Cucu dari J. Robert Oppenheimer dilaporkan marah dan kurang senang dengan salah satu adegan dalam film garapan Christopher Nolan yaitu Oppenheimer. Saat ini, film Oppenheimer sedang tayang di bioskop. Film tersebut menjadi sebuah film dokumenter dan biopik dari seorang fisikawan terkenal sekaligus pencipta bom atom, J. Robert Oppenheimer. Cillian Murphy ditunjuk untuk menjadi aktor yang memerankan tokoh tersebut.

Sejauh ini, respon dari banyak pihak mengenai filmnya sangat positif. Bahkan, banyak orang yang berebut untuk mendapatkan tiket film Oppenheimer yang tayang bioskop tertentu dengan format film yang berbeda. Namun, di tengah hingar bingar perayaan kesuksesan dari film ini ternyata ada pihak yang memberikan respon negatif terhadap filmnya. Sosok tersebut adalah Charles Oppenheimer, cucu dari sang penemu bom atom. Charles mengaku bahwa dia kecewa dan marah dengan salah satu adegan di film garapan Nolan ini.

oppenheimer

Dalam wawancaranya dengaan TIME, Charles menyatakaan dengan tegas bahwa dia tidak setuju dan marah dengan satu adegan di film Oppenheimer yaitu ketika Robert Oppenheimer untuk menyuntikan racun ke apel milik professornya. Namun, apel tersebut kemudian dibuang oleh Robert setelah dia berubah pikiran. Menurut Charles, penggambaran dari adegan tersebut merupakan adaptasi dari buku berjudul American Promotheus. Namun, dalam buku tersebut ada sebuah catatan yang Nolan abaikan.

Sebagai sebuah representasi sejarah yang sudah didramatisasi, sebagian besar ceritanya memang akurat. Namun ada beberapa bagian yang aku tidak setuju, tetapi bukan karena Nolan. Bagian yang tidak aku tidak suka adalah referensi apel beracun, yang memang menjadi masalah dalam American Promotheus. Jika kau membaca American Promotheus secara seksama, penulisnya mengatakan, ‘kami tidak benar-benar mengetahui jika hal tersebut memang terjadi.’ Tidak ada catatan dia (Robert Oppenheimer) berusaha untuk membunuh seseorang. Itu merupakan sebuah tuduhan yang serius dan ini menjadi sebuah revisi sejarah. Tidak satu orang teman atau musuh dari Robert Oppenheimer yang  mendengar hal tersebut selama hidupnya dan dianggap benar.

Adegan apel beracun nyatanya bukan hanya kritik yang diterima oleh film Oppenheimer. Beberapa poin sejarah yang tidak akurat dalam film tersebut adalah jumlah bintang yang ada di bendera amerika pada saat itu. Juga, jumlah keluarga yang diungsikan untuk membangun Los Alamos demi Manhattan Project juga dianggap tidak tepat. Charles sendiri kemudian mengatakan bahwa jika dia sutradara filmnya adegan apel beracun tersebut tidak akan dia masukan dalam filmnya.

Namun, Charles juga mengakui bahwa dia bukan seorang sutradara yang mana dia tidak merasa bahwa dia pantas untuk memengaruhi Christopher Nolan untuk menghadirkan cerita tersebut. Film biopik atau yang biasanya membahas mengenai sejarah sering kali mendapatkan protes atau sanggahan dari pihak-pihak yang memang mengetahui atau mengalami langsung peristiwanya. Tetapi, kembali, ini adalah sebuah film yang tentunya mau tidak mau harus ada perubahaan yang dilakukan demi keperluan cerita dan dramatisasi dari cerita tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.