MCU sudah berjalan lebih dari 15 tahun. Dan sejak itulah Marvel Studios telah menghadirkan banyak karakter menarik dalam jagat sinematiknya, baik di kubu pahlawan ataupun villain. Contohnya adalah Hulk dengan kekuatan yang super dahsyatnya, hingga Kang the Conqueror yang datang dengan kekuatan pengendali waktu. Mereka pun memiliki desain menarik, sekaligus berbeda satu sama lainnya sehingga masing-masing memiliki ciri khas. Nah menariknya nih Geeks, ternyata ada beberapa desain karakter MCU yang ditolak oleh Marvel Studios sehingga akhirnya tidak jadi ditampilkan. Seperti apa desain karakter MCU yang ditolak oleh Marvel? Simak berikut ini!

Adam Warlock

Setelah film Guardians of the Galaxy Vol. 3 rilis pada Mei lalu, muncul beberapa concept art dari filmnya yang mengungkap desain awal karakter Adam Warlock yang diperankan Will Poulter. Salah satu concept art-nya dibuat oleh Jerad S. Marantz, yang menampilkan Adam Warlock yang sangat berbeda dari versi final. Dalam versi awal, Adam Warlock memiliki tampilan yang lebih ramping, apalagi berkat jubah dan bahunya yang lebih “slimfit”. Selain itu, rambutnya juga dibuat lebih rapih. Sebenarnya, Marantz sudah ditunjuk oleh Marvel Studios untuk membuat lebih banyak desain awal Adam Warlock, tetapi desain inilah yang menurutnya menjadi kandidat terbesar untuk digunakan, meski akhirnya Marvel Studios tidak jadi menggunakan desainnya.

Kang the Conqueror

Desain film Kang memang terinspirasi dari komiknya. Tetapi seorang artist dari film Ant-Man and the Wasp: Quantumania, Aleksi Briclot, pernah ditunjuk untuk menggarap desain awal Kang, sebelum Jonathan Majors didapuk sebagai pemeran Kang. Lewat concept art yang Briclot bagikan, kita bisa melihat tampilan Kang yang lebih menyeramkan, dengan tatapan yang sinis dan serius. Selain dari wajah, perbedaan juga terlihat dari kostumnya yang terlihat jauh lebih sederhana ketimbang Kang yang kita lihat di MCU. Kostumnya tidak memiliki corak atau motif yang banyak, sehingga terkesan bahwa Kang the Conqueror lebih “membumi”. Dan sama seperti desain lainnya, desain inipun ditolak Marvel.

Red Guardian

Sebuah buku berjudul Marvel’s Black Widow: The Art of the Movie menampilkan
desain awal Red Guardian alias Alexei Shostakov yang diperankan oleh aktor David Harbour. Dalam concept art tersebut (yang dibuat oleh Anthony Francisco di tahun 2017), Red Guardian mengenakan setelan yang lebih tertutup. Terlihat Red Guardian menggunakan kostum perpaduan dari merah dan hitam, berbeda dengan kostumnya di MCU yang memiliki warna dasar merah. Nah yang membuatnya sangat menarik adalah helm yang Guardian gunakan, di mana helm tersebut menutupi seluruh kepalanya. Dengan helm tersebut, Red Guardian menjadi lebih mirip seperti robot.

Namor

Berkat beberapa concept art dibalik film Black Panther: Wakanda Forever, sekarang kita bisa mengetahui desain awal Namor yang diperankan Tenoch Huerta. Dalam concept art yang dibuat oleh artist bernama Karl Lindberg ini, Namor terlihat mirip seperti Attuma, dan wujud manusianya sudah hampir dihilangkan. Yap, kulitnya berubah drastis menjadi berwarna biru, mirip seperti Attuma lain saat keluar dari air. Diapun memiliki tato-tato yang sedikit bercahaya. Meski menarik, tetapi Marvel Studios tidak tertarik menggunakan desain ini dan justru menggunakan desain yang lebih konvensional.

Iron Strange

Pada tahun 2018, seorang artist bernama Phil Saunders membuat sebuah concept art untuk yang menampilkan Iron Strange. Saunders sendiri menyebutkan bahwa Iron Strange adalah Iron Man yang memberikan armor nanotechnology MK50 miliknya untuk menyelamatkan Doctor Strange saat melawan Ebony Maw. Dan ketika armor tersebut digunakan oleh Strange, Eye of Agamotto lah yang memberikan kekuatan pada armor tersebut hingga akhirnya Strange bertranformasi menjadi Iron Strange. Kemungkinan Saunders terinspirasi dari kisah What If…? di komik. Sangat disayangkan karena ide Iron Strange ini tidak dimunculkan di versi final Avengers: Infinity War.

Skaar

Seorang artist bernama Constantine Sekeris pernah membagikan concept art yang memperlihatkan desain awal Skaar sebelum dia tampil dalam series She-Hulk: Attorney at Law. Dalam desainnya, tubuh Skaar memang berbeda jauh dari versi final, di mana dia memiliki rambut yang berantakan, dan pedang di punggungnya. Sepintas, Skaar versi yang dibuat Sekeris terlihat lebih “barbar”. Sekeris sendiri mengaku bahwa dia mulai mendesain dengan referensi dari buku komik. Dan pada akhirnya desain tersebut tidak digunakan, dan Marvel memilih tampilan Sakaar yang lebih kalem dan membumi.

Ant-Man dan Kawan-kawan

Beberapa waktu lalu, Director of Visual Development, Andy Park, telah membagikan concept art yang memamerkan desain Ant-Man dan kawan-kawan yang ditolak Marvel untuk dihadirkan dalam Ant-Man and the Wasp: Quantumania. Selain Ant-Man, kita pun bisa melihat keluarganya yang lain seperti Hope van Dyne, Cassie Lang, dan Hank Pym yang mengenakan kostum khusus yang digunakan oleh mereka di Quantum Realm. Kostumnya memang terlihat lebih berwarna dibanding dengan yang kita lihat di MCU. Sayangnya, Andy Park tidak mengungkap mengapa desain ini pada akhirnya tidak digunakan oleh Marvel Studios.

Itulah dia Geeks beberapa desain karakter Marvel yang ternyata ditolak oleh Marvel Studios. Marvel Studios sendiri tidak mengungkap alasan mereka menolak desain-desain tersebut. Di antara desain di atas, mana yang seharusnya dimunculkan di MCU?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/