering dia jadika lelucon, terutama ketika memerankan Deadpool.

Steel

Pada tahun 1997, sebuah film superhero berjudul Steel dirilis. Film ini dibintangi oleh pembasket profesional, Shaquille O’Neal, di mana dia memerankan sang karakter utama yaitu John Henry Irons alias Steel. Nah buat kalian yang belum tahu, Steel adalah karakter yang muncul di komik Superman. Steel secara singkat menggantikan Superman selama “kematiannya” pada tahun 1992. Tetapi film Steel menghilangkan koneksi dengan Superman. Filmnya memang buruk, tetapi ada yang lebih buruk lagi yaitu kostum yang dikenakan oleh O’Neal. Steel terlihat seperti tumbukan karet yang berjalan. Ditambah lagi dengan helm yang desainnya sangat buruk.

Black Canary

Birds of Prey adalah film DCEU yang dirilis tahun 2020. Film ini memang menampilkan sejumlah karakter DC Universe beken seperti Harley Quinn, Renee Montoya, dan tentu saja Black Canary yang diperankan Jurnee Smollett. Di antara daftar ini, mungkin kostum Black Canary yang paling “mending”. Memang Black Canary mengenakan beberapa kostum selama filmnya berlangsung, tetapi hanya satu kostumnya yang terlihat seperti kostumnya dalam komik. Dan sebagian besar aksinya, Black Canary hanya memakai pakaian jalanannya yang normal, sehingga Black Canary tampil sangat sederhana, tidak seperti di komiknya yang tampil mencolok.

Itulah dia Geeks beberapa kostum superhero yang paling buruk yang pernah ditampilkan di film DC. Padahal jika kostumnya dibuat bagus, atau semirip mungkin dengan versi komiknya, mungkin anggapan penonton untuk filmnya akan berubah.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/