Hollywood merupakan industri hiburan yang telah melahirkan banyak sekali tayangan box office dengan segala serba-serbinya, baik itu kelebihan maupun kekurangannya. Termasuk elemen plot hole yang biasanya malah menjadi kelemahan dalam sebuah cerita. Meskipun Hollywood biasanya menawarkan sinematografi menakjubkan, jajaran pemeran terbaik, aksi yang luar biasa, serta efek visual yang ciamik, tetapi tidak jarang plot hole justru malah membuat kualitas beberapa tayangannya kurang maksimal. Seperti sepuluh film yang akan kita bahas kali ini, di mana plot hole di dalamnya terbilang sangat menggangu!

Cinderella (1950)

plot hole film

Pertama-tama mari kita mulai pembahasan dari film Hollywood tahun 1950-an yang berhasil memulai era baru untuk dunia hiburan animasi dunia. Cinderella adalah film yang mengadaptasi dongeng klasik tahun 1697. Di mana plotnya bercerita tentang gadis lugu yang bisa pergi ke pesta dengan berpakaian seperti putri cantik berkat peri baik hati. Ada pun plot hole paling mengganggu dari film ini, mengapa sepatu kaca Cinderella masih ada hingga keesokan harinya, padahal gaun dan kereta kencananya kembali ke bentuk usang saat tengah malam. Plot hole ini bahkan terus dibawa ke berbagai adaptasi lainnya.

The Karate Kid (1984)

Masih ingatkah kalian dengan film The Karate Kid yang sempat menghibur anak Indonesia tahun 90-an karena tayang saat musim liburan di televisi nasional? Nah film tahun 1980-an ini sebenarnya punya plot hole yang sangat membingungkan, bahkan untuk dunia karate profesional. Filmnya sendiri bercerita tentang seorang anak yang diajari karate oleh seorang master. Di ending filmnya, dia akhirnya bisa melancarkan tendangan bangau ke wajah lawan yang selama ini telah merundungnya. Namun pada saat itu banyak yang bertanya-tanya mengapa teknik yang sangat ilegal bisa membuatnya tetap memenangkan kejuaraan karate resmi. Sampai hari ini hal tersebut belum pernah terjawab.

Toy Story (1995)

plot hole film

Toy Story adalah salah satu film animasi CGI pertama dari Disney yang pada saat itu berhasil membangkitkan imajinasi anak-anak yang menontonnya. Ceritanya sendiri berfokus pada sejumlah mainan yang ternyata bisa hidup ketika pemiliknya Andy tidak ada. Dari sekian banyak mainan Andy, hanya Buzz Lightyear yang masih menganggap dirinya adalah seorang astronaut dari luar angkasa. Tidak ada yang salah dengan premis tersebut karena Buzz memang baru dibeli dari toko mainan. Namun mengapa ketika Andy datang, dia turut berdiam diri agar tidak ketahuan sebagai mainan yang bisa bergerak sendiri. Plot hole inilah yang sempat membuat penonton film Toy Story bingung dengan karakternya.

The Sixth Sense (1999)

plot hole film

The Sixth Sense adalah film horor thriller yang punya plot twist cukup brilian. Di mana ceritanya sendiri dimulai dengan upaya seorang psikolog anak bernama Malcolm Crowe yang mencoba merawat anak indigo. Singkat cerita ternyata Malcolm adalah arwah yang tidak sadar bahwa dirinya telah meninggal. Ketika twist ini terungkap ternyata selama ini istrinya bukan cuek kepadanya, melainkan karena dia tidak terlihat. Nah yang jadi plot hole di film ini adalah mengapa istrinya selalu kebetulan menghampiri Malcolm. Siapa sebenarnya yang mengundang istrinya seakan-akan tengah berhadapan dengannya.

A Quiet Place (2018)

Bercerita tentang invasi alien yang memangsa manusia berdasarkan suara, A Quiet Place bisa dibilang telah berhasil menghibur banyak penggemar film horor di seluruh dunia. Sebagai fokus ceritanya, demi bertahan hidup sebuah keluarga diceritakan mencoba tinggal dengan penuh kesenyapan dan jauh dari kata bahagia di sebuah lumbung padi. Anehnya, dalam sebuah adegannya terungkap bahwa ada satu tempat aman di belakang air terjun deras yang memungkinkan mereka untuk berbicara bahkan berteriak. Plot hole inilah yang membuat keseluruhan cerita film A Quiet Place sedikit terganggu, karena pertanyaannya mengapa mereka tidak berpikir untuk tinggal di sana sejak awal.

