Setelah James Gunn dan Peter Safran didapuk sebagai pemimpin baru DC Studios, mereka melakukan perubahan yang radikal terhadap DCU. Sekarang, DCU akan direboot dan meninggalkan pondasi cerita yang dibangun Zack Snyder. Karena itulah Gunn melakukan banyak ubahan, misalnya seperti para pemeran yang terlibat, dan cerita baru yang akan dihadirkan. Nah menariknya, ada satu film yang terpaksa dibatalkan setelah adanya perubahan besar itu. Film tersebut adalah Kingdom Come yang diadaptasi dari komik terkenal DC. Lantas apa saja fakta menarik tentang Kingdom Come? Simak berikut ini!

Berada di Elseworlds

Kingdom Come adalah sebuah komik yang terdiri dari empat bagian yang dirilis pada tahun 1996. Komik ini sengaja diciptakan sebagai crossover besar yang menampilkan deretan pahlawan dan villain terbesar DC. Bisa dibilang bahwa Kingdom Come mirip dengan alur cerita Civil War yang ada di Marvel, di mana para pahlawan dibagi menjadi beberapa kubu yang saling bersiteggang. Ketika dirilis, Kingdom Come sukses menjadi salah satu cerita Elseworlds paling populer di DC, yang berarti cerita yang dihadirkan dalam Kingdom Come bersifat non-canonical alias bukan bagian dari cerita utama, sehingga banyak hal yang bisa diceritakan dalam komik ini tanpa menganggu kontinuitas DC.

Cerita yang Tragis

Dalam komik ini, kita disuguhkan dengan banyak kematian dan kehancuran. Ceritanya pun berlatar setelah Justice League terpecah, dan Kingdom King dimulai dengan pahlawan super baru bernama Magog. Magog sangat kejam dan tidak seperti karakter penjaga DC lainnya. Dia pun tidak ragu untuk membunuh lawannya. Karena berhasil membunuh villain terkenal seperti Joker, Magog kemudian semakin beken dan mendapat dukungan publik karena disebut pahlawan. Karena masifnya angka kekerasan dari pahlawan super dan villain yang saling bertarung, membuat Amerika pun mengalami kehancuran. Oleh sebab itulah Superman memutuskan untuk mereformasi Justice League dan menunjukkan kepada dunia apa artinya menjadi pahlawan.

Terbagi Menjadi 4 Kubu

Berbeda dengan Civil War yang hanya terbagi menjadi 2 kubu, Kingdom Come jauh lebih kompleks karena para pahlawan terbagi menjadi 4 kubu. Di kubu Justice League, terdapat beberapa nama seperti Superman, Wonder Woman dan Flash. Sementara Batman bergabung dalam sebuah tim yang dikenal sebagai Silent Calvary, yang percaya bahwa mantan anggota Justice League harus mundur. Lex Luthor juga muncul dan dia ingin memperburuk situasi dengan membentuk sebuah tim bernama Mankind Liberation Front, yang menampilkan Shazam, Catwoman, dan Robin. Sementara Magog berada di tim Justice Batallion yang beranggotakan Captain Atom dan Peacemaker.

Ancaman Umat Manusia

Sebenarnya ada satu lagi kubu “unoffical” yang juga terlibat dalam Kingdom Come, dan kubu inilah yang paling rawan dihancurkan. Kubu ini adalah kubu manusia yang harus tertindas akibat mereka tidak memiliki kekuatan untuk menghentikan para pahlawan yang saling berseteru. Saat ketegangan meningkat yang melibatkan Justice League, Silent Calvary, Mankind Liberation Front, dan Justice Battalion, terungkap bahwa pemerintah telah berencana untuk menyiapkan senjata pamungkas. Mereka merancang hulu ledak nuklir yang dibuat khusus untuk mencegah para metahunan bertindak lebih jauh dan mengancam orang-orang sipil.

Tentang Ketakutan dan Tanggung Jawab

Secara garis besar, Kingdom Come menghadirkan tema tentang ketakutan dan tanggung jawab. Masa suram bagi Justice League akhirnya terjadi, di mana para anggotanya sudah menua. Di sanalah muncul pahlawan baru yang lebih muda dan lebih kejam. Narasinya berpusat pada generasi lama yang gagal mempersiapkan dan mendidik para penerusnya dengan baik, sehingga penerusnya tidak memiliki hati dan tanggung jawab. Karena itulah para penerus Justice League menjadi sombong dan tidak bertanggung jawab dan memilih jalan yang lebih “berdarah” saat menangani kejahatan. Itulah yang kemudian menimbulkan ketakutan dan ketidakpercayaan.

Sempat Akan Dibuat

Baru-baru ini, produser film animasi Justice League: Warworld, Jim Krieg, Jeff, Wamester, dan Butch Lekic mengkonfirmasi bahwa proyek tersebut dibatalkan karena DC Studios mencegah pengembangan proyek Kingdom Come. Menurut Lekic, tim kreatif sebenarnya sudah mencetuskan ide tentang Kingdom Come yang sangat ambisius dan ceritanya siap dieksekusi dengan dibuatkan sebagai film. Tetapi film itu dibatalkan karena adanya pergantian kepemimpinan yang terjadi di DC Studios. Menariknya pada tahun lalu, James Gunn sempat membagikan gambar dari komik Kingdom Come, yang menggoda bahwa dia juga sebenarnya tertarik mengadaptasi ceritanya. Namun kemudian postingannya tersebut dihapus.

Itulah dia Geeks beberapa fakta tentang Kingdom Come yang filmnya batal dibuat. Padahal jika terwujud, tentu saja ini akan menjadi kisah yang asik untuk disimak.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/