Dalam manga one-shot Minato diperlihatkan Kushina Uzumaki mengalami transformasi di mana dia berubah menjadi ekor tujuh. Kushina Uzumaki merupakan salah satu karakter wanita yang sangat penting dalam cerita Naruto. Sosok Kushina dikenal sebagai pribadi yang galak dan tegas di mana dia memiliki mimpi untuk menjadi seorang Hokage pada saat itu.

Sayangnya, dalam cerita utama Naruto atau pun Boruto tidak pernah ada cerita lebih dalam dari sosok Kushina. Manga one-shot terbaru Naruto yang berfokus pada sosok Minato Namikaze kemudian memperlihatkan sedikit lebih dalam tentang sosok Kushina dan bagaimana perannya sebagai Jinchuriki dari Kurama. Yang menarik adalah dia sempat bertransformasi menjadi ekor tujuh, namun apa maksud dari hal tersebut?

Kushina Jinchuriki Kurama

Kushina Uzumaki merupakan salah satu Jinchuriki dari sekian banyak nama yang pernah juga menjadi wadah bagi Kurama dalam cerita Naruto. Kushina sendiri menjadi penerus sebagai Jinchuriki Kurama setelah istri dari Hashirama Senju, Mito Uzumaki. Pasca pertarungan Hashirama dan juga Madara di Lembah Akhir, Kurama kemudian bebas dari pengendalian.

Mencegah Kurama mengamuk dan menghancurkan Konoha serta sekitarnya, Mito Uzumaki kemudian menyegel monster rubah berekor sembilan tersebut di tubuhnya sendiri dan menjadi Jinchuriki pertama dari Kurama. Mito Uzumaki menjadi Jinchuriki Kurama selama puluhan tahun, sampai kemudian usianya menua. Dia kemudian mewarisi Kurama untuk disegel di tubuh Kushina.

Kushina sendiri sama seperti Mito Uzumaki, di mana dia berasal dari desa Uzushiogakure. Namun, karena desa dari klan Uzumaki tersebut hancur akhirnya Kushina pun pindah ke Konoha. Dalam cerita manga one-shot Minato ini diperlihatkan bagaimana awalnya Kushina ketakutan untuk menjadi Jinchuriki dari Kurama. Namun, Mito kemudian memberikan saran kepada gadis tersebut.

Mito sendiri mengaku jika pada awalnya dia merasa takut dan khawatir dengan tubuh dan semua hal dalam dirinya. Namun, dia kemudian mengisi hidupnya dengan cinta yang kemudian membuat kehidupan Mito pun berurbah jadi lebih bahagia. Mito pun meminta Kushina untuk mengisi hatinya dengan cinta dan kasih sayang, yang mana hal itu membuatnya kemudian mengingat sosok Minato Namikaze.

Pengendalian Kushina Atas Kurama

Dalam cerita Naruto, para fans tentunya jarang melihat bagaimana perasaan atau apa yang terjadi kepada Kushina sebagai Jinchiuriki dari Kurama. Bahkan, bisa dibilang Masashi Kishimoto tidak pernah menghadirkan hal tersebut. Satu-satunya momen yang memperlihatkan kemampuan Kushina dalam pengendalian Kurama adalah ketika Naruto bertarung menghadapi sang monster ekor sembilan untuk mengendalikan kekuatannya.

Karena chakra Kushina ada di dalam tubuh Naruto, mereka berdua pun akhirnya bertemu untuk pertama kalinya. Kushina kemudian menjelaskan peristiwa di hari Naruto lahir dan membuatnya kemudian sadar bagaimana Naruto begitu dicintai dan bagaimana kedua orang tuanya rela mengorbankan diri untuk Naruto. Selain itu, tidak ada lagi momen yang memperlihatkan karakaternya.

Dalam cerita manga one-shot Minato, kita sedikit banyaknya melihat bagaimana kedahsyatan Kushina dalam mengendalikan kekuatan dan chakra dari Kurama. Momen ini diperlihatkan ketika Kurama mencoba untuk menyerang Minato. Dalam momen tersebut, diperlihatkan bagaimana Kushina nyatanya mampu mengendalikan monster berekor sembilan tersebut.

kushina manga minato

Namun, harus diakui memang pengendalian Kushina terhadap Kurama tidak begitu istimewa apalagi jika dibandingkan dengan pengendalian Naruto terhadap Kurama. Kushina bahkan sempat kewalahan dan tidak mampu untuk melakukan hal tersebut. Tetapi, hal ini berbeda ketika Kushina berada di dalam segel yang sudah disiapkan oleh Hiruzen. Dalam manganya diperlihatkan jika Konoha mempersiapkan sebuah segel dalam radius tertentu yang bisa dijelajahi atau didatangi oleh Kushina.

Hiruzen sengaja memasang atau menghadirkan segel tersebut agar Kurama tidak lagi mengamuk. Ketika berada di lingkarang tersebut nampak bagaimana Kurama mampu dikendalikan dengan baik oleh Kushina. Tetapi, ketika kemudian dia melanggar atau keluar dari tanda tersebut kemampuan pengendaliannya berkurang. Ini juga yang kemudian membuat dia mengalaami transformasi di mana Kushina berubah menjadi monster ekor tujuh.

Penjelasan Form Ekor Tujuh Kushina

Ketika keluar dari batasan yang ada, segel dari Kushina nampak menjadi lemah hingga pada titik di mana Kurama mampu mengendalikan kushina dengan mudah. Ketika kurama mulai mengambil alih tubuh Kushina, dia mengeluarkan chakra yang melapisi tubuhnya yang berasal dari Kurama. Ketika momen tersebut Kushina benar-benar kehilangan kesadarannya.

Efeknya, Minato harus terluka parah dengan hanya satu serangan. Kushina sendiri nampak mengeluarkan beberapa ekor dalam form tersebut. Seiring berjalannya waktu, transformasi tersebut semakin mengerikan karena ekor yang muncul pun lebih banyak. Untungnya, Minato kemudian menggunakan Jutsu segel Eight Trigram yang memperkuat segel Kurama di tubuh Kushina.

kushina manga minato

Hal tersebut sempat mengejutkan Kurama mengingat Minato bukan berasal dari klan Uzumaki, namun mampu menggunakan segel tersebut. Dan segel tersebut adalah Jutsu segel yang diajarkan oleh Kushina. Sayangnya, kekuatan segel dari Minato tersebut tidak begitu kuat untuk menahan kekuatan dari Kurama yang luar biasa dahsyat. Kushina akhirnya mengeluarkan lebih banyak ekor.

Pada akhirnya, Kushina pun sampai pada titik di mana dia memiliki tujuh ekor. Form ekor tujuh milik Kushina ini nampak berbeda dengan form ekor tujuh milik naruto. Perbedaanya adalah jika dalam form ini Naruto memiliki struktur tulang rubah atau Kurama, namun untuk versi Kushina sama sekali tidak ada hal tersebut. Meskipun begitu, Kushina kemudian menunjukan bahwa dia adalah sosok shinobi yang memiliki tekad kuat dan mulai melakukan perlawan balik.

Hal ini berbeda dengan apa yang terjadi kepada Naruto. Ketika dia mengalami transformasi di ekor empat, Naruto sama sekali tidak bisa membedakan mana kawan dan lawan. Tetapi, Kushina masih mampu dan sanggup untuk menghadapi atau melakukan perlawanan terhadap Kurama. Bahkan, Kushina melakukan kerja sama dengan Minato untuk menghentikan upaya Kurama tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.