Fast X telah mencatat sejarah sebagai film termahal dalam franchise Fast & Furious dan salah satu film paling mahal yang pernah dibuat. Berbeda dengan pendahulunya, F9, yang menghabiskan budget sebesar 200 juta dolar, budget Fast X justru naik drastis. Baru-baru ini, Collider melaporkan bahwa Universal menggelontorkan budget 340 juta dolar untuk membuat film ini. Kenaikan itu sangat wajar, karena ada banyak faktor yang terjadi.

Faktor pertama karena adanya kenaikan gaji bagi seluruh pemain dan kru film, sehingga akhirnya meningkatkan biaya produksi. Seiring dengan popularitas franchise yang semakin meningkat, kenaikan gaji para pemeran menjadi hal yang wajar terjadi. Selain itu, kepergian sutradara asli, Justin Lin, dan pengangkatan Louis Leterrier sebagai sutradara baru kemungkinan juga menimbulkan biaya tambahan selama proses produksi.

Inflasi global juga telah berdampak pada peningkatan biaya produksi. Selain itu, faktor lain yang berkontribusi membuat budget Fast X semakin membengkak adalah karena skala filmnya yang juga semakin besar. Apalagi Fast X adalah film yang mengedepankan berbagai aksi berbahaya dengan efek khusus. Dengan skala yang lebih masif, maka itu akan menuntut lebih banyak sumber daya dan pendanaan, terutama untuk adegan-adegan yang penuh aksi. Dan yang harus dicatat bahwa semua itu belum termasuk dengan budget yang digelontorkan untuk memasarkan filmnya.

Fast X tidak hanya menawarkan aksi yang lebih hebat, tetapi juga membawa cerita yang lebih kompleks dan karakter yang lebih menarik, yang semakin menarik perhatian para penggemar. Sejak diumumkan bahwa film ini akan menjadi film termahal, antusiasme para penggemar semakin meningkat.

Namun, dengan anggaran yang begitu besar, ada juga risiko yang dihadapi oleh studio dan produser. Masih terjadinya pandemi di seluruh dunia telah menyebabkan penundaan dalam jadwal rilis dan perubahan pada model bisnis bioskop. Penghasilan dari box office mungkin tidak sebanding dengan anggaran yang besar, sehingga akan menjadi tantangan bagi studio untuk mencapai kesuksesan finansial. Oiya Geeks, film Fast X sendiri hanya mampu mendapatkan pendapatan total $700 juta di box office. Padahal jika ingin dianggap sukses, film tersebut seharusnya mendapatkan pendapatan $800 juta.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/