Gravity (2013)

plot hole film

The Gravity adalah fil sci-fi yang punya efek visual ciamik dan tampak seperti benar-benar diambil dari luar orbit Bumi. Di filmnya diceritakan bahwa dua orang astronaut harus mengalami musibah saat stasiun luar angkasa tempat mereka berada hancur karena satelit yang sebelumnya meledak. Terlepas dari filmnya yang berhasil menghibur para penonton, tidak sedikit pengamat film sci-fi yang justru melayangkan kritik terhadap plot hole Gravity. Karena jika itu terjadi di dunia nyata, sebenarnya Rusia atau negara besar lainnya bisa menghancurkan satelitnya menggunakan senjata misil agar tidak menabrak stasiun luar angkasa. Jadi ke mana negara-negara besar di filmnya saat musibah terjadi.

Morbius (2022)

plot hole film

Sebagian besar penggemar Marvel sepakat bahwa Morbius adalah salah satu film superhero paling buruk sepanjang sejarah. Selain alur ceritanya yang kacau, film yang menceritakan origin anti hero vampir bernama Morbius ini juga punya sebuah plot hole yang membuat para penggemar makin geleng-geleng kepala. Di mana dalam filmnya kita diperlihatkan pada sosok Vulture dari jagat sinema MCU yang sebelumnya debut di film Spider-Man: Homecoming. Tidak ada penjelasan pasti mengapa dia ada di semesta Morbius. Cukup jelas bahwa Sony selaku perusahaan filmnya hanya ingin membuat penggemar antusias, tetapi eksekusi para karakternya sangatlah tidak jelas.

Black Adam (2022)

Satu lagi film superhero yang punya plot hole mengganggu adalah Black Adam dari jagat sinema DCEU. Di film ini tim superhero Justice Society diceritakan harus menghentikan Black Adam yang baru keluar dari penjara abadinya. Secara garis besar plotnya mirip seperti kisah mainstream di komik, tetapi ada satu hal yang membuat penggemar sangat penasaran dengan filmnya, yaitu ketika villain Sabbac muncul. Pesawat Justice Society bisa tiba-tiba langsung mengetahui lokasi Sabbac, padahal villain dari Neraka ini sebelumnya tidak pernah muncul ke permukaan. Lantas dari mana komputer pesawat milik Hawkman tersebut mendapatkan informasi yang tidak pernah ada sebelumnya.

The Flash (2023)

plot hole film

Sama seperti penulis, di antara kalian pasti banyak yang menyukai penampilan Supergirl dari aktris Sasha Calle di film DCEU’ The Flash. Namun sayangnya ada sebuah aspek dari sang Woman of Tomorrow yang malah menjadi plot hole paling mengganggu di film tentang dunia alternatif DC ini. Di mana dia gambarkan terlalu lemah untuk seorang Kryptonian. Mengapa dia bisa ditahan oleh pemerintah sampai akhirnya tewas di tangan Zod, padahal di materi aslinya Supergirl tidak kalah hebat dari sepupunya Superman. Mungkinkah karena sejak awal dia memang dimaksudkan untuk mati begitu saja.

Indiana Jones and the Dial of Destiny (2023)

plot hole film

Sebenarnya secara keseluruhan film Indiana Jones and the Dial of Destiny masih bisa dinikmati, apalagi kita bisa melihat aktor veteran Harrison Ford kembali beraksi sebagai Indy. Namun ketika ceritanya mengungkap keberadaan artifak bernama Dial yang bisa membawa ke masa lalu, dari sinilah muncul plot hole yang membuat film kelima Indiana Jones ini mulai absurd. Mengapa waralaba film yang awalnya mengusung unsur realistis dengan beberapa bumbu legenda ini tiba-tiba memunculkan mesin waktu buatan Archimedes yang sangat tidak masuk akal? Sebagian penonton bahkan merasa bahwa para sineas Hollywood telah kehabisan ide untuk melanjutkan petualangan Indy.

Itulah sepuluh film besar Hollywood dengan plot hole paling mengganggu. Secara keseluruhan sebenarnya semua film ini masih menawarkan hiburan yang menarik serta memiliki berbagai aspek positif lainnya yang membuatnya layak untuk ditonton. Hanya saya jika semua plot hole ini terjawab atau setidaknya dibuang dari filmnya, bukan tidak mungkin pengalaman menonton kita menjadi jauh lebih menyenangkan. Bagaimana menurut kalian Geeks, di antara film-film ini mana yang plot hole-nya paling bikin gemas?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